Sabtu, 14 Maret 2020 17:52:00

The Next Bupati Inhu? Inilah Sosok Ade Agus Hartanto

RIAUONE.COM- Ade, begitulah sapaan akrab ayah 3 anak ini, mengawali karir politik dengan bergabung menjadi kader PKB sejak ia masih menempuh pendidikan dibangku kuliah, kini sudah dua periode menjadi Anggota DPRD Riau juga menjabat sekretaris Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Propinsi Riau.

Pria berbadan tegap ini piawai dan cerdas dalam memenangkan hati masyarakat, terbukti dua kali mengikuti pemilihan legislatif mendapat kepercayaan masyarakat dan terpilih sebagai penyambung lidah masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu dan kuantan singingi di parlemen daerah Provinsi Riau. 

Sejak kuliah ade memang sudah aktif di organiasi baik intra maupun ekstra kampus, yang kemudian mengasah bakat nalar politiknya. begitu juga selama berintraksi dengan rekan sesama politisi di DPRD Riau, sosok ini cukup disegani karna kepiawan dan kelihaiannya dalam memainkan dinamika politik, yang kita tahu lembaga  wakil rakyat ini berisi banyak kepentingan politik.

Sebagai politisi muda yang berprestasi, Ade Agus Hartanto tidak tumbuh dari keluarga yang berkecukupan. terlebih, tidak ada satupun silsilah keluarganya yang besar dalam dunia politik. Ade merupakan anak muda yang membuktikan diri bahwa cita-cita dapat diraih dengan kekuata niat dan kerja keras. dalam motivasinya yang penulis kutip "jika ada kemauan dan kesungguh-sungguhan semua cita-cita dapat kita raih, yang terpenting niat, kerja keras dan do'a menjadi kunci" tutur pria yang pernah menempuah bangku kuliah di UIN suska ini. 

MENJADI YATIM SAAT MASIH DI SEKOLAH DASAR

Ade Agus Hartanto Lahir 36 Tahun lalu, tepatnya pada 12 Agustus 1983 di Pekanbaru. berdarah kampar dari sebelah ayah dan indragiri hulu dari sebelah ibu. meskipun begitu, kota rengat dan kabupaten indragiri hulu memiliki keistimewaan tersendiri baginya, terlebih saat mempersunting istri suci rahmiani yang juga berasal dari kota rengat kabupaten indragiri hulu semakin memantapkan hatinya untuk menetap dan mengabdi di Indragiri Hulu.

Ade, tumbuh besar dari keluarga sederhana, menempuh pendidikan sama seperti anak-anak lainnya yang bukan merupakan sekolah Pavorit. orang tuanya merupakan pegawai biasa disalah satu perusahaan milik negara, memiliki gaji yang hanya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, sementara Ade juga memiliki saudara banyak yang juga sedang dalam masa menempuh pendidikan. 

Perjuangan hidup Ade Agus cukup keras, diusianya yang masih belia masih berada di sekolah dasar, Ade harus merelakan ayahanda tercinta pergi untuk selama-lamanya kepangkuan Ilahi, betapa bisa dibayangkan suasana bathin keluarganya, impian dan cita-citanya terancam pupus kala itu. Namun Allah SWT sang pemilik takdir merencanakan lain, sosok Ade tumbuh sebagai pemuda yang tangguh dan mandiri. berkat perjuangan Ibunda dan Kakak tertuanya yang mengambil peran sebagai ayah serta ia juga nyambi bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari, Ade Agus tetap dapat menyelesaikan pendidikannya yang saat itu ia jalani hingga dapat pula menyelesaikan sekolah sampai sarjana.

Pelajaran yang berharga yang selalu Ade Agus ceritakan dari kisah perjuangannya itu adalah "Apapun cobaan yang kita alami, jadikanlah itu sebagai motivasi diri untuk bangkit, ambil hikmah darinya. jangan sedikitpun ada prasangka buruk terhadap Kehendak Sang Khalik, apalagi sampai meratap dengan keputus asaan. saya tidak begitu mengerti saat itu, tapi melihat perjuangan Ibunda yang begitu keras untuk kami anak-anaknya, saya dapat merasakan betapa begitu beratnya tidak memiliki sosok ayah" ungkap Ade

