• Home
  • Kepri
  • Berbulan- bulan Cari Kerja di Batam, tak Dapat, Akhir pilih Pulang Kampung bertani
Sabtu, 27 Januari 2018 17:48:00

Berbulan- bulan Cari Kerja di Batam, tak Dapat, Akhir pilih Pulang Kampung bertani

Batam.
Loading...
BATAM - Meskipun hari ini akhir pekan, Sabtu (27/1/2018), sejumlah pencari kerja (Pencaker)  tetap mendatangi Comunity Center (CC) Batamindo, Mukakuning, untuk mengaduh nasib.
 
Para Pencaker terlihat duduk-duduk santai di lantai CC dan bersandar di tiang-tiang yang ada, sambil menunggu infio lowongan kerja yang biasanya ditempel di papan pengumuman di tempat tersebut.
 
Padahal, mereka sadar Sabtu merupakan hari yang sangat jarang adanya pengumuman lowongan kerja.
 
"Kalau hari Sabtu memang tidak buka lowongan mbak, Senin sampai hari Jumat saja. Tapi walaupun begitu masih juga tetap ada yang datang kesini di hari Sabtu. Biasanya mereka juga banyak yang bermain saja," ujar seorang Satpam yang bertugas sambil mengatur parkiran kendaraan roda dua.
 
Para pencaker berharap adanya lowongan pekerjaan terbaru yang akan ditempelkan di mading (majalah dinding) CC oleh manajemen perusahaan yang ada di Kawasan Batamindo.
 
Adalah hal biasa jika para Pencaker menunggu info lowongan dari pagi sampai sore.
 
Mereka menghabiskan waktu menunggu sambil mengobrol antar sesama Pencaker.
 
Mereka tetap datang ke CC di akhir pekan karena berharap ada 'keajaiban' setelah lama tidak mendapatkan pekerjaan.
 
"Mau gimana lagi mbak, sudah tujuh bulan saya sulit mendapatkan pekerjaan di sini," ujar Lasma, seorang Pencaker yang sedang bersama temannya duduk di CC Batamindo.
 
Bresman, Pencaker lainnya mengatakan mencari kerja saat ini memang lebih susah.
 
Sebelumnya, dia bekerja sebagai operator di PT Panasonic Batam Center. Ia mengaku, sekarang jika ingin cepat dapat kerja harus ada 'orang dalam' di perusahaan.
 
"Hampir delapan bulan menganggur, belum dapat kerja. Sedangkan hidup butuh biaya juga. Kebanyakan sekarang main orang dalam. Atau pakai biaya-biaya sogokan," ujar Bresman dengan nada kesal.
 
Ia mengakui dengan adanya sistem yang tidak sehat tersebut (orang dalam dan sogokan) membuat semakin banyak orang sulit masuk ke sebuah perusahaan.
 
"Padahalkan kami ini pengangguran mbak. Dari mana uang bayar-bayar sebelum masuk kerja? Kami butuh uang untuk hidup, kok malah ngasi uang sama orang untuk masuk kerja,"keluhnya lagi.
 
Hal yang sama juga diungkapkan Tono, Pencaker lainnya.
 
Bahkan, jika dalam waktu dekat tidak dapat pekerjaan di Batam, ia akan pulang kampung dan membantu orangtuanya bertani.
 
"Setiap hari mbak sudah kesana-kesini. Hampir seluruh Batam ini sudah saya jelajahi. Namun tak kunjung juga dapat kerja,"katanya.
 
Dia mengaku, waktu enam bulan disini rasanya sia-sia.
 
"Jika bulan ini belum dapat pekerjaan juga, kemungkinan saya balik ke Jawa saja, membantu ibu saya bertani," ujar Tono, anak bungsu dari sembilan bersaudara dan berasal dari Jawa Tengah. (trb).
sumber: tribunbatam.
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 10 menit lalu

    Kecelakaan Maut di Lintas Pekanbaru-Pangkalan Kerinci, 4 Tewas dan 9 Luka-luka

    Pelalawan - Kecelakaan beruntun di Jalan Lintas Timur, tepatnya di Km 57 Desa Mekar Jaya Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Riau, antara bus sekolah m
  • 4 jam lalu

    Malam ke Tujuh Ramadhan Bupati Safari di Kecamatan Bengkalis

    BENGKALIS, - Di malam ke tujuh Bulan Ramadhan, Bupati Bengkalis, Amril Mukminin bersama Istri, Kasmarni Amril dan rombongan kembali melakukan Safari Ramadhan 1439 H di Masj
  • 50 menit lalu

    Posko Satgas Ketenagakerjaan Peduli Lebaran Tahun 2018 Dibuka

     
    DUMAI - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Muhammad Hanif  Dhakiri meminta perusahaan membayar tunjangan hari raya (THR) paling lambat H-7 sebe
  • 15 jam lalu

    IDI Kuansing Peringati Hari Bakti Dokter Indonesia ke 110, sekaligus adakan Simposium

    KUANSING, -  Peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia yang ke 110 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Kuantan Singingi mengadakan simposium yang berjudul " Clinica
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.