• Home
  • Nusantara
  • KPU Ingatkan Lembaga Survei Tidak Sebutkan Hasil Final Pilkada
Kamis, 10 Desember 2015 17:44:00

KPU Ingatkan Lembaga Survei Tidak Sebutkan Hasil Final Pilkada

pilkada dumai riau.
RIAUONE.COM, JAKARTA, NUSANTARA, - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay mengingatkan bahwa hitung cepat (quick count) dari lembaga-lembaga survei dalam pilkada Serentak 2015 tidak boleh menyebutkan hasil final.
 
"Hasil quick count kan, prediksi berdasarkan metodologi, jadi bukan final. Makanya yang melaksanakan quick count tidak boleh mereka sebutkan hasil final," kata Hadar di Jakarta, Kamis (10/12/15).
 
Hadar menjelaskan, untuk hasil secara keseluruhannya, semua harus menuggu saja, agar masyarakat juga tidak salah paham. "Kita harus kritis juga karena quick count hanya melalui sampel yang diambil di TPS-TPS," sebutnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Hadar juga menyatakan pihaknya belum bisa memastikan angka partisipasi masyarakat dalam pilkada Serentak 2015.
 
"Angka partisipasi yang kami catat baru ada sebagian, hanya berdasarkan TPS tertentu atau dari desa-desa tertentu saja, jadi belum ada secara lengkap. Nanti kalau mau lihat langsung saja di pilkada2015.kpu. go.id," jelasnya.
 
Menurutnya, ada beberapa daerah yang tingkat partisipasinya sudah 100 persen, misalnya di Ngawi dan Sumenep. "Kalau dikumpulkan secara lengkap, kami belum bisa katakan hasilnya," ujarnya.
 
Sebanyak 264 pemilihan kepala daerah (pilkada) digelar secara serentak di berbagai wilayah di Indonesia pada Rabu (9/12/15) dilaporkan berjalan aman dan lancar.
 
Pilkada serentak tersebut merupakan sejarah terbesar dalam penyelenggaraan demokrasi tingkat lokal di Indonesia. Jumlah pilkada itu sekitar 50 persen lebih jumlah daerah. Sisanya direncanakan akan dilakukan pilkada pada 2017.
 
Pada pilkada serentak kali ini, dari 269 daerah, KPU akhirnya menunda 5 daerah yang tengah bermasalah dengan hukum, terkait dengan gugatan para calon yang sebelumnya dianulir oleh KPU. (rtc).
 
Share
Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Katanya Kotak Suara KPU Kedap Air, Tapi Kok tak Tahan Air? Bawaslu Salahkan KPU?

    Ribuan kotak suara rusak di Cirebon karena terkena terendam air hujan.
    NASIONAL, - Ribuan kotak suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dilaporkan rusak di Cirebon, Jawa Bar

  • satu minggu lalu

    KPU Meranti gelar Sosialisasi Pemilu 2019

    riauone,com, MERANTI, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti gelar Sosialisasi Pemilu 2019 bersama Media Massa di Ballroom Afifa, Jalan Banglas, Kecamatan Teb

  • 4 minggu lalu

    YBM PLN Unit Induk P3B Sumatera Taja Kelas Parenting Program 1000 Hari Pertama Kehidupan

    PEKANBARU, RIAU, - Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN P3B Unit Induk Sumatera (UIS) bekerjasama dengan PKPU Human Initiative Riau menyelenggarakan kegiatan untuk penerima manfaat pro

  • satu bulan lalu

    Ada apa dengan KPU? Penyampaian Visi Misi dibatalkan, Kubu Prabowo Laporkan KPU Ke DKPP


    POLITIK, - Langkah Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandi DKI Jakarta menanggapi serius penyampaian visi misi calon presiden dan wakil presiden yang dibatalkan K

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.