• Home
  • Politik
  • 21 Mei Dini Hari tadi, KPU Tetapkan Hasil Pemilu 2019
Selasa, 21 Mei 2019 05:49:00

21 Mei Dini Hari tadi, KPU Tetapkan Hasil Pemilu 2019

Ketua KPU Arief Budiman
Loading...

NASIONAL, POLITIK, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menskors Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Nasional Pemilu 2019. Mereka menyiapkan dokumen untuk menetapkan hasil penghitungan yang rencananya akan dilakukan pada Selasa (21/5) dini hari.

Ketua KPU Arief Budiman memastikan penetapan tersebut akan dilakukan usai semua dokumen disiapkan.

"Ya (ditetapkan hari ini), semua (pileg dan pilpres), KPU menetapkan secara nasional," kata Arief saat jeda rapat di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (21/5).

Arief menjelaskan setelah penetapan hasil rekapitulasi, peserta pemilu punya waktu tiga hari untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) maksimal.

Jika tak ada gugatan, maka KPU punya waktu tiga hari untuk menetapkan calon terpilih, baik Pilpres maupun Pileg.

"Misalnya hari ini 21 Mei, maka tanggal 22, 23, 24 Mei. Kalau 24 Mei enggak ada sengketa, maka KPU tiga hari berikutnya punya kesempatan menetapkan calon terpilih untuk paslon sama DPD, kalau partai akan ada penetapan calon terpilih dan perolehan kursi," tuturnya.

Arief membantah KPU mempercepat proses rekapitulasi suara tingkat nasional untuk menghindari aksi unjuk rasa people power. Aksi itu rencananya digelar 22 Mei bertepatan dengan hari terakhir rekapitulasi nasional.

"Bukan, memang ada, coba kamu lihat cara kita bahas tadi kan biasa aja," ujarnya.

Dari 34 provinsi yang telah direkapitulasi, Jokowi-Ma'ruf mencatatkan kemenangan di 21 provinsi. Mereka menang di Kalimantan Tengah, Jawa Timur, Bangka Belitung, Bali, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, dan Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya di Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Lampung, Kalimantan Timur, Yogyakarta, Sulawesi Barat, Kalimantan Barat, Gorontalo, Kalimantan Utara, DKI Jakarta, Sumatra Utara, Papua, Papua Barat, dan Maluku.

Di saat yang sama, Prabowo-Sandi menang di Jawa Barat, Jambi, Sumatra Selatan, Maluku Utara, Kalimantan Selatan, Bengkulu, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Banten, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sulawesi Selatan, dan Riau. (CNN/Ind/*).

Share
Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Partai Demokrat Teken Hasil Rekapitulasi KPU, BPN Menolak

    NASIONAL, POLITIK, - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menolak menandatangani hasil rekapitulasi perolehan suara tingkat nasional yang digelar Komisi

  • 2 bulan lalu

    Di Website KPU RI, Pengguna Hak Pilih di Siak Riau 245 bagaimana bisa Capres 01 dapat 304 Suara?

    NASIONAL, POLITIK, - Carut marut kesalahan input data KPU RI hingga hari ini masih saja ditemukan, pesat demokrasi yang menghabiskan anggaran sekitar Rp26 Triliun ini tidak memu

  • 2 bulan lalu

    Beredar Video Website KPU RI input Suara Capres tak Sesuai C1

    NASIONAL, - Beredar Video di sosial media dan grup WhastApp pada Jumat (19/04/2019), video pendek website Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Pusat input jumlah suara Capres tidak se

  • 11 bulan lalu

    PKPU HI Riau Berikan Bantuan Perlengkapan Sekolah untuk Anak-anak di Tanjung Pinang Kepri

    KEPRI, - Libur Sekolah telah usai saat anak-anak kembali ke sekolah atau Back To School, istilah yang cukup populer di kalangan masyarakat. 
     
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.