• Home
  • Politik
  • Hari ini Rakyat Indonesia Sambut Gelaran Pemilu 2019
Rabu, 17 April 2019 07:07:00

Hari ini Rakyat Indonesia Sambut Gelaran Pemilu 2019

NASIONAL, - Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 akan diselenggarakan pada hari ini, Rabu (17/4). Pemilu 2019 akan melangsungkan pemilihan secara serentak mulai dari calon anggota legislatif (caleg) tingkat kota/kabupaten, provinsi, pusat, perwakilan daerah, hingga pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Puluhan ribu caleg itu telah terdaftar dalam 20 partai politik yakni 16 parpol tingkat nasional, dan empat parpol lokal tambahan khusus untuk di Provinsi Aceh.

16 Parpol tingkat nasional itu adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai NasDem, dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda).

Kemudian Partai Berkarya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Selain itu, terdapat empat partai lokal tambahan yang hanya akan bertarung di Provinsi Daerah Istimewa Aceh yakni Partai Aceh, Partai SIRA, Partai Daerah Aceh, dan Partai Nanggroe Aceh.

Seluruh caleg akan bertarung untuk memperebutkan 17.610 kursi anggota DPRD tingkat kabupaten/kota, 2.207 kursi anggota DPRD tingkat provinsi, 575 kursi anggota DPR RI, dan 136 kursi anggota DPD.

Pertarungan perebutan kursi itu akan dilakukan dengan perebutan suara dari 192.866.254 masyarakat Indonesia yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap hasil perbaikan ketiga atau DPThp 3.

Selain memilih caleg dan perwakilan daerah, Pemilu 2019 juga meminta masyarakat untuk memilih pasangan capres dan cawapres. 

Sebanyak dua pasang calon akan tersaji dalam lembar surat suara yakni nomor urut 01 Joko Widodo yang duet dengan Ma'ruf Amin serta nomor urut 02 Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Sandiaga Uno. (CNN/Ind).

Share
Berita Terkait
Komentar

Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.