• Home
  • Kepri
  • Wabup : Tanah Kita Subur, Kita Mampu Ekspor
Kamis, 29 Agustus 2019 06:26:00

Wabup : Tanah Kita Subur, Kita Mampu Ekspor

KEPRI, BINTAN, - Wakil Bupati Bintan H. Dalmasri Syam dengan tegas mengatakan bahwa Kabupaten Bintan memiliki tekstur tanah yang subur dan sangat potensial dalam hal bercocok tanam.

Hal itu disampaikannya saat membuka Focus Group Discussion dengan tema Menggali Potensi Ekspor Pertanian Kepri, Selasa (27/8) bersama Balai Karantina Pertanian Kelas II Tanjungpinang di Ballroom de Bintan Villa.

Dihadiri beberapa Kepala Balai Karantina Kabupaten/Kota yang ada di Kepri, para eksportir, Disperindag Provinsi dan Kabupaten/Kota, 30 kelompok tani Bintan dan 10 kelompok tani Tanjungpinang beserta pendamping, Bulog, Bea Cukai hingga petani mandiri. FGD kali ini dimaksudkan untuk menguak semua potensi pertanian yang bisa dimaksimalkan.

Sebelum penyampaiam materi, Wabup Bintan dalam sambutannya sempat menyinggung persoalan angka impor hasil pertanian yang dianggapnya masih bisa ditekan.

"Kita mampu, tanah kita mendukung. Tinggal bagaimana kita mengembangkan semua potensi yang ada. Di sini lah kita gali, dimana peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan. Walau impor masih dibutuhkan, setidaknya apa yang bisa kita hasilkan tidak perlu kita impor. Justru kalau bisa kita yang ekspor" paparnya.

"Tanah kita subur, lahan kita ada. Bersama petani, ayok kita maksimalkan kekayaan alam yang sudah Sang Khalik titipkan kepada kita" tambahnya.

Saat ini komuditi ekspor yang bisa dilakukan Kabupaten Bintan masih didominasi hasil perkebunan sawit dan karet. Ke depannya, beberapa hasil produksi pertanian dan perkebunan lainnya diharapkan mampu menembus pasa internasional.

Selaras dengan hal itu, Kepala BKP Kelas II Tanjungpinang drh. Donni Muksydayan, M.Si menyampaikan beberapa upaya yang telah dilakukan. Mulai dari bimbingan, bantuan serta pendampingan.

"Ekspor pertanian kita saat ini masih diangkat yang dapat dikatakan positif dalam perkembangannya. Kelompok tani makin bertambah yang dibarengi semakin banyaknya peluang pertanian. Kami sampaikan juga terimakasih kepada para eksportir yang selalu eksis sampai saat ini" tutupnya. (tio/Media Center Bintan).

Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.