Selasa, 07 Februari 2017 07:00:00

2017, Kuota Haji Rohul Bertambah Jadi 502 Jemaah

JCH rohul
PASIRPANGARAIAN, - Pada tahun 2017 ini, jumlah kuota haji bagi masyarakat Rokan Hulu bertambah dari 350 CJH menjadi 502 JCH. Hanya saja pada tahun ini, CJH diwajibkan untuk mengurus sendiri paspor haji-nya ke kantor Imigrasi Pekanbaru.
 
Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Rokan Hulu, Zulkifli Syarif menegaskan, mulai tahun 2017 untuk pengurusan paspor para Jemaah Calon Haji (JCH) akan diurus sendiri oleh para JCH.
 
“Jadi ada perbedaan untuk pelaksanaan jemaah haji tahun 2016 dengan 2017 ini, karena sekarang pengurusan paspor para JCH dilakukan pengurusannya sendiri ke Imigrasi Kota Pekanbaru, tanpa melalui Kemenag Rohul lagi,” tegas Plt Kekankemenag Rohul di kantornya, Senin (06/02).
 
Zulkifli menambahkan, perubahan tersebut dilakukan karena menghindari adanya pungutan ataupun biaya tambahan di luar ketentuan yang sudah disepakati
 
“Selain itu, kita juga menghindari adanya anggapan masyarakat terkait pungutan liar (pungli), bila mengurus sendirian maka kita terbebas dari permasalahan pungli serta anggapan lain sebagainya,” terang Zulkifli.
 
Dijelaskannya lagi, untuk pengumpulan paspor sendiri nantinya dilakukan melalui kantor Urusan Agama (KUA) masing-masing Kecamatan, setelah itu dikumpulkan secara keseluruhan di Kemenag Rohul, paling lama pengumpulan pasppor 15 Maret 2017 mendatang.
 
Dari 502 jamaah tersebut terdiri dari 457 yang berhak lunas, cadangan 17 orang, 28 jemaah yang sudah haji dengan kuota saat ini, sehingga JCH Rohul sudah cukup untuk menjadi 1 kelompok terbang (kloter). Saat ini, sedang berlangsung proses cek kesehatan, bagi para JCH di Rumah Sakit Umum Daerah Rohul. Setelah seluruh JCH mengikuti tes Kesehatan di RSUD, selanjutnya para JCH juga akan mengikuti cek kesehatan lanjutan di masing-masing Kecamatan JCH, pada tanggal 13 hingga 25 Februari 2017 mendatang.
 
Bahkan pada tahun ini, para JCH Riau termasuk Rohul nantinya akan diberangkatkan melalui Emberkasi Antara. Para JCH Rohul tidak langsung diberangkatkan ke Batam, melainkan ke Kota Pekanbaru‎, selanjutnya ke Batam tanpa menginap di Asrama dan lanjut berangkat ke Madina. dilansir detakriau.
 
“Para JCH Rohul tidak lagi dari Bandara Tuanku Tambusai, Pasir Pangaraian. Namaun JCH akan diangkut dengan menggunakan bus ke Pekanbaru,‎ selanjutnya ke Batam dan langsung ke Madinah," terangnya lagi. (*).
Share
Berita Terkait
  • 7 tahun lalu

    GM PLN Wilayah Riau Dan Kepri Silahturahmi Dan Buka Komunikasi Dengan Masyarakat Ujung Batu

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - General Manager PLN Wilayah Riau dan Kepri M. Irwansyah Putra Hadir dalam Acara Berbuka Puasa bersama Dengan Tokoh Masyarakat Ujung Batu, dan Anak
  • 8 tahun lalu

    Tambahan Kuota Haji Dibagi Secara Proporsional

    JAKARTA,--- Kuota haji Indonesia tahun ini kembali normal. Setelah sejak tahun 2013 dipotong 20% sehingga hanya 168.800, mulai tahun ini kuota haji Indonesia menjadi 211.00
  • 8 tahun lalu

    Menag: Prioritas Kuota untuk yang Belum Pernah Berhaji

    NUSANTARA, - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa kuota haji Indonesia tahun 2017 adalah 221 ribu jamaah. Ada kenaikan kuota yang cukup signifikan di tahun ini, yai
  • 8 tahun lalu

    Kuota haji RI 2017 naik sebesar 52.000 orang

    JAKARTA, - Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta, Rabu, menyampaikan kuota haji RI 2017 naik 52.000 dari 168.800 pada 2016 menjadi 221.000 orang.
    <
  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2024 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.Jasa SEO SMM Panel Buy Instagram Verification Instagram Verified