POLITISI MUDA YANG CEMERLANG

Ade Agus Hartanto termasuk pemuda yang berprestasi dari sekian tokoh politisi di Riau, terpilih jadi Anggota Legislatif termuda pada pemilu 2014 yang lalu. salah satu dari 65 Anggota DPRD Provinsi yang berasal dari daerah pemilihan 7 Kabupaten Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi. 

satu dari sekian banyak keunggulan yang menyebabkan Ade memenangkan hati masyarakat untuk memberikan dukungan, diantaranya kepiawaian dalam membangun komunikasi, lugas dan meyakinkan. beberapa kali penulis sempat mengikuti rangkaian kampanyenya, benar bahwa Ade mengemas bahasa yang sederhana, ajakan untuk memilih dirinya tidak dengan mengumbar janji yang berlebihan, lebih kepada anti tesis dari keadaan yang ada serta mengajak masyarakat bersama-sama membangun Indragiri Hulu lebih baik.

Selama menjadi Anggota DPRD Riau 2014-2019, Ade Agus Hartanto benar-benar membuktikan komitmennya, pembinaan terhadap basis dan konstituen pemilih dibuktikan dengan banyaknya pembangunan yang dihadirkan. meskipun fungsi legislator bukan sebagai eksekutor kebijakan di pemerintahan, berbekal kepiawaiannya membungun komunikasi, lobi dan hubungan baik dengan mitra pemerintahan diperkuat posisioning lembaga legislatif, menjadikan suara aspirasi masyarakat terakomodir dalam wujud program pembangunan. atas dasar itulah kemudian menjadikan namanya semakin melambung dan populer, dukungan meluas dan menjadi Idola baru khususnya di Kabupaten Indragiri Hulu hingga ia kembali terpilih pada pemilu legislatif tahun 2019-2024 dan menjabat sebagai Ketua Komisi I DPRD Riau pada periode ini.

PEMIMPIN BERTANGAN DINGIN

PKB Indragiri Hulu sejak berdiri hingga pemilu 2014 yang lalu tidak pernah memperoleh dukungan lebih dari satu kursi DPRD, membuat Ade gundah dan khawatir dengan keadaan itu. sebagai kader Ideologis NU sejak dari lembaga banom NU hingga menjadi pengurus wilayah NU, Ade dikader  di PMII, IPNU dan ANSOR hingga mengabdikan diri dirumah perjuangan kaum Nahdliyin dijalur politik, ade faham betul tentang manhaj dan Platform perjuangan partai besutan H. Abdul Muhaimin Iskandar ini.

Meskipun saat itu masih menjabat sebagai Sekretaris Wilayah PKB Riau, ade kemudian memohon izin untuk mengambil rangkap jabatan untuk turun langsung membenahi PKB Indragiri Hulu dengan tekad perolehan suara PKB pada pemilu 2019 akan bertambah dan mendapat kepercayaan luas dari masyarakat. Sejurus kemudian pembenahan dan restrukturisasi dilakuakan serta bersamaan dengan massivnya konsolidasi hingga ke tingkat ranting di desa-desa.

Alhasil pada pemilu 2019 PKB Indragiri Hulu keluar sebagai pemenang kedua setelah partai kuning yang merupakan partai penguasa di Kabupaten tersebut. dengan memperoleh kursi sebanyak 4 kursi DPRD dengan selisih suara hanya 5000 dari partai penguasa, posisining PKB di Parlemen Kabupaten Ìndragiri Hulu cukup kuat dan berpengaruh.

Penulis meyakini bahwa Ade Agus Hartanto merupakan sosok politisi bertangan dingin, berkat kepiawaiannya dalam memenejemen partai, kemampuan personal yang cemerlang, kans dan kharisma yang kuat, serta kepiawaian dalam memotivasi kader hingga menjadi militan menjadikan perolehan suara PKB meningkat 400% dari pemilu 2014 yang lalu. inilah karakter pemimpin yang tidak banyak dimiliki orang lain,  meskipun dari sumber yang tidak mau disebutkan namanya menyebutkan betapa pertarungan pemilu 2019 lalu Ade Agus Hartanto dan seluruh kader PKB Indragiri Hulu mendapatkan tekenan dan intervensi dari penguasa dan jejaringnya saat itu.

