• Home
  • Politik
  • Harga Bawang Lokal Anjlok, Hayo Sweeping Mafia Dan Importir
Senin, 02 Juli 2018 07:47:00

Harga Bawang Lokal Anjlok, Hayo Sweeping Mafia Dan Importir

Loading...
Nasional, -  Anjloknya harga bawang lokal terjadi oleh serbuan produk palsu impor. Anggota DPR, Firman Soebagyo menilai para mafia impor pangan sudah keterlaluan.
 
"Kita sangat prihatin, dengan berbagai modus operandi para mafia atau importir pangan yang selalu membayang-bayangi rasa kecemasan masyarakat dan petani kita," tutur mantan pimpinan Komisi IV DPR ini.
 
Legislator dari Partai Golkar ini mengatakan, perilaku mafia dan importir seperti itu sudah sangat tidak layak untuk diberikan toleransi.
 
Dia pun menyerukan agar aparat penegak hukum segera bertindak dengan tegas kepada para mafia dan inportir seperti itu.
 
"Sudah sangat tidak layak untuk diberikan toleransi, apalagi pengecualian dalam proses dan penegakan hukum," ujarnya.
 
Firman membeberkan, tindakan pemalsuan jenis dan memasukkan produk komoditi pangan jelas bertentangan deng UU hortikultura, UU Pangan dan UU Perlindungan Pemberdayaan Petani.
 
"Di masing-masing UU itu secara jelas juga mengatur sanksi pidananya," ujarnya.
 
Oleh karena itu, Firman yang juga pemerhati pertanian dan petani meminta Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan lembaga lainnya tidak berdiam diri, harus menyikapi persoalan pelanggaran hukum ini.
 
"Jangan hanya kenceng untuk menyikapi isu pertembakuan dan sawit saja loh. Karena bawang palsu ini adalah menyangkut dan mengganggu hak hidup masyarakat, kususnya petani," ujar Firman.
 
Firman Soebagyo juga meminta Kementerian Perdagangan jangan seolah-olah tidak mau tahu bahwa perilaku mafia pangan ini melanggar hukum.
 
"Kalau perlu, lakukan sweeping bersama aparatur penegak hukum lainnya ke pasar-pasar dan memusnahkannya, karena bawang palsu tersebut sudah masuk ke pasar-pasar loh," pungkasnya. [rmol/*].
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 13 jam lalu

    Jelang Pemilu Serentak 2019, DPD PDI Perjuangan Adakan Rapat Koordinasi Daerah

    PEKANBARU - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Riau mengadakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Ballroom Pangeran Hotel Jum'at (21/
  • 22 jam lalu

    Masyarakat Inhil Tumpah Ruah Ikuti Istighotsah Gema Muharram 1440 H

    RIAUONE.COM, TEMBILAHAN - Ribuan masyarakat Kabupaten Inhil tumpah ruah mengikuti acara Istighotsah yang diselenggarakan sebagai rangkaian dari peringatan tahun baru Islam
  • 22 jam lalu

    Puluhan Penumpang Jet Airways Pendarahan Telinga dan Hidung

    DUNIA, MUMBAI -- Pesawat Jet Airways rute Mumbai ke Jaipur tanpa sengaja membuat para penumpangnya mengalami pendarahan. Berdasarkan laporam The Washington Post, Kamis (20/
  • 23 jam lalu

    Sebutan Ustaz, Kyai Lazim di Persia, Pakistan, Indonesia, Malaysia

     
    NASIONAL, — Sastrawan dan Guru Besar Falsafah kebudayaan Islam Universitas Paramadina, Prof DR Abdul Hadi WM, mengatakan di banyak wilayah kata
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2018 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.