• Home
  • Nusantara
  • KPU Ingatkan Lembaga Survei Tidak Sebutkan Hasil Final Pilkada
Kamis, 10 Desember 2015 17:44:00

KPU Ingatkan Lembaga Survei Tidak Sebutkan Hasil Final Pilkada

pilkada dumai riau.
RIAUONE.COM, JAKARTA, NUSANTARA, - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay mengingatkan bahwa hitung cepat (quick count) dari lembaga-lembaga survei dalam pilkada Serentak 2015 tidak boleh menyebutkan hasil final.
 
"Hasil quick count kan, prediksi berdasarkan metodologi, jadi bukan final. Makanya yang melaksanakan quick count tidak boleh mereka sebutkan hasil final," kata Hadar di Jakarta, Kamis (10/12/15).
 
Hadar menjelaskan, untuk hasil secara keseluruhannya, semua harus menuggu saja, agar masyarakat juga tidak salah paham. "Kita harus kritis juga karena quick count hanya melalui sampel yang diambil di TPS-TPS," sebutnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Hadar juga menyatakan pihaknya belum bisa memastikan angka partisipasi masyarakat dalam pilkada Serentak 2015.
 
"Angka partisipasi yang kami catat baru ada sebagian, hanya berdasarkan TPS tertentu atau dari desa-desa tertentu saja, jadi belum ada secara lengkap. Nanti kalau mau lihat langsung saja di pilkada2015.kpu. go.id," jelasnya.
 
Menurutnya, ada beberapa daerah yang tingkat partisipasinya sudah 100 persen, misalnya di Ngawi dan Sumenep. "Kalau dikumpulkan secara lengkap, kami belum bisa katakan hasilnya," ujarnya.
 
Sebanyak 264 pemilihan kepala daerah (pilkada) digelar secara serentak di berbagai wilayah di Indonesia pada Rabu (9/12/15) dilaporkan berjalan aman dan lancar.
 
Pilkada serentak tersebut merupakan sejarah terbesar dalam penyelenggaraan demokrasi tingkat lokal di Indonesia. Jumlah pilkada itu sekitar 50 persen lebih jumlah daerah. Sisanya direncanakan akan dilakukan pilkada pada 2017.
 
Pada pilkada serentak kali ini, dari 269 daerah, KPU akhirnya menunda 5 daerah yang tengah bermasalah dengan hukum, terkait dengan gugatan para calon yang sebelumnya dianulir oleh KPU. (rtc).
 
Share
Berita Terkait
  • 20 jam lalu

    Komisi Pemilihan Umum Buka Layanan Pengaduan Data Situng

    KPU mendorong masyarakat ikut memantau situng.
    NASIONAL, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka layanan pengaduan atau help desk bagi masyarakat untuk melaporkan adanya kesala

  • kemarin

    Situs ayojagatps.com Unggulkan 02 Real Count KPU RI Unggulkan 01, Kenapa Berbeda?

    NASIONAL, POLITIK, - Hingga Jumat (18/04/2019) pukul 16.41 Wib Situs independen https://ayojagatps.com/ merilis suara hasil pemilihan presiden, yakni  Presentasi suara Vers

  • kemarin

    KPU Koreksi Kesalahan Entri Data di TPS 10 Kota Dumai Riau

    NASIONAL, POLITIK, - Beredar video yang menunjukkan adanya kesalahan entri data perolehan suara capres-cawapres di real count atau Situng milik KPU. Kesalahan entri data ini ter

  • kemarin

    KPU Mengaku Ada Salah Entri Data C1 di 5 Daerah di Indonesia pada Website KPU RI

    NASIONAL, POLITIK, - Informasi soal kesalahan entri data C1 di Situng milik KPU terus beredar di media sosial. KPU menyatakan memang terjadi kesalahan entri data di 5 daerah di

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.