• Home
  • Jambi
  • Penuhi Asupan Nutrisi Pupuk Hayati Bio Supertan Sesuai Kebutuhan Asupan Tanah
Selasa, 12 Mei 2020 06:10:00

Penuhi Asupan Nutrisi Pupuk Hayati Bio Supertan Sesuai Kebutuhan Asupan Tanah

JAMBI, KERINCI, - Salah satu kunci mendapatkan hasil tanaman yang  subur dan sehat adalah dengan menyediakan nutrisi yang seimbang untuk tanah. Unsur-unsur pokok bagi tanaman untuk menunjang pertumbuhannya adalah Nitrogen (N), Fosfor (P), dan Kalium (K) ketiga unsur ini harus tersedia agar tanaman tumbuh sebagaimana mestinya.

Bahan "Bio Supertan pembenah tanah" ini bukan merupakan pupuk atau sejenisnya( stimulan,  nutrisi, dll).  Pupuk Bio Supertan merupakan bahan untuk memecah pertikel-pertikel pada tanah yang sudah kritis akibat berbagai jenis pupuk kimia atau obat-obatan kimia yang berlebihan, yang mana mengakibatkan tanah menjadi tidak sehat (kritis)  karena terlalu pekat dan rapat dari pertikel-pertikel tanah tersebut, sehingga tanah menjadi keret, lengket, aerasi dll.

Bio supertan Pembenahan Tanah, apabila tidak terpenuhi pada tanah akan menimbulkan dampak buruk yang signifikan. Beberapa dampak diantaranya pertumbuhan tanaman yang terhambat, warna daun menguning, produktivitas rendah sampai mudah terserang hama dan penyakit.

Untuk itulah para produsen berlomba-lomba dalam upaya untuk memenuhi unsur tersebut, baik pupuk kimia maupun pupuk organik. Penggunaan pupuk kimia seperti ammonium sulfat memang memiliki efek yang cepat diserap tanaman sehingga hasilnya juga cepat dilihat. Namun yang harus kita ketahui pemakaian yang tidak sesuai baik dosis sampai cara penggunaan yang tidak tepat justru akan merusak ekosistem tanah.

Banyak pupuk kimia yang secara langsung merusak atau memberi dampak racun terhadap organisme tanah, terutama dalam jumlah yang tinggi zat tersebut akan berinteraksi dengan unsur lain di dalam tanah yang menciptakan zat beracun seperti asam sulfat, hidrogen sulfide, dan klorin.

Seperti namanya pupuk kimia adalah pupuk yang di buat secara kimia atau juga sering di sebut dengan pupuk buatan.  Pupuk kimia bisa dibedakan menjadi pupuk kimia tunggal dan pupuk kimia majemuk.  Pupuk kimia tunggal memiliki satu macam hara,  sedangkan pupuk kimia majemuk memiliki kandungan hara lengkap.

Selain itu pupuk kimia juga dapat meningkatkan kadar garam mineral yang mana di dalam tanah bersifat mencuri persediaan air dari tanaman.

Terdapat fungsi pokok di setiap unsur tersebut :

Nitrogen (N)

berfungsi untuk merangsang pertumbuhan tanaman secara keseluruhan, baik daun maupun batang karena sejatinya nitrogen merupakan penyusun dari semua protein dan asam nukleik.

Fosfor (P)

berfungsi untuk pembentukan bunga dan buah, bahan pembentuk inti sel dan dinding sel, mendorong Pertumbuhan akar muda dan pemasakan biji pembentukan klorofil, penting untuk enzim pernapasan.

Kalium (K)

merupakan unsur hara esensial yang digunakan hampir pada semua proses untuk menunjang hidup tanaman. Petani sering menyebut bahwa kalium adalah unsur hara mutu, karena berpengaruh pada ukuran,rasa,bentuk,warna dan daya simpan.

Akan tetapi dengan penggunaan pupuk yang salah akan membuat kondisi unsur tersebut menjadi kurang dan atau berlebih. Apakah ada dampaknya jika unsur tersebut kurang atau lebih bagi tanaman ? Kami akan bahas pada artikel selanjutnya. (ka/wan/Bari)

Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.