• Home
  • Riau Raya
  • Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh Canangkan Hari Kesatuan PKK KB KesTingkat Kabupaten Bengkalis
Senin, 08 Desember 2014 21:55:00

Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh Canangkan Hari Kesatuan PKK KB KesTingkat Kabupaten Bengkalis

Bupati H Herliyan Saleh memukul gong ketika mencanangkan Hari Kesatuan PKK KB-Kes tingkat Kabupaten Bengkalis 2014 di Desa Sungai Selari, Kecamatan Bukit Batu, Senin (8/12/2014).
riauonecom, SungaiSelari, Bengkalis, - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh mengatakan, Program Keluarga Berencana (KB) sebagai upaya pengendalian jumlah penduduk bertujuan  agar masyarakat dapat menikmati setiap pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah secara optimal.
 
“Pencapaian pembangunan di bidang apapun kalau jumlah penduduknya terus bertambah, apalagi sampai tidak terkendali, tidak akan memberikan manfaat sebagaimana diharapkan,” jelas Herliyan.
 
Herliyan mengemukakan hal itu ketika mencanangkan Hari Kesatuan PKK KB-Kes tingkat Kabupaten Bengkalis 2014. Pencanangkan kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Sungai Selari, Kecamatan Bukit Batu, Senin (8/12/2014).
 
Karena itu, Herliyan minta Program Keluarga Berencana (KB) di daerah ini kembali digalakkan. Penggarapannya semakin lebih dintensifkan. Apalagi, katanya, Total Fertility Rate (TFR) di Kabupaten Bengkalis saat ini masih tergolong tinggi, yaitu 2,69.
 
Artinya, rata-rata jumlah anak yang dilahirkan oleh seorang wanita sampai dengan akhir masa reproduksinya, atau wanita yang bersusia 15-49 tahun di derah ini, sebanyak 2,69 orang. Sementara secara nasional TFR sudah 2,42.
 
“Lakukan berbagai kegiatan yang terfokus dan terpadu agar laju pertumbuhan penduduk dapat dikendalikan. Tingkatkan kuantitas dan kualitas kesertaan pasangan usia subur dalam ber-KB sehingga setiap tahunnya TFR turun”, pinta Herliyan.
 
Secara khusus permintaan itu disampaikannya kepada Kepala Dinas Kesehatan HM Sukri dan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) H Mustafa. Di Kabupaten Bengkalis, kedua satuan kerja perangkat daerah tersebut memang berkaitan langsung dengan Program KB.
 
Meskipun demikian Herliyan menambahkan, sukses-tidaknya Program KB di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini bukan hanya tanggungjawab pemerintah.
Tetapi juga harus didukung oleh institusi lain.
 
“Dan yang tidak kalah pentingnya harus ada kepedulian dari masyarakat untuk mensukseskan Program KB. Program KB itu merupakan bagian dari upaya untuk mempercepat peningkatan kualitas dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Begitu pula pembangunan di bidang kesehatan dan 10 program pokok PKK”, katanya.
 
Karena itu, Herliyan mengajak seluruh pihak terkait di daerah ini untuk terus dan harus senantiasa membangun kebersamaan, keterpaduