• Home
  • Riau Raya
  • Ada Proyek Siluman di Dayun Siak Sedang Dikerjakan
Jumat, 16 Juli 2021 17:03:00

Ada Proyek Siluman di Dayun Siak Sedang Dikerjakan

RIAUONE.COM,SIAK: Pembangunan semenisasi di Desa Merangkai Kecamatan Dayun, Siak, bisa dikatakan sebagai proyek siluman, bagaimana tidak, dilokasi proyek tak tampak  papan nama proyek sebagai salah satu syarat utama pembangunan proyek dengan menggunakan anggaran Negara. 


Pantauan jurnalis Riauone saat berada dilokasi pembangunan semenisasi tidak terlihat papan plang nama kegiatan proyek itu, dan sedang dikerjakan, Jum'at (16/7/2021).


Proyek siluman tak mengunakan plang nama tersebut berada di jalan lingkungan Rt 05 Rw06 Dusun Pinang Muda, Desa/Kamapung Merangkai. Diduga pekerjaan proyek melanggar undang undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (KIP) dan tidak transparan mengunakan dana negara.


Bahwasanya, proyek semenisasi yang sekarang masih baru dikerjakan itu wajib mengunakan papan informasi atau plang proyek tersebut, untuk mudah di awasi oleh masyarakat setempat, dan melihat proyek bersumber dari dana mana.


Pemerintah Desa/Kampung harus memahami undang undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik KIP, semua masyarakat berhak tahu karena dana bersumber dari uang pajak rakyat, dan kembali untuk rakyat.


Temuan dilapangan dengan tidak adanya proyek tanpa papan nama sudah melanggar Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana pembinaan pekerjaan setiap bangunan yang dibiayai negara wajib mengatur nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau pekerjaan.


Seharus pendirian plang proyek wajib didirikan atau dipasang sebelum proyek dikerjakan.


Sabar selaku Sekretaris Desa/Kampung Merangkai saat dikonfirmasi ia mengatakan, papan plang  proyek sudah dipesan di percetakan Rona Pelangi, proses antri karena banyaknya pesanan di percetakan itu.



"Udah di pesan di percetakan Rona Pelangi, namun masih antri, biasanya pemilik percetakan telp jika pesanan sudah selesai di cetak," sebut Sekretaris Sabar.



Laporan: Masroni


Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.