• Home
  • Riau Raya
  • Berkat WTP 9 OPD Kuansing terima Insentif Milyaran Rupiah, Bupati: ikuti Petunjuk Penggunaan Anggaran
Selasa, 18 Juni 2019 16:25:00

Berkat WTP 9 OPD Kuansing terima Insentif Milyaran Rupiah, Bupati: ikuti Petunjuk Penggunaan Anggaran

KUANSING RIAUONE.COM,- Sebuah Kemajuan dan prestasi bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Kuansing yang berhasil memperoleh Dana Insentif Daerah (DID) yang di berikan oleh Kementrian Keuangan RI sebesar Rp22 M.

Insentif ini diberikan atas capaian kinerja Pemda Kuansing sesuai indikator yang ditetapkan diantaranya, penyusunan   APBD dan APBD - P yang tepat waktu, serta laporan keuangan yang mendapat Penilaian Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP).

Hal tersebut disampaikan Sekda Kuansing H Dianto Mampanini dalam acara  rapat evaluasi Progres Penyerapan Anggaran Perbelanjaan Daerah tahun 2019 di ruang Multi media  Selasa ( 17/6/2019).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kuansing H Mursini, Sekda Dianto Mampanini, Kepala OPD, Asisten, staf ahli dan camat dilingkungan Pemerintah Daerah Kuansing.

Insentif yang diberikan oleh Kementerian Keuangan tersebut kata Sekda, hanya di terima oleh  daerah - daerah yang memenuhi seluruh indikator tersebut. DID tersebut merupakan reword kepada Pemkab Kuansing dan kita akan pergunakan  untuk mendukukung program peningkatan perekonomian masyarakat, kesehatan, pendidikan, pertanian  serta kegiatan infrastruktur," jelasnya.

Dari total insentif  Rp22 milyar tersebut, kata sekda ada 9 Organisasi Perangkat Daerah yang menerima antara lain : Dinas Pengendalian Penduduk , keluarga berencana dan perlindungan anak dengan menerima anggaran Rp. 1.986. 520.000 dengan kegiatan, Pelatihan model desa prima, Pemberdayaan PKK Kuantan Singingi.

Selanjutnya Dinas Pertanian dengan menerima anggaran Rp2.872.692.000, kegiatan sebagai berikut, Pekan Daerah Kontak Tani nelayan Andalan ( PEDA- KTNA ), Pengembangan & rehap pertanian lanting, Pembibitan dan perawatan ternak, pengembangan usaha sapi potong. Kemudian Dinas Perikanan dan ketahanan pangan menerima anggaran  Rp. 197.250.000 dengan kegiatan - sarana dan prasarana pendukung pengembangan kawasan mina perikanan.

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan keolahragaan menerima anggaran Rp. 1.883.000.000 dengan kegiatan, memberikan tunjangan tenaga pendidikan PAUD ( TK, KB, play group ). Dinas PUPR Kuansing Rp. 9.896.000 dengan kegiatan, Peningkatan jalan sentajo-  muara Langsat, Peningkatan jalan rambahan- rambahan, peningkatan jalan mudik ulo- sumpu, peningkatan jalan manggis kelurahan sinambek sei.jering.

Selain itu Dinas perumahan kawasan pemukiman dan pertanahan menerima Rp636.300.000 dengan kegiatan,  pembangunan rumah sederhana layak huni ( RSLH ) dan peningkatan jalan lingkar desa menuju pusjesmas, pembangunan drainase desa kebun lado. Dinas Koperasi perdagangan dan industri Rp3.003.710.000

Dengan kegiatan Pembangunan, revitalisasi/ renovasi dan rehabilitasi pasar kecamatan / desa, peraturan untuk informasi harga dan Penyaluran kebutuhan bahan pokok. Dinas kesehatan Rp. 52. 680.000 dengan kegiatan imunisasi bayi, balita, bumil , WUS dan ana sekolah. Dinas Kominfo Rp. 392.200.000 dengan kegiatan pengadaan alat pelayanan informasi publik.

Pada kesempatan itu, Bupati Kuansing H Mursini berharap kepada OPD yang menerima reword agar kinerja yang baik dengan opini WTP dapat dilanjutkan,  penyusunan APBD dan APBD- P berharap tepat waktu.

Terakhir H Mursini menghimbau kepada OPD agar mengikuti petunjuk penggunaan dan pelaporan DID sesuai ketentuan dan  secara umum kepada seluruh OPD agar terus meningkatkan kinerjanya, sebut sekda. (ijk)

Share
Loading...
Komentar

Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.