• Home
  • Jambi
  • BPTP Uji Keunggulan Bawang Putih Jangkiriah Adro dan Bawang Merah Baki Adro
Sabtu, 19 September 2020 06:46:00

BPTP Uji Keunggulan Bawang Putih Jangkiriah Adro dan Bawang Merah Baki Adro

Kadis Tanaman Pangan Hortikultura & Peternakan Propinsi jambi Jon Hendri, S. P, M. Si dan Kadis Tanaman Pangan & Hortikultura Kabupaten Kerinci Radium Halis, S. Pi, M. Si,

KERINCI - Kegiatan pengujian bawang putih Jangkiriah Adro dan bawang Merah Baki Adro memasuki tahap uji keunggulan dan pengujian kebenaran. Pengujian sudah dilakukan mulai tahun 2019 sedangkan observasi awal sudah dilakukan sejak tahun 2017, pengujian bawang langsung ke lapangan BPP Kayu Aro Pada hari Selasa (15/09/2020).

Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi Jon Hendri, SP., M.Si bersama dengan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi Ir. Akhmad Maushul  dan Kepala UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Perbenihan Tanaman (BPSPT) Provinsi Jambi Ir. KGS Taufik, melakukan pertemuan dan kunjungan ke lokasi pengujian sekaligus melakukan pemanenan bawang putih Jangkiriah Adro.

Pertemuan dilakukan di BPP Kayu Aro, dihadiri Kepala Dinas Tanaman pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci Radium Halis S.Pi.,M.Si, penyuluh pertanian serta petani kooperator dan penangkar.

Pengujian keunggulan dan kebenaran bawang putih Jangkiriah Adro dengan pembanding bawang putih Sangga Sembalun, Tawangmangu Baru, Lumbu Hijau dan Lumbu Kuning. Sedangkan untuk Bawang merah adalah Maja Cipanas, Batu Ijo, SS Sakato dan Thailand Kerinci. Kedua jenis bawang menunjukan keunggulan produksi dan penampilan tanaman di lapangan.

Tahun 2020 diharapkan pendaftaran varietas untuk komersialisasi bawang putih dan bawang merah sudah bisa dilakukan dengan melengkapi semua persyaratan yang diperlukan. (eka/wan)

Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.