• Home
  • Nusantara
  • Dinas Kesehatan Pesisir Selatan Gelar Pertemuan Hygiene Sanitasi Depot Air Minum
Senin, 27 Juli 2020 17:15:00

Dinas Kesehatan Pesisir Selatan Gelar Pertemuan Hygiene Sanitasi Depot Air Minum

PESSEL, Pesisir Selatan-Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Pertemuan Hygiene Sanitasi Depot Air Minum Angkatan I se Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (27/7) di Hotel Hannah Painan.

Acara itu dibuka Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni diwakili Kepala Dinas Kesehatan, dr.Satria Wibawa dengan peserta sebanyak 30 orang yang terdiri dari pengusaha Depot Air Minum se kabupaten dan tenaga sanitasi Puskesmas.

Dalam sambutannya Satria Wibawa mengatakan, setiap pengusaha depot air minum harus mengantongi sertifikat layak sehat, sehingga air minum yang dikonsumsi masyarakat itu bersih dan hygiene.

"Air dinyatakan bersih dan layak dikonsumsi, setelah dilakukan uji laboratorium air baku oleh petugas terkait. Kewajiban pengurusan sertifikat layak sehat juga mengacu pada regulasi yang ada," ucapnya.

Lanjutnya, terkait hal itu, maka pengusaha depot air minum juga diwajibkan melakukan pengecekan di laboratorium. "Ini harus dilakukan, karena menyangkut kepentingan masyarakat banyak dalam mendapatkan jaminan kesehatan terhadap air yang akan dikonsumsi," tandasnya.

Dalam hal ini, Pemkab memiliki kewajiban mengawasi seluruh depot air minum, karena menyangkut hajat hidup orang banyak, terutama terkait kesehatan masyarakat.

Ia juga mengimbau agar pemilik depot air minum isi ulang segera mengurus izin dan menjaga kualitas air minum yang akan dikonsumsi masyarakat. Sebab, sebagian besar penyakit bersumber dari air.

Dikatakan, melalui pertemuan ini, pihaknya menyampaikan kepada seluruh pengusaha depot air minum di Kabupaten Pesisir Selatan agar mematuhi regulasi yang ada terkait dengan usaha tersebut. "Kegiatan usaha tersebut akan selalu diawasi dan dilakukan pembinaan," ucapnya. (BRI/HMS/*).

Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.