• Home
  • Parlemen
  • DPRD Inhil Minta Semua Desa Segera Membuat Rumah Isolasi
Sabtu, 11 April 2020 07:45:00

DPRD Inhil Minta Semua Desa Segera Membuat Rumah Isolasi

Wakil Ketua 1 DPRD Inhil Edy Gunawan

TEMBILAHAN - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Edi Gunawan, S.Si, M.Si meminta kepada seluruh Desa di Inhil segera membuat rumah isolasi untuk Orang Dalam Pemantaun (ODP) terkait virus Covid-19 atau Vorona.

Dikatakan pria yang akrab disapa Asun tersebut, rumah isolasi digunakan untuk mengkarantina orang yang baru datang dari zona merah penyebaran virus covid-19. 

"Ini agar kita lebih mudah mengawasi bagi desa ada warganya yang pulang dari zona merah seperti Malasysia, Jakarta, Surabaya, dan daerah lainnya yang kita anggap zona merah," ujar Asun kepada media ini, Jumat (10/04/2020).

Ditambahkan Asun, rumah isolasi bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di setiap desa masing-masing dan dibebankan ke anggaran dana desa, termasuk biaya akomodasi selama empat belas hari masa karantina. 

"Manfaatkan satu rumah atau ruangan yang ada di masing-masing desa, manfaatkan dana desa sesuai dengan petunjuk peraturan yang ada," ujarnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan langkah tersebut untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang pulang kampung menjelang bulan ramadhan dan hari raya idul fitri yang tidak lama lagi.

"Ini akan marak orang balek kampung karena mau dekat bulan puasa dan lebaran idul fitri, akan ada seperti mahasiswa yang pulang dari Jogyakarta dan daerah-daerah yang dianggap zona merah," kata Sekretaris DPC PKB Inhil tersebut.

Asun juga mengatakan, rumah isolasi untuk mendukung saling keterbukaan di masyarakat karena masih ada masyarakat yang enggan menyampaikan riwayat perjalanannya karena takut di tolak atau dikucilkan.

"Kalo asli orang kampung sini tak mungkin kita menolaknya dia mau pulang kampung, dari pada nanti dia tidak jujur lebih baik kita saling terbuka agar lebih mudah kita melakukan pengawasan, jika dia datang dari zona merah langsung saja dikarantina dirumah isolasi selama empat belas hari, jika dia tidak apa-apa silahkan membaur bersama masyarakat," tutup Asun. (*)


Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.