• Home
  • Kepri
  • Tahun 2018 Anggaran Dana Desa di 36 Desa Di Bintan Dikurangi
Selasa, 19 Desember 2017 13:25:00

Tahun 2018 Anggaran Dana Desa di 36 Desa Di Bintan Dikurangi

petugas bank, ilustrasi.
BINTAN, - Pemerintah pusat mengurangi anggaran dana desa (DD) untuk tahun 2018 mendatang untuk Kabupaten Bintan hanya dialokasikan sekitar Rp30,9 miliar untuk jatah 36 desa se-Bintan. Hal ini berdasarkan penerapan formulasi rasio yang berbeda dalam pengelolaan dana desa diterima oleh desa-desa di seluruh Indonesia.
 
Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan, Ronny Kartika, bahwa pemerintah pusat mengharapkan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta menurunkan angka kemiskinan. "Pemerintah Pusat memiliki formulasi rasio tersendiri dalam menetapkan dana desa di tahun 2018 nanti, makanya terjadi penurunan," ujar Ronny, Minggu (17/12).
 
Ditambahkannya, bahwa selain formulasi rasio angka kemiskinan, pemerintah pusat juga mencantumkan pembobotan pada rasio jumlah penduduk, serta rasio luas wilayah dan rasio indeks kesulitan geografis suatu daerah. " Jadi untuk tahun depan, Desa Berakit di Kecamatan Teluk Sebong yang paling besar menerima sekitar Rp1,13 miliar. Sementara Desa Toapaya Utara yang paling kecil menerima dana desa sebesar Rp 709 juta,"sebutnya.
 
Meski terdapat kekurangan kucuran dari APBN, namun Bupati Bintan Apri Sujadi mengakui adanya kelemahan perangkat desa di Bintan yang kurang mampu mengelola dana desa dari pemerintah. Apri berharap, desa yang telah sukses mengelola dana desa dari pemerintah hendaknya ditiru oleh desa-desa yang belum begitu mahir dalam mengelola dana desa untuk kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri.
 
Selain itu, Apri mengingatkan agar desa-desa juga aktif berkonsultasi ke Dinas PMD Bintan terkait pengelolaan dana desa baik perencanaan kegiatan, penyerapan dana desa, serta laporan pertanggungjawaban dalam penggunaan dana desa. "Kita juga menyarankan, agar setiap proyek dana desa hendaknya dilakukan secara swakelola yang melibatkan masyarakat desa. Sehingga upah yang dibayarkan diharapkan akan mampu ikut menggerakkan ekonomi masyarakat desa," pesan Apri. (HK/*).
 
 
Share
Berita Terkait
  • 10 bulan lalu

    Demi Percepatan Ekonomi, Januari 2020 Pemerintah Akan Cairkan Dana Desa 40%

    RIAUONE.COM, SIAK-  Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) men

  • tahun lalu

    Plt. Gubernur Kepulauan Riau: Kades Harus Mampu Kelola Dana Desa dengan Baik

    KEPRI, TANJUNGPINANG, - Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto menekankan kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Kepri agar memanfaatkan dana desa sebaik-baiknya. Agar kedepan

  • tahun lalu

    Presiden Apresiasi DPR yang Setujui Dana Desa Rp70 Triliun

    NASIONAL, - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2019, di ruang sidang MPR. Pada kese

  • tahun lalu

    Polres Bintan terus dalami Dugaan Korupsi Dana Desa Kukup, Delapan Staf Desa dan BPD diperiksa

    KEPRI, BINTAN - Penyidik Satreskrim Polres Bintan terus mendalami dugaan penyalahgunaan dana desa di Kukup Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri.

    Informasi

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.