• Home
  • Riau Raya
  • BPBD Inhil Tinjau Kesiapan Penanggulangan Karlahut PT. SRL
Selasa, 06 Agustus 2019 08:27:00

BPBD Inhil Tinjau Kesiapan Penanggulangan Karlahut PT. SRL

Kepala BPBD Inhil Yusfik Tinjau Kesiapan Peralatan Penanggulangan Karlahut PT SRL

RIAUONE.COM, TEMBILAHAN- Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hilirl melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), bersama TNI/Polri, Aparat Kecamatan meninjau kesiapan pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) PT Sumatera Riang Lestari (SRL) Sektor VI Bayas Kecamatan Kempas, Senin, (5/8/2019).

Peninjauan ini merupakan bentuk respon meningkatnya keberadaan titik-titik panas, kebakaran hutan dan lahan gambut di berbagai tempat di Riau dan khususnya di Indragiri Hilir (Inhil) dalam sepekan ini.

Kepala BPBD Inhil, Yusfik, sangat mengapresiasi kesiapan penanggulangan Karlahut PT SRL. Dari sisi kesiapan dan kelengkapan peralatan, ia mengakui  PT SRL memiliki peralatan mesin pemadam api yang lebih baik dari pada BPBD. 

"Saya melihat tadi mesin yang dimiliki PT SRL kualitas jangkauannya di atas 1 kilometer. Saya yakin dan percaya dengan peralatan yang di miliki perusahaan, kebakaran hutan bisa cepat teratasi," ujar Yusfik, kepada awak media usai meninjau kesiapan penanggulangan Karlahut PT SRL.

Dalam upaya mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan, PT SRL menyiapkan 19 unit mesin pompa yang terdiri dari  pompa induk 4 unit, pompa apung 6 unit dan pompa jinjing 9 unit. Tidak hanya itu, perusahaan juga memiliki menara api dan CCTV sebagai upaya deteksi dini untuk memantau terjadinya asap.

"Semua upaya ini dilakukan merujuk dari Peraturan Menteri LHK No. 32 tahun 2016," kata Saut Sihotang, Komanadan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan PT SRL.

Selain itu, kata Saut, pihak perusahaan juga menyiapkan 10 posko siaga kebakaran yang ditempatkan di titik-titik rawan kebakaran, baik di konsesi maupun di luar konsesi PT SRL. 

"Di sepuluh posko ini ditempati 45 orang tim inti yang sudah terlatih," tutupnya.(san)

Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.