• Home
  • Parlemen
  • Wakil Ketua DPRD Sardiyono Saksikan Tradisi Menyerayo dan turun Keladang Silat Pendekar Leman di Desa Pulau Kumpai Pangean
Senin, 20 Agustus 2018 21:34:00

Wakil Ketua DPRD Sardiyono Saksikan Tradisi Menyerayo dan turun Keladang Silat Pendekar Leman di Desa Pulau Kumpai Pangean

Foto Sardiyono bersama Camat Pangean dan Datuk Datuk guru silat pendekar Leman di Desa Pulau Kumpai Pangean
KUANSING,- Wakil Ketua DPRD Kuansing Sardiyono, A.md hadiri  Tradisi  Silat menyerayo dan turun keladang di laman Pendekar Leman Senin (20/8/2018) di Desa Pulau Kumpai Kecamatan Pangean.
 
Sardiyono, A.md menyampaikan apresiasi kepada Datuk - Datuk guru guru silat  yang telah menjaga tradisi leluhur yang masih terpelihara dengan baik serta mengajarkan kepada anak cucu kemenakan khusus Kenegerian Pangean dan Kuantan Singingi pada umumnya.
 
" Saya bangga melihat adek adek yang mahir dan pandai bersilat, dan dapat menyaksikan secara langsung di Silat Pendekar Leman Desa Pulau Kumpai Kecamatan Pangean, dan saya berharap ini tetap di pelihara dengan baik," ungkap Sardiyono diselah - selah menyaksikan silat di Desa Pulau Kumpai.
 
Kegiatan yang di buka  secara langsung  oleh Bupati Kuansing H Mursini itu cukup sana lihat cukup positif dan dapat mendidik  generasi  muda. Para pesilat rata rata generasi muda yang cukup mahir, selain untuk menjaga diri dari serangan musuh silat juga dapat dijadikan sebagai tontonan, karena gerakan gerakan nya penuh makna.
 
Selanjutnya Bupati  H Mursini berkesempatan menyampaikan sambutan dan mengucapkan apresiasi terutama kepada Datuk Datuk penghulu yang hadir dan telah melestarikan budaya leluhur Pangean.
 
Sebagaimana kita ketahui kata Bupati Keberagaman tradisi Silat antara pendekar Malin dan pendekar Leman sedikit ada perbedaan silsilah dari pada khasanah budaya Silat  khusus negeri Pangean, sebagimana disampaikan Datuk Penghulu tadi bahwa silsilah tradisi pendekar Malin turun dari mamak ke kemanakan, sedangkan silsilah silat pendekar Leman turun dari Bapak ke anak.," Ucap Bupati sebagaimana yg disampaikan salah seorang Datuk Penghulu.
 
Bupati menyampaikan terima kasih kepada guru guru silat yang telah memberikan ilmu secara turun temurun kepada anak cucu kita negeri Pangean khususnya dan Kuansing umumnya semoga silsilah silat Pangean ini akan terus terjaga dengan baik," urai Bupati.
 
Turut hadir dalam acara tersebut mendampingi Bupati H Mursini Kabag umum Setda Kuansing M. Saleh,S.Sos, Kabag Humas Drs. Muradi,M.Si Kasubag informasi Selpi Keswita,ST MIP, Kadis Persip Drs. Azhar Ali, MM, Kaban BPMKB Irwandi,S.Sos, Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra, SE, Kapolsek Pangean, para Datuk dan Guru silat serta Tokoh masyarakat Pangean H Nayarlis. (ijk)
 
Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.