DIMINTA MASYARAKAT UNTUK MAJU PADA PILKADA INHU 2020

Belum satu tahun menjabat DPRD Periode 2019-2024, Ade mendapatkan begitu banyak aspirasi dan dorongan dari masyarakat untuk maju pada pemilihan kepala daerah kabupaten indragiri hulu tahun 2020 mendatang. hal ini didasari dari tidak adanya figur tokoh yang refresentif masyarakat, aspiratif dan peduli terhadap kondisi masyarakatnya. 

Melihat sosok Ade Agus Hartanto yang selama 5 tahun di DPRD riau menghadirkan banyak karya pembangunan bagi konstituenya, serta kepekaan yang tinggi untuk terus memberikan pelayanan terhadap masyarakat membuat banyak masyarakat mendorong Ade maju pada pilkada Indragiri Hulu tahun 2020 ini.

Selain soal komitmen dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat, sosok pribadi yang bersahaja, penuh wibawa ini juga sangat smart dan rendah hati dalam bergaul, meskipun sudah menjadi pejabat Ade Agus Hartanto tidak berubah dari kebiasaannya sehari-harinya bergaul, masih suka kongkow dan ngopi bersama masyarakat.

MENGUSUNG VISI INDRAGIRI HULU HEBAT, ADIK DAN MAKMUR

Berangkat dari pengalaman 6 tahun di DPRD riau membuat Ade Agus Hartanto Faham betul seluk beluk pemerintahan, terlebih keterbatasan fungsi Legislatif dalam mengeksekusi pembangunan untuk kemajuan masyarakat, ditambah lagi dukungan dari masyarakat luas agar maju pada pilkada membuat Ade Agus Hartanto semakin mantap dan percaya diri untuk maju.

Tidak serta merta karena jabatan eksekutif di pemerintahannya, melainkam karna political will yaitu peran kepala daerah dalam membuat trobosan pembangunan yang dapat mensejahterakan masyarakat. hal itu yang mendasari kuatnya keinginan Ade memenuhi permintaan masyarakat untuk turut serta maju pada pilkada indragiri hulu tahun 2020 ini. lagi-lagi soal anti tesis dari keadaan, sepuluh tahun belakangan masyarakat hanya dibayang bayangi dengan rasa ketakutan, bukan menghadirkan pembangunan untuk kemajuan daerah melainkan menunjukan sisi dominasi penguasa yang lebih ditonjolkan.

dari semua Fariabel dan indikator yang ada, indragiri hulu tidak memiliki progres pembangunan yang signifikan, sementara dari sisi kemampuan dan potensi yang ada, kabupaten indragiri hulu bisa menjadi kabupaten yang maju, makmur dan sejahtera. menurut hemat penulis ini soal political will seorang kepala daerah yang visioner, inovatif dan progresif.

Dalam upaya mendukung dan mewujudkan visi Kabupaten Indragiri Hulu yang tertuang dalam RPJP yaitu "Terwujudnya Indragiri Hulu Sejahtera 2025" sejahtera dalam makna yang konferehensif dari semua aspek baik dari sosial, ekonomi, politik maupun budaya. Ade agus hartanto merumuskan visinya "Terwujudnya Kabupaten Indragiri Hulu sebagai 

pusat pelayanan, industri barang dan jasa dalam lingkungan masyarakat yang agamis, berbudaya, sehat, adil, dan sejahtera pada tahun 2025. yang kemudian disingkat dengan tagline "Indragiri Hulu Hebat, Adil dan Makmur".

Ade Agus Hartanto meyakini bahwa visi yang ia usung ini merupakan kosep dan gagasan yang akan menjadi visi kepemimpinannya jika kelak terpilih menjadi Bupati Indragiri Hulu. berbekal pengalaman dan pengetahuannya selama di pemerintahan Ade akan melakukan trobosan yang visioner dalam rangka mewujudkan Indragiri Hulu Sejahtera, secara detail visi misinya sudah di rumuskan lengkap dengan indikator dan faribel yang tertuang dalam dokumen visi misi yang nanti akan di ekspose saat pendaftaran pada juni 2020 mendatang.

Akhir dari tulisan ini, Ade Agus Hartanto memohon doa restu dari seluruh masyarakat Indragiri Hulu, agar niat dan hajatnya di ridhai Allah SWT. saat ini masih dalam peroses konsolidasi dan dukungan perahu partai politik, bulan mei akan ada kejelasan baik koalisi partai pengusung maupun pasangan calon wakil bupatinya.

Penulis

Tata Maulana

Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.