• Home
  • Jambi
  • Bupati dan Wabup Kerinci Dianugerahi Gelar Sko Dari Tigo Lurah Semurup
Minggu, 28 April 2019 23:38:00

Bupati dan Wabup Kerinci Dianugerahi Gelar Sko Dari Tigo Lurah Semurup

Loading...


JAMBI, KERINCI - Bupati Kerinci, Adirozal, dan Wakil Bupati Kerinci, Ami Taher dianugerahi gelar sko kehormatan oleh adat Tigo Lurah Semurup, dalam acara kenduri sko Tigo lurah Semurup, yang bertempat di Desa Balai Semurup, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Minggu (28/04).

Dimana awalnya Bupati langsung menuju rumah Gedang Rajo Simpang Bumi Dusun Gedang Semurup, pemasangan baju adat, karena gelar sko, diberikan mulai dari Rajo Simpang Bumi yang memberikan gelar kepada Bupati Kerinci Adirozal dengan gelar "Sibumi Tuo Makuto Alam".

Begitu juga dengan Wakil Bupati Kerinci Ami Taher, menuju rumah gedang Magku Rajo pemasangan baju adat, karena gelar sko, diberikan mulai dari rumah gedang Mangku Rajo, yang memberikan gelar kepada Wakil Bupati Kerinci, Ami Taher dengan gelar "Depati Sibumi Putih Tanah Napuro Pemuncak Alam".

Selanjutnya, Bupati dan Wakil Bupati Kerinci diarak menuju Umah Ninik Ajo Sangadu Dubalang, untuk proses penaikan Sko, pembacaan Khutbah Rajo, hingga pemasangan kris kepada Bupati dan Wakil Bupati Kerinci.

Bupati Kerinci, H.Adi Rozal, mengucapkan terimakasih atas Gelar Kehormatan Sko yang diberikan oleh adat Tigo Lurah Semurup kepada dirinya, dan menganggap gelar kehormatan yang diberikan tersebut sebagai tantangan baginya untuk berkarya lebih baik lagi menuju Kerinci Lebih Baik.

"Gelar sko ini merupakan tanggung jawab yang cukup berat untuk di emban, namun jika secara bersama-sama dilakukan, maka kita yakin segala masalah akan mudah diselesaikan," ujarnya.

Dikatakannya, kenduri Sko merupakan salah satu kebudayaan asli masyarakat Kerinci yang mengandung norma adat dan norma hukum. Adi Rozal menghimbau, masyarakat untuk menjadikan Kenduri Sko dan adat-adat Kerinci lainnya sebagai filter terhadap pengaruh negatif perkembangan dan kemajuan zaman. "diantaranya Penggunaan dan Peredaran Narkoba yang semakin marak," tambahnya. (eka)


Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.