• Home
  • Riau Raya
  • Besok Selasa Penetapan Caleg Terpilih DPRD Indragiri Hulu
Senin, 12 Mei 2014 01:54:00

Besok Selasa Penetapan Caleg Terpilih DPRD Indragiri Hulu

riauone.com, rengat, ROC – Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten akan menggelar  rapat pleno rekapitulasi penetapan kursi dan calon anggota DPRD Inhu terpilih pada besok  Selasa (13/5).
        
Demikian diungkapkan Ketua KPUD Inhu Muhammad Amin SE dihubungi Senin (12/5) di Rengat. Dikatakan, sesuai jadwal tahapan rekapitulasi penetapan kursi dan anggota legislatif kabupaten/kota terpilih yakni dari tanggal 11 hingga 13 Mei.
 
Pelaksanaan pleno rekapitulasi penetapan kursi dan calon terpilih mengacu kepada Peraturan KPU Nomor 21 tahun 2013 tentang tahapan, program dan jadwal peyenggaraan Pemilu 2014.
 
Dengan dasar itu pula, saksi partai politik (parpol), Panwaslu, serta undangan lainnya untuk mengikuti rapat pleno pada pekan mendatang di Gedung Gerbangsari komplek Kantor Bupati Inhu.
 
Melalui rapat pleno tersebut sambungnya, untuk menetapkan calon terpilih yang akan mengisi 40 kursi yang tersedia di DPRD Kabupaten Inhu yang mengacu kepada hasil rekapitulasi pada tanggal 21 April lalu.“Pleno kali ini sebagai tindak lanjut dari rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat kabupaten,” ungkapnya.
 
Pada pelaksanaan pleno rekapitusai itu, tahapan awal untuk menentukan bilangan pembagi pemilih (BPP) per daerah pemilihan (Dapil). Kemudian dilanjutkan dengan perengkingan jumlah suara pemilih Parpol hingga suara caleg terpilih berdasarkan suara terbanyak.
 
Setelah diperoleh nama calon suara terbanyak sesuai dengan peringkatnya, maka sebanyak 40 orang itu yang akan ditetapkan sebagai anggota DPRD Inhu periode 2014 – 2019. “Sebanyak 40 orang calon tersebut akan dituangkan dalam berita acara,” sebutnya.
 
Lebih jauh disampaikan, berita acara tersebut disampaikan paling lambat 14 hari setelah pleno kepada pengurus Parpol, calon terpilih dan pimpinan DPRD Inhu. Sehingga berdasarkan berita acara itu pimpinan DPRD dapat menjadwalkan pelantikan dan pleno penetapan jumlah kursi dan caleg terpilih ini merupakan pekerjaan terakhir KPU untuk Pemilu Legislatif.
 
Dalam pada itu Kapolres Inhu AKBP Aris Prasetyo Indaryanto Sik mengatakan, pihaknya akan menurunkan anggota polisi di tempat rapat pleno KPUD Inhu. Hal ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diingini. “Sampai saat ini usai pelaksanaan Pileg di Inhu dalam keadaan aman dan kondusif,”ujar Kapolres saat jumpa pers kemarin di Rengat.(ari)
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Langsung diperiksa Polisi, Caleg PDIP Dewi Tanjung Laporkan Eggi Dugaan kasus Makar dan Uajaran Kebencian

    NASIONAL, - Tak perlu waktu lama bagi polisi Indonesia langsung bekerja, sebelumnya Caleg PDIP Dewi Tanjung pada Rabu (24/4) melaporkan Eggi atas dugaan makar terkait video oras

  • tahun lalu

    LBDH Inhil Dukung Dani 'Nyaleg' ke Provinsi, Iwan Taruna Lanjutkan ke Kabupaten

    RIAUONE.COM, TEMBILAHAN - DPW Laskar Banjar Dalas Hanget (LBDH) Kabupaten Indragiri Hilir mendukung sepenuhnya H Dani M Nursalam sebagai Calon Legislatif (Caleg) Provinsi R
  • tahun lalu

    Sebanyak 639 Caleg dari 16 Partai Resmi Mendaftar di KPU Inhil

    RIAUONE.COM, TEMBILAHAN – Pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) dari masing-masing partai politik (parpol) ke KPU Kabupaten Indragiri Hilir

  • 4 tahun lalu

    DPRD Inhu Umumkan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

    RIAUONE.COM, RENGAT, ROC - DPRD Kabupaten Indragiri Hulu menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka mengumumkan hasil penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.