Minggu, 12 April 2015 17:06:00

Tiga SMK di Dumai Siap Laksanakan UN Sistem CBT

ujian sistem CBT
RIAUONE.COM, DUMAI, RIAU, ROC, - Tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Dumai akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) sistem online atau Computer Based Test (CBT) besok, Besok Senin (13/04/015). 
 
Meski baru pertama kali dilaksanakan di Dumai, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Dumai menyatakan siap melaksanakan UN Online, bahkan Disdik mengklaim persiapannya sudah 100 persen.
 
"Tiga SMK yang akan melaksanakan UN secara online atau CBT tersebut, yakni SMKN 1 Dumai, SMK Taruna Persada, dan SMK Erna Dumai. Persiapan masing-masing sekolah sudah 100 persen,"ungkap Kepala Disdik Kota, H. Syaari melalui ketua panitia UN, Sugeng Purnomo, ST kepada wartawan, Ahad (12/014/015)..
 
Menurut Sugeng, sebelumnya pihak Disdik telah mengundang kepala sekolah peserta UN online dan pegawai teknisnya untuk rapat koordinasi persiapan UN online dan masing-masing sekolah telah menyatakan siap 100 persen.
 
Bentuk persiapan yang telah dilakukan, jauh sebelum pelaksanaan UN dilaksanakan ke tiga sekolah itu sudah melakukan beberapa kali kegiatan Try Out. Dalam Try Out itu peserta UN melakukan simulasi mengisi soal UN selayaknya menjalankan UN sesungguhnya, karena soal Try Out telah disiapkan langsung oleh Kemendikbud.
 
"Selain melakukan uji coba mengisi soal UN menggunakan sistem Online, kami juga memastikan kesiapan komputer dan komputer cadangan, server serta jaringan internet. Mudah-mudahan komputer, server dan jaringan internet tidak bermasalah pada saat dilaksanakannya UN besok, Senin (13/4). Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan, kita sudah menyiapkan teknisi dimasing-masing sekolah peserta UN Online. Selain itu, Disdik Dumai juga sudah melayangkan surat kepada PLN Rayon Dumai agar tidak melakukan pemadaman listrik secara mendadak pada saat sekolah sedang melaksanakan UN,"kata Sugeng Purnomo.
 
Terkait soal UN sistem Online, Sugeng menambahkan bahwa soal akan diunduh beberapa menit sebelum UN dimulai. Dan untuk menjaga kerahasiaan soal, soal hanya bisa diunduh dan dibuka oleh operator yang memegang token dari Kemendikbud dimasing-masing sekolah. 
  
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bahwa UN untuk tingkat SMA sederajat di Kota Dumai diiikuti sebanyak 22 sekolah dan 9 SMK. Jumlah peserta UN tingkat SMA sebanyak 1.958 siswa, tingkat Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 235 siswa, dan SMK 1.645 siswa.
 
Dari 9 SMK yang ada di Kota Dumai, Tiga diantaranya akan mengikuti UN dengan sistem CBT. Untuk SMKN 1 Dumai akan mengikuti 319 siswa, SMK Taruna Persada 284 siswa, dan SMK Erna 199 siswa. (sri). 
Share
Berita Terkait
  • 23 jam lalu

    Pimpinan DPRD Inhu Suwardi Ritonga Peduli Bantu Korban Kebakaran di Desa Sungai Akar

    RIAUONE, Inhu - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), H. Suwardi Ritonga SE  mengunjungi warga yang mendapat musibah kebakaran rum

  • 2 minggu lalu

    Sulit-nya Membayar Pajak PBB di Negeri-ku

    DUMAI, - Adalah Heni (29), salah satu rakyat jelata yang ikut antrian bayar pajak bumi dan bangunan (PBB) di Bank Riau Kepri Dumai, lama menunggu Heni pun bertanya ke petugas. "

  • 2 minggu lalu

    Greenpeace: Para Pemasok Asia Pulp & Paper Masih Buka Gambut dan Bikin Kanal

    LINGKUNGAN, NASIONAL, - PT Bumi Mekar Hijau (BMH), PT Bumi Andalas Permai (BAP) dan PT Arara Abadi (Arara), perusahaan pemasok maupun anak usaha Asia Pulp and Paper, Sinar Mas G

  • 2 minggu lalu

    Plt Gubernur Isdianto Ajak Anak Disiplin dan Bersabar

    KEPRI, PROVINSI, - Plt Gubernur Kepri H. Isdianto mengajak anak-anak Kepri untuk bersama-sama displin terhadap protokol kesehatan. Seperti rajin mencuci tangan setelah beraktivi

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.