• Home
  • Jambi
  • Bupati Kerinci Hadiri Rapat Evaluasi Penanganan Covid 19 Menuju New Normal
Jumat, 12 Juni 2020 07:03:00

Bupati Kerinci Hadiri Rapat Evaluasi Penanganan Covid 19 Menuju New Normal

KERINCI, - Pemerintah Kabupaten Kerinci bersama jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Kerinci, OPD terkait serta tim Gugus Tugas Covid-19, menggelar rapat evaluasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Kerinci  dalam  menghadapi era New Normal di ruang rapat Kantor Bupati Kerinci, Senin (8/6).

 Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia akan memasuki tatanan kehidupan baru (new normal). "New Normal" yaitu perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan menerapkan protokol kesehatan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.

 Kabupaten Kerinci merupakan salah satu dari 124 Kabupaten/Kota di Indonesia dan sembilan Kabupaten dan dua Kota di Provinsi Jambi yang ditunjuk Pemerintah Pusat untuk melakukan "New Normal".

 Sehubungan dengan hal tersebut, maka Pemkab Kerinci menggelar rapat untuk membahas beberapa hal diantaranya akan dilaksanakannya disiplin proteks di ruang-ruang Publik dimulai tanggal 13 sampai 26 Juni 2020 di wilayah Kabupaten Kerinci. Di pasar dan tempat rekreasi wajib menggunakan masker, cuci tangan, dan menjaga jarak.

 Melaksanakan Sosialisai kepada masyarakat tentang Protokol Kesehatan. Pelaksanaan penegakan disiplin di pasar-pasar seperti pasar semuru, pasar Siulak, Pasar Bedeng 8, Pasar Jujun, Pasar Tamiai, Pasar Hiang, dan Pasar Sulak Deras yang nantinya bagi pelanggar akan di Kenakan Sanksi Sosial dan juga di beberapa titik di tempat rekreasi serta Patroli di tempat kerumunan atau keramaian.

 Sementara itu penerapan 5 normal baru untuk menghentikan penularan virus yaitu mengajak untuk menggunakan masker jika keluar rumah, menjaga jarak aman, penerapan Sosial Distancing dan Physical Distancing dalam beraktivitas, membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun secara disiplin, meningkatkan kebersihan di rumah dan di kantor, membatasi perjalanan yang tidak penting.

 Dalam sambutannya, Dandim  0417/Kerinci, Letkol Czi Fitriadi ST berharap di kehidupan New Normal ini masyarakat bisa bekerja sama dan disiplin tinggi melawan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kerinci. 

 " Mari kita bersama-sama melawan pandemi covid-19 ini  dengan membiasakan diri berperilaku sehat dan disiplin" tegasnya.

 Lebih lanjut, Dandim Kerinci juga menegaskan bahwa TNI di wilayah Kerinci akan membantu Pemerintah Daerah dalam melakukan pendisiplinan protokol kesehatan untuk menyongsong kehidupan normal yang baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19. 

 Kodim Kerinci bersama Polres akan menjaga fasilitas tempat-tempat keramaian untuk mendisiplinkan masyarakat agar aman dari penularan virus Corona (Covid-19).

 Pendisiplinan aktivitas masyarakat di ruang publik tentunya juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah. Diharapkan masyarakat dapat tetap beraktivitas tapi tetap aman dari penularan Covid-19.

 "Kerja sama TNI-Polri dan Pemerintah Daerah termasuk dengan Gugus Tugas, mudah-mudahan apa yang kita inginkan semua masyarakat tetap beraktivitas tapi aman dari Covid-19," kata Dandim. 

 "Pengawasan tersebut bentuk kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan akan lebih terjaga. Sehingga, mampu menurunkan kurva penyebaran Covid- 19," pungkasnya. (hms)

Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.