• Home
  • Nusantara
  • Kabupaten Pesisir Selatan Gelar Operasi Pasar Bawang Putih
Jumat, 21 Februari 2020 08:12:00

Kabupaten Pesisir Selatan Gelar Operasi Pasar Bawang Putih

PAINAN, - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat menggelar operasi pasar bawang putih menyikapi melonjaknya harga kebutuhan dapur tersebut semenjak dua pekan terakhir di daerah setempat.

"Jumlah bawang putih pada operasi pasar mencapai dua ton, per kilogramnya dijual Rp32 ribu sedangkan di pasaran harga bawang putih berada di kisaran Rp55 ribu sampai Rp60 ribu per kilogram" kata Kepala Dinas Pangan setempat, Alfis Basyir di Painan, Kamis (20/2).

Ia menyebut operasi pasar digelar sejak Senin (17/2) hingga Ahad (23/2) di sejumlah pasar kecamatan di daerah setempat.

"Besok Jumat (21/2) sesuai rencana kegiatan akan digelar di Pasar Balai Selasa, Kecamatan Ranah Pesisir, Sabtu (22/2) di Pasar Kambang, Kecamatan Lengayang dan Minggu di Pasar Sago, Kecamatan IV Jurai," jelas dia.

Kegiatan, ungkapnya, merupakan instruksi langsung dari kepala daerah setempat guna mengantisipasi harga bawang putih yang kian meroket dan dikhwatirkan berdampak pada harga kebutuhan dapur lainnya.

"Usai mendapat instruksi dari bupati kami langsung menghubungi pejabat provinsi untuk memulai operasi pasar dan operasi pasar mendapat respon yang baik dari masyarakat," katanya.

Usai gelaran operasi pasar tuntas pihaknya akan terus mengamati pergerakan harga, jika harga bawang putih kembali moroket tidak menutup kemungkinan operasi pasar akan kembali digelar.

"Pengamatan akan terus kami laksanakan, sembari terus berkoordinasi dengan pejabat terkait," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindrustrian Kabupaten Pesisir Selatan, Hendro Kurniawan menyebutkan harga normal bawang putih di daerah setempat hanya Rp30 ribu per kilogram.

Kendati demikian, dari pengamatannya di lapangan kenaikan harga bawang putih saat ini belum berdampak pada harga kebutuhan lain seperti beras, cabai, minyak goreng, daging, bawang merah dan lain sebagainya. (hms/sya).
reporter painan @syamsulbahri

Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.