• Home
  • Hukrim
  • Kepala BIN Daerah Papua Gugur Ditembak KKB dibelakang Kepala
Senin, 26 April 2021 12:13:00

Kepala BIN Daerah Papua Gugur Ditembak KKB dibelakang Kepala

F/riauonecom - ilustrasi

NUSANTARA, JAYAPURA, - Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI Putu Dani Nugraha Karya gugur usai ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) kelompok Lekagak Telengen di Beoga, Puncak, Papua. Brigjen Putu akan dianugerahi kenaikan pangkat anumerta.

"Direncanakan akan di bawa ke Timika yang kemudian diterbangkan ke Jakarta guna dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dan dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jendral," kata Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto, dalam keterangannya, Senin (26/4/2021).

Wawan mengatakan Brigjen Putu merupakan sosok yang hangat. Semasa hidupnya, Brigjen Putu, kata Wawan selalu berprestasi dan pekerja keras.

"Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha dikenal sebagai sosok hangat dan berprestasi. Beliau dikenal memiliki karir cemerlang di kesatuannya dan pekerja keras. Selama bertugas, almarhum juga dekat dengan masyarakat. Gugur di medan tugas adalah pride tertinggi insan intelijen," ucapnya.

Wawan mengatakan gugurnya Brigjen Putu merupakan bukti nyata pengorbanan BIN dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. Tak hanya itu, menurutnya insiden yang menimpa Brigjen Putu juga menjadi simbol pengabdian BIN.

"Gugurnya Kabinda Papua merupakan bentuk nyata pengorbanan BIN dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. Insiden ini juga menjadi simbol pengabdian BIN dalam menjalankan undang-undang, yaitu sebagai lini terdepan dalam sistem keamanan nasional," ujarnya.

Seperti diketahui, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya gugur dalam kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Beoga, Puncak, Papua. Brigjen Putu gugur ditembak di bagian kepala.

Saat itu, sekitar pukul 15.50 WIT, Brigjen Putu beserta Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri yang tengah dalam perjalanan menuju Desa Damber tiba-tiba dihadang oleh kelompok KKB. Saat itulah aksi baku tembak pun terjadi di sekitar gereja Desa Dambet, Beoga, Puncak.

Brigjen Putu, kata Wawan, terkena tembakan saat kontak tembak tersebut. Menurutnya Brigjen tertembak di bagian kepala.

"Akibat kontak tembak tersebut mengakibatkan korban dari Satgas BIN, Kabinda Papua Papua Brigjen Pol. Putu Danny Nugraha Karya tertembak di bagian belakang kepala dan tembus depan kepala yang mengakibatkan Gugur sebagai Kusuma Bangsa," jelas Wawan. (dtc/net/*).

Share
Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    KKBOX Music Awards 2019 Gets Live Stream on Twitter for the First Time, Presenting the Mandarin POP Music Banquet from Taipei to the World

    The KKBOX Music Awards 2019 is having its first-ever live stream on Twitter via @KKBOX, from 7:00pm - 10:30pm (GMT+8), Jan.26th, and the Pre-Party-Liquid Nights on Jan.25th, fro

  • 5 tahun lalu

    Bupati Inhil Dapat Penghargaan Dari BKKBN Pusat

    PEKANBARU - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-XXIII tingkat Provinsi Riau TH 2016 yang dipusatkan di halaman Gedung Dharma Wanita Provinsi Riau Jalan Ponegoro
  • 5 tahun lalu

    Sekda Provinsi Jambi Membuka Secara Resmi Rakorda BKKBN

    JAMBI, PROVINSI, - Rapat Koordinasi Daerah program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga berencana Provinsi Jambi 2016 dibuka secara resmi oleh
  • 6 tahun lalu

    Bupati Inhu Hadiri Rapat Koordinasi BKKBN

    RIAUONE.COM, RENGAT, INHU, ROC - Bupati Inhu H. Yopi Arianto, SE hadir sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Rapat Koordinasi Bidang Keluarga Berencana  Kabupaten
  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.