• Home
  • Riau Raya
  • Asap mulai Selimuti Riau, Kapolda Riau Siap Laksanakan Arahan Presiden Untuk Pengendalian Karhutla
Selasa, 23 Februari 2021 10:34:00

Asap mulai Selimuti Riau, Kapolda Riau Siap Laksanakan Arahan Presiden Untuk Pengendalian Karhutla

RIAU, - Usai mengikuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)  yang berlangsung di Istana Negara pada  Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Effendi bergerak untuk  menindaklanjutinya ke lapangan.

Kapolda Riau menjelaskan, beberapa pointers arahan presiden yang harus segera dilaksanakan untuk mengantisipasi dan mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)  di wilayah hukumnya.

"Bapak Presiden telah memberikan pengarahan dan penekanan kepada kita semua untuk kita harus memprioritaskan upaya pencegahan dan tidak terlambat dalam menangani titik api, itu penekanan pertama arahan Bapak Presiden," terang Irjen Agung Senin (22/2/2021), 

Pucuk pimpinan Polri di Riau menjelaskan, presiden memint manajemen pelaporan titik api agar terkordinasi semua pihak. Caranya dengan mengupdate kondisi harian dengan memanfaatkan tehnologi.

Untuk pengantisipasi Karhutla, harus melibatkan para Bhabinkamtibmas, Babinsa dan masyarakat peduli api.  Karena penyebab utama Karhutla adalah faktor manusia dengan motif ekonomi.

Penataan ekosistem gambut agar tetap dilakukan dengan menjaga tinggi permukaan air gambut.

"Arahan presiden jangan membiarkan api membesar, jangan terlambat memadamkan, agar direspon dengan cepat.," tukasnya.

Penggunaan water boombing (bom air) lanjutnya hanya bila api sudah besar dan tidak terkendali, karena mengoperasionalkan water boombing memerlukan biaya besar.

"Penegakan hukum pelaku karhutla dilakukan tanpa kompromi. Kita akan langsung tancap gas dengan berkoordinasi dan bersinergi dengan semua pihak dan lebih memaksimalkan lagi penggunaan aplikasi, dalam hal ini aplikasi Dashboard Lancang Kuning yang telah menjadi Aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara sebagai alat yang efektif mendeteksi secara akurat dan secara dini sehingga akan memudahkan kita dalam mengelola dan mengendalikan Karhutla sebagaimana arahan dan penekanan presiden," tutup Agung. (mcr/bu).

Share
Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Langit Biru Siak Mulai Dihiasi Asap Karhutla, Api Agak Sulit di Padamkan

    RIAUONE.COM, SIAK - Langit biru negeri istana mulai berlahan dihiasi asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Seluas 2 hektare lahan gambut di

  • tahun lalu

    Kabut Asap Parah tapi Pemprov Riau Tolak Bantuan Satgas Karhutla dari Gubernur DKI Jakarta

    NASIONAL, - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger menyebut, pihaknya tidak membutuhkan bantuan personel pemadam dari Pemprov DKI Jakarta.

    Ala

  • tahun lalu

    PM Malaysia Datok Mahathir Bingung RI Tolak Bantuan Malaysia Atasi Kabut Asap, ada apa dengan Jowi?

    LUARNEGERI, - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengaku heran mengapa pemerintah Indonesia menolak bantuan Malaysia untuk menyelesaikan permasalahan kebakaran hutan dan

  • tahun lalu

    Sebab Kebakaran Hutan "Ada Cukong Oknum Pengusaha Membayar Masyarakat Untuk Bakar Lahan"

    NASIONAL, -  Kebakaran hutan terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini menyebabkan kabut asap hingga berujung kepada banyak kerugian, seperti kesehatan, sosial, ekolog

  • Komentar
    Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.