• Home
  • Riau Raya
  • APBD 2014 belum Disahkan, Konsekwensinya Dumai Bakal Kehilangan DAU
Sabtu, 25 Januari 2014 13:06:00

APBD 2014 belum Disahkan, Konsekwensinya Dumai Bakal Kehilangan DAU

riauone.com, Dumai, Riau - Kota Dumai hampir bisa dipastikan bakal kehilangan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2014 dari Kementrian Keuangan RI. Pasalnya, hingga pekan ke-4 Januari 2014, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Dumai tahun 2014 belum juga disahkan. Faktanya hingga hari ini, RAPBD Dumai tahun 2014 belum diserahkan Wali Kota Dumai kepada DPRD Kota Dumai untuk dibahas bersama.
 
Selain Kota Dumai, enam daerah lainnya, yaitu Kota Pekanbaru, Bengkalis, Meranti, Indragiri Hilir, Rokan Hulu, dan Rokan Hilir, juga terancam tidak menerima DAU. Pasalnya, Kementrian Keuangan RI memberikan tenggat waktu akhir Januari 2014 agar masing-masing daerah menyerahkan hasil evaluasi APBD-nya.
 
“Tujuh daerah di Riau belum menyerahkan RAPBD yang telah disetujui untuk dievaluasi oleh Gubernur Riau. Jika lambat menyerahkan dikhawatirkan evaluasi APBD oleh gubernur juga akan lambat. Akibatnya, bisa saja tujuh kabupaten/kota tersebut tidak mendapatkan DAU , karena Kemenkeu memberikan tenggat waktu hingga akhir Januari ini,” kata Hardy Djamaluddin, Asisten III Setdaprov Riau, kemarin. 
 
Menurutnya, keterlambatan pengesahan APBD akan merugikan daerah yang bersangkutan. Tidak hanya kehilangan insentif dari pemerintah pusat, tapi justru terancam kehilangan DAU. Pemerintah pusat jauh-jauh hari sudah mengingatkan daerah agar melakukan pengesahan APBD sesuai jadwal tahun anggaran. Bagi mereka yang berhasil mengesahkan APBD sesuai waktu dijanjikan mendapat insentif. Sebaliknya, jika telat dari batas waktu yang diberikan, pemerintah mengancam tidak akan memberikan DAU. 
 
Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Kota Dumai Zainal Abidin mengatakan pihaknya memprediksi pengesahan APBD Dumai tahun 2014 bakal terlaksana bulan Februari nanti. Padahal, jauh-jauh hari pihak legislatif dan eksekutif sesumbar bahwa pengesahan APBD Dumai tahun 2014 bakal dilaksanakan Desember 2013. Buktinya hingga hari ini, Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Penggunaan Anggaran Sementara (PPAS) Dumai tahun 2014 juga belum disepakati.(dzc/roc)
Share
Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Ada-ada Saja, Gegara Cuti Hamil, Mantan Guru Bahasa Inggris Ini Jadi Miliarder di Rusia

    DUNIA, INSPIRASI, - Kisah inspiratif kali ini datang dari seorang perempuan berdarah Rusia, Tatyana Bakalchuk (44). Ia merupakan sosok pengusaha sukses.

    Namanya tercatat m

  • satu bulan lalu

    dr Zaidul Akbar : Tinggalkan yang 4, Nasi, Minyak Sawit, Tepung dan Susu olahan

    RIAU, DUMAI, - dr Zaidul Akbar mulai Senin 13/01/2020 kemarin berkunjung ke Kota Dumai Riau, sampai di Kota Dumai pada malam-nya langsung mengisi kajian ba'da magrib di Mas

  • satu bulan lalu

    Mutasi, Walikota Dumai Ganti Kadiskes dengan Basic Kesehatan dengan non Kesehatan?

    DUMAI, - Walikota Dumai Zulkifli Adnan Singkah belum lama ini melakukan mutasi pejabat eselon IV, III, II, dalam pelantikan itu jabatan Kepala Dinas Kesehatan yang sebelum-nya d

  • 2 bulan lalu

    Pastikan Kesiapan dan optimalisasi Lifting Akhir 2019, SKK Migas Kunker dan pengawasan lifting Migas ke Dumai

    NASIONAL, DUMAI, - Dalam rangka memastikan Kesiapan dan optimalisasi Lifting Akhir Tahun 2019, Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman melaksanakan kunjungan kerja dan pen

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.