• Home
  • Parlemen
  • DPRD Riau Di Minta Ekspos Hasil Kunjungan Keluar Negeri
Rabu, 12 Juli 2017 08:43:00

DPRD Riau Di Minta Ekspos Hasil Kunjungan Keluar Negeri

PEKANBARU, -  Kunjungan Anggota DPRD Riau beberapa kali keluar negeri mendapat keritikan dari berbagai pihak diantaranya, Forum Indonesia untuk Transparansi (Fitra) menyoroti anggaran perjalanan dinas untuk kunjungan ke luar negeri Anggota DPRD Riau dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2017 yang naik jumlahnya dari tahun sebelumnya.
      
"Terdapat biaya kunjungan kerja luar negeri pimpinan dan anggota dewan sebesar Rp28,8 miliar yang selalu naik dari tahun sebelumnya, tahun 2016 sebesar Rp12,7 miliar dan tahun 2015 sebesar Rp7,4 miliar," kata Koordinator Fitra Riau, Usman di Pekanbaru, kepada media
     
Jika ditotal biaya tersebut mencapai Rp49 miliar selama tiga tahun terakhir. Meski begitu tidak terlihat sama sekali hasil yang dibawa pulang oleh anggota dewan selain dari kegiatan dinilai foya-foya dan bersenang di luar negeri.
     
Secara rinci, kata dia, kunker luar negeri dewan tersebut akan dilakukan untuk satu kali kunjungan. Maka dari 65 orang anggota dewan akan menghabiskan anggaran sekitar Rp444 juta per orang.
     
"Ini jelas merupakan bentuk pemborosan yang dilakukan dewan, bahkan kunjungan luar negeri dewan akhir tahun 2016 lalu sama sekali tidak membawa dampak perbaikan terhadap kinerja dewan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.
     
Tidak hanya untuk kunjungan luar negeri, biaya perjalanan dinas angota DPRD Riau secara keseluruhan juga dinilai fantastis yakni mencapai Rp174,7 miliar. Jumlah itu bahkan 33 persen dari seluruh kegiatan perjalanan dinas baik pemerintah maupun DPRD di dalam APBD 2017 yang berjumlah setengah triliun atau Rp514 Miliar.
     
"Kegiatan dewan ini berpotensi memboroskan keuangan daerah, diantaranya kunker dewan dalam dan luar daerah sebesar Rp56,8 miliar, kunker alat kelengkapan dewan sebesar Rp58,5 miliar dan kegiatan reses dewan sebesar Rp30,4 miliar," bebernya. 
     
 
Oleh karena itu, dikarenakan belum terlambat, maka Fitra Riau menyarankan kepada gubenur untuk melakukan evaluasi kembali atas perencanaan anggaran APBD tahun yang akan datang Juga memperketat anggaran perjalanan dinas serta anggaran-anggaran lain yang tidak perlu dilaksanakan 
     
"Gubenur Riau harus melakukan realokasi anggaran yang syarat dengan pemborosan tersebut untuk anggaran-anggaran yang lebih dibutuhkan kepada publik," ulasnya.
 
Riau Corruption Whacth juga meminta lembaga DPRD Riau mengekspos hasil kunjugan DPRD Riau, apa hasilnya, apa yang didapat dan apa mamfaatnya harus dijelaskan untuk menghindari kecurigaan rakyat Kata Mayandri Direktur RCW yang juga pengacara muda ini.
 
Kedepannya menurut Mayandri DPRD Riau dan pemerintah harus mengurangi biaya jalan jalan baik dalam negeri maupun keluar negeri, sudahlah rakyat susah ni tegasnya.
 
Biaya yang besar itu kalau dialihkan ke yang lain, bantuan rumah layak huni, jalan, sekolah sekolah berapa banyak yang terbangunkan tegas Mayandri.(mzi/ant)
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Perkiraan Sementara 8 kursi DPRD Riau Dapil Kampar

    KAMPAR- berdasarkan hitungan cepat Lembaga forum komunikasi aktivis Rakyat Riau, kamis 18/2019 diperkirakan beberapa nama memperoleh suara tertinggi untuk sementara untuk DPRD R

  • 11 bulan lalu

    Masyarakat tau gak sih, kira-kira Kunker apa ya 15 anggota DPRD Riau ini ke Rusia dan Argentina

    NASIONAL, RIAU, - Dua rombongan wakil rakyat di Riau DPRD Riau berangkat ke Rusia dan satu rombongan berangkat ke Argentina tanpa Ketua Riau DPRD Riau, Septina Primawati Ru
  • 2 tahun lalu

    Ketua dan Anggota Komisi A DPRD Provinsi Riau Kunjungan ke Satpol PP DKI Jakarta

    JAKARTA  - Dalam kerja anggota Dewan DPRD Provinsi Riau melakukan kunjungan  Observasi ke Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi DKI Jakarta, Selasa, 20 Maret 2018.
  • 2 tahun lalu

    Ada Mata Mata Perusahaan di DPRD Riau

    PEKANBARU- Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Riau di awasi oleh orang orang yang dibayar perusahaan untuk memonitor dan menginformasikan apa yang menjadi agenda DPRD R
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.