• Home
  • Nusantara
  • Kabar Duka, Gajah Sumatera ditemukan Membusuk di Lahan Konsesi Arara Abadi
Rabu, 20 November 2019 14:56:00

Kabar Duka, Gajah Sumatera ditemukan Membusuk di Lahan Konsesi Arara Abadi

F/BKSDA Riau

RIAU, BENGKALIS, - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau menemukan seekor Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis), ditemukan mati di Distrik Duri II konsesi PT. Arara Abadi Desa Tasik Serai, Kecamatan Talang Mandau, Kabupaten Bengkalis, Rabu (20/11/2019).

Tanpa menunggu, tim medis Balai Besar KSDA Riau yang terdiri dari dokter hewan dan pawang Gajah didampingi Polisi Kehutanan diturunkan untuk melakukan pemeriksaan secara detail (neukropsi). 

Balai Besar KSDA Riau juga berkoordinasi dengan Balai Penegakan Hukum LHK Wilayah Sumatera yang juga langsung menurunkan Timnya untuk melakukan pengumpulan bahan dan keterangan terkait kematian satwa tersebut. 

Neukropsi yang dilakukan tim medis Balai Besar KSDA Riau terhadap bangkai Gajah menerangkan bahwa, Gajah yang mati berjenis kelamin jantan berumur 40 tahun. Tidak ditemukan tanda-tanda keracunan dan bekas jerat. Kondisi kepala Gajah sudah terpotong dari pangkal belalai dimana belalai terpisah dari tubuh dengan jarak satu meter. 

Dugaan bahwa Gajah mati karena pembunuhan/ perburuan dengan pemotongan kepala untuk pengambilan gading, namun pada saat pemeriksaan tidak ditemukan proyektil peluru. Kondisi bangkai Gajah sudah membusuk dan diperkirakan satwa tersebut telah mati lebih kurang 6 hari dari ditemukan bangkainya.

Gajah tersebut merupakan Gajah yang masuk dalam subpopulasi (kelompok) Gajah Giam Siak Kecil. 

" Semoga segera ditemukan pelakunya ya kawan, dan hukum dapat ditegakkan sehingga menimbulkan efek jera bagi yang lainnya," demikian cuitan sosial media akun BKSDA Riau. (zar).


Share
Loading...
Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Gajah Betina Ditemukan Tewas di Tasik Serai

     
    DURI, BENGKALIS, - Seekor gajah betina dewasa yang diperkirakan berusia 25 tahun yang sempat terjebak seharian dalam kanal dan dievakuasi, akhirnya di
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.