• Home
  • Riau Raya
  • APBD 2014 belum Disahkan, Konsekwensinya Dumai Bakal Kehilangan DAU
Sabtu, 25 Januari 2014 13:06:00

APBD 2014 belum Disahkan, Konsekwensinya Dumai Bakal Kehilangan DAU

riauone.com, Dumai, Riau - Kota Dumai hampir bisa dipastikan bakal kehilangan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2014 dari Kementrian Keuangan RI. Pasalnya, hingga pekan ke-4 Januari 2014, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Dumai tahun 2014 belum juga disahkan. Faktanya hingga hari ini, RAPBD Dumai tahun 2014 belum diserahkan Wali Kota Dumai kepada DPRD Kota Dumai untuk dibahas bersama.
 
Selain Kota Dumai, enam daerah lainnya, yaitu Kota Pekanbaru, Bengkalis, Meranti, Indragiri Hilir, Rokan Hulu, dan Rokan Hilir, juga terancam tidak menerima DAU. Pasalnya, Kementrian Keuangan RI memberikan tenggat waktu akhir Januari 2014 agar masing-masing daerah menyerahkan hasil evaluasi APBD-nya.
 
“Tujuh daerah di Riau belum menyerahkan RAPBD yang telah disetujui untuk dievaluasi oleh Gubernur Riau. Jika lambat menyerahkan dikhawatirkan evaluasi APBD oleh gubernur juga akan lambat. Akibatnya, bisa saja tujuh kabupaten/kota tersebut tidak mendapatkan DAU , karena Kemenkeu memberikan tenggat waktu hingga akhir Januari ini,” kata Hardy Djamaluddin, Asisten III Setdaprov Riau, kemarin. 
 
Menurutnya, keterlambatan pengesahan APBD akan merugikan daerah yang bersangkutan. Tidak hanya kehilangan insentif dari pemerintah pusat, tapi justru terancam kehilangan DAU. Pemerintah pusat jauh-jauh hari sudah mengingatkan daerah agar melakukan pengesahan APBD sesuai jadwal tahun anggaran. Bagi mereka yang berhasil mengesahkan APBD sesuai waktu dijanjikan mendapat insentif. Sebaliknya, jika telat dari batas waktu yang diberikan, pemerintah mengancam tidak akan memberikan DAU. 
 
Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Kota Dumai Zainal Abidin mengatakan pihaknya memprediksi pengesahan APBD Dumai tahun 2014 bakal terlaksana bulan Februari nanti. Padahal, jauh-jauh hari pihak legislatif dan eksekutif sesumbar bahwa pengesahan APBD Dumai tahun 2014 bakal dilaksanakan Desember 2013. Buktinya hingga hari ini, Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Penggunaan Anggaran Sementara (PPAS) Dumai tahun 2014 juga belum disepakati.(dzc/roc)
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Kadin Dumai Sampaikan Nasib Pengusaha Lokal ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha

    DUMAI - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Dumai menyambangi Kantor Wilayah I Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Medan di Pekanbaru. Dalam kunjungan tersebut, Kadin Dum

  • 2 bulan lalu

    Tapi Status-nya Tersangka? Usai Diperiksa KPK, Wali Kota Dumai Tak Ditahan

    NASIONAL, -  Wali Kota Dumai Zulkifli Adnan Singkah selesai diperiksa KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap usulan Dana Alokasi Khusus (DAK). Namun Zulkifli tidak ditahan

  • 2 bulan lalu

    KPK Periksa Wako Dumai Zul As sebagai Tersangka, Saksi-saksi, Syaari Kadisdik, Vera, Riki, Tugiyat

    NASIONAL, - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat memanggil Wali Kota Dumai Zulkifli Adnan Singkah (ZAS) dalam penyidikan kasus suap terkait pengurusan Dana Alokasi Khus

  • 2 bulan lalu

    Kandungan Daun kelor 7x vitamin C pada jeruk 4x calcium pada susu dan...

    KESEHATAN, -Daun Kelor mempunyai kandungan 7x vitamin C pada jeruk 4x calcium pada susu, 4x vitamin A pada wortel, 2x protein pada susu, 3x potasium pada pisang.

    Resep, Ba

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.