Rabu, 29 Maret 2017 14:16:00

Tingkatkan Literasi, Ratusan Guru di Riau Ikut OJK ToT

Ratusan guru ikut ToT
Loading...
 
RIAUONE.COM, PEKANBARU - Sebagai salah satu sarana meningkatkan pemahaman keuangan kepada masyarakat sejak dini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perwakilan Riau menggelar kegiatan Training of Trainers (ToT) Rabu (29/3/2017) untuk seluruh guru mata pelajaran ekonomi di seluruh SMA di Riau. 
 
Kepala OJK Riau M Nurdin Subandi dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sebagai langkah strategis dalam rangka memberikan pembekalan kepada guru-guru SMA agar dapat memahami dengan baik tugas dan fungsi OJK dan industri jasa keuangan lainnya untuk selanjutnya diajarkan kembali kepada anak didik masing-masing. 
 
"Pelatihan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman keuangan atau literasi untuk masyarakat Riau. Kali ini guru yang kita beri pelatihan, sehingga bisa disampaikan pada murid di sekolahnya, " ujar Nurdin. 
 
Dijelaskan Nurdin, persoalan utama yang dihadapi Indonesia adalah tingginya kesenjangan antara tingkat pemahaman (literasi) keuangan dengan tingkat akses (inklusi) keuangan. 
 
"Saat ini untuk wilayah Provinsi Riau tingkat literasi keuangan sebesar 29,45% dan tingkat inklusi keuangan sebesar 69,45%," jelasnya. 
 
Dikatakannya dengan tingkat inklusi yang tinggi namun dengan tingkat literasi yang masih relatif sangat rendah maka menunjukkan masyarakat dalam membeli produk dan jasa keuangan, masyarakat Indonesia belum sepenuhnya memahami karakteristik produk dan asa keuangan tersebut.
 
"Dengan ketidakpahaman tersebut akan berdampak pada tingginya tingkat pengaduan di masyarakat, " terangnya. 
 
Oleh karena itu dengan adanya pelatihan ToT untuk para guru ini, tingkat literasi bisa ditingkatkan.  
 
"Target kita di tahun 2019 tingkat literasi di Riau mencapai 75 persen. Kita akan terus berupaya agar target tersebut busa tercapai, " harapnya.(unik/hrc) 
 
 
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Gaji Tetap Guru Saja Tidak Ada, Apalagi THR

    RIAUONE.COM – Kepala SMKN 2 Pariaman, Sumbar, Arrahmi memastikan 12 guru honorer yang mengajar di sekolahnya tidak akan mendapatkan THR (tunjangan

  • 3 minggu lalu

    Geger! Harimau Sumatera Menampakkan Diri di Inhu

    RIAUONE.COM, RENGAT - Setelah warga Kabupaten Inhil (Indragiri Hilir), kini giliran warga Kabupaten Inhu (Indragiri Hulu), Riau yang digegerkan oleh pen

  • satu bulan lalu

    ISIS Klaim Dalang Serangan Maut di Mapolda Riau

    JAKARTA - Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim
  • satu bulan lalu

    Terkait Serangan Teroris, Begini Laporan Kapolda Riau kepada Kapolri

    RIAUONE.COM, PEKANBARU - Pagi ini, Rabu (16/5/2018), Mapolda Riau Jalan Sudirman, Pekanbaru diserang sekelompok orang diduga teroris. Terjadi baku tembak dan saling kejar a
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.