• Home
  • Riau Raya
  • Beredar Informasi Pasien Positip Covid-19 Di Puskesmas Sedinginan
Sabtu, 12 September 2020 10:13:00

Beredar Informasi Pasien Positip Covid-19 Di Puskesmas Sedinginan

Puskesmas Sedinginan

ROHIL, Ujung Tanjung, - Terkait Hasil Test Swab Oknum Security Pengadilan Negeri Rokan Hilir Negatif Covid-19 dari RSUD DR RM. Pratomo Bagansiapi-api yang di uji  Laboratarium Rumah Sakit Arifin Achmad Pekanbaru membuat lega Pihak Pengadilan Negeri Rokan Hilir dan Warga Kecamatan Tanah Putih serta para Awak Media liputan Ujung Tanjung.

Pasalnya, sempat beredar data dimedia sosial (Medsos) pada rabu (22/4) sekira pukul 15.20 wib dari Satgat Covid-19 Kecamatan Bangko telah tiba pasien dalam pengawasan di RSUD DR. RM. Pratomo Bagansiapiapi yang dinyatakan Positif dari Hasil Rapid Test yang dilaksanakan oleh Puskesmas Sedinginan di Kantor Pengadilan Negeri Rokan Hilir.

Mendengar kabar yang beredar tersebut membuat warga panik dan ketakutan.salah satunya dialami oleh Hendri Roi (55) Warga Menggala Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir yang bertepatan pada saat itu melihat sidang pidana di Pengadilan Negeri Rokan Hilir, Rabu (22/4) sekira pukul 16.00 Wib 

" Mendengar kabar bahwa oknum security pengadilan negeri rokan hilir positip covid-19  hasil rapid test puskesmas sedinginan. Sempat panik dan hilang akal. Sampai pulang kerumah pun, istri menyuruh tidak boleh masuk ke rumah lalu menyiram air sabun keseluruh badan saya.terlalu cepat informasi beredar dikalangan masyarakat, Alhamdulilah sekarang sudah lega tau hasilnya Negatif Covid-19." Kata Hendri Roi kepada awak media .Sabtu (2/5).

Dijelaskannya, sangat disayangkan atas beredarnya data dari Satgas Penanggulangan Covid-19 Kecamatan Bangko yang secara resmi belum diumumkan dari pihak rumah sakit melalui Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Rokan Hilir sudah beredar dimedia sosial. Seolah-olah ada kesengajaan penyebar informasi data sementara.

Hal semacam ini perlu diusut tuntas pihak berwajib, atas penyebaran data sementara (rahasia) dari Satgas Covid-19 Kecamatan Bangko. Sehingga masyarakat tidak menimbulkan kegaduhan, kepanikan dan kerugian bagi orang lain terhadap hal belum bisa dipastikan kebenarannya, apalagi kasus ini kasus dunia jangan anggap selepe lah menyebarkan informasi yang belum seratus persen kepublik. Jelasnya Hendri Roi

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Rokan Hilir Ahmad Yusuf saat dikonfirmasi awak media melalui Pesan singkat ke whatshap pribadinya, Kamis (23/4) menerangkan pada scrining awal yang dilakukan puskesmas sedinginan hasil RDT nya positif. sesuai dengan tata laksananya puskesmas merujuk ke RSUD DR RM Pratomo untuk dilakukan PCR atau pengambilan swab. RDT atau rapid test juga dilakukan ulang di RSUD RM Pratomo dan hasil nya negatif. meskipun demikan tetap di isolasi di rumah sakit sampai menunggu hasil swabnya dikeluarkan oleh laboratorium Rumah Sakit Arifin Achmad pekanbaru.

Ditambahkan, makanya kita kan sebenarnya sudah sepakat kita akan sampaikan semua info pada saat expose baik secara langsung maupun melalui media. kasus ini kan belum kita terlaporkan ke gugus tugas pada saat kita expose kemaren. baru terkonfirmasi kasus ini setelah kita expose yang seharusnya kita jelaskan pada saat kita expose nanti. 

" Ya, sudah pulang. hasil swab terkonfirmasi negatif. dari jumlah PDP kita secara komulatif semuanya hasil swab sampai ini negatif. yang bersangkutan warga desa rantau bais kecamatan tanah putih.

dalam laporan karena kita berdasarkan wilayah kerja puskesmas. maka data tersebut bersumber dari puskesmas sedinginan. sebenarnya kita tidak boleh mencantumkan identitas pasien untuk konsumsi publik." Jelasnya melalui pesan singkat juru bicara satgas.

Sedangkan Kepala Puskesmas Sedinginan Dr. Eka Syarifdilla saat dikonfirmasi awak media melalui pesan singkat ke whatshap pribadinya (1/5) tentang laporan penyampaian awal ke Satgas Covid-19 Kecamatan Bangko sempat dibacanya dan belum ada jawaban keawak media terkait hal itu sampai-sampainya memblokir hp awak media untuk tidak bisa dihubungi. (mr/*).


Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.