• Home
  • Kilas Global
  • Perkumpulan Organisasi Pengelola Zakat Minta Pemerintah Akhiri Polemik Zakat
Sabtu, 10 Februari 2018 16:31:00

Perkumpulan Organisasi Pengelola Zakat Minta Pemerintah Akhiri Polemik Zakat

zakat fitrah.
Loading...
 
NASIONAL,  - Perkumpulan Organisasi Pengelola Zakat (Poroz) meminta pemerintah mengakhiri polemik soal pemotongan gaji Aparatur Sipil Negara untuk zakat.
 
Poroz beranggotakan tujuh lembaga amil zakat (LAZ), yaitu NU Care-Lazis NU, Lazis Muhammadiyah, LAZ Dewan Dakwah, LAZ Persis, LAZ Baitul Mal Hidayatullah (BMH) dan LAZ Wahdah Islamiyah.
 
"Pemerintah agar stop polemik dan memberi penjelasan komprehensif," kata Badan Pengurus Lazismu Rizaludin Kurniawan di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (9/2/2018)
 
Dia mengatakan, sampai saat ini draf peraturan mengenai pemotongan gaji ASN untuk zakat belum matang tetapi sudah tersebar di publik dan isu cenderung memunculkan pro kontra.
 
Lebih dari itu, perdebatan mengenai zakat ASN itu justru berpotensi menggerus kepercayaan publik terhadap kredibilitas LAZ.
 
Seharusnya, kata dia, pemerintah membuat peta jalan soal zakat ASN terlebih dahulu. Akan lebih baik jika dalam merancang peraturan itu melibatkan unsur organisasi kemasyarakatan.
 
Di tempat yang sama, Direktur Eksekutif NU Care (LAZIZNU) Syamsul Huda mengatakan penggodokan aturan zakat ASN belum melibatkan ormas, termasuk dari unsur LAZ yang dikelolanya.
 
"Regulasi itu pemerintah melakukan 'sharing' bersama dengan unsur masyarakat," kata dia.
 
Selain itu, Syamsul mengatakan peraturan zakat ASN itu hingga kini belum jelas mekanismenya. Dengan begitu, isu cenderung bergulir liar di tengah publik mengenai pembolehan zakat digunakan untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur.
 
Padahal, kata dia, pembangunan infrastruktur tersebut belum pasti menyentuh delapan golongan penerima zakat (asnaf). Jika sampai zakat disalurkan untuk selain delapan asnaf maka hal itu sama saja dengan menabrak ketentuan agama soal zakat.
 
Meski pemerintah tidak secara pasti akan menggunakan dana zakat untuk infrastruktur, kata dia, tetapi jika draft aturan zakat belum jelas bisa membuat publik yakin mengenai penggunaan zakat untuk pembiayaan fasilitas publik di luar delapan asnaf.
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Inisiatif Zakat Indonesia Riau Laksanakan Launching IZI To Smart Beasiswa SMP Pelajar Riau

    RIAU, - Ahad, (22/04/2018) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Riau melaksanakan launching program IZI to Smart ke sejumlah pelajar SMP yang ada di Riau. Launching program ini
  • 3 bulan lalu

    Inisaitif Zakat Indonesia (IZI) cabang Riau laksanakan Pelatihan Budidaya Ikan dan kantongi izin IUMK

    RIAU, Pekanbaru, - Kamis 22/02/2018, di Masjid Al Mursalin, Jalan Sao Mati, Kelurahan Benca Lesung, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru telah dilaksanakan kegiatan Pelat
  • 3 bulan lalu

    Mahfud: Zakat ASN tidak perlu Perpres

    NASIONAL, - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD berharap negara tidak perlu terlalu jauh ikut mengatur zakat bagi Aparatur Sipil Negara Muslim dengan mengeluarkan Pe
  • 4 bulan lalu

    SMP Gratis Rumah Zakat Kembali Buka Pendaftaran Siswa Baru 2018/2019

    RIAU, PEKANBARU, - SMP gratis berkualitas binaan Rumah Zakat kembali membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2018/2019. Kepala Sekolah SMP Juara Pekanbaru, Syahru
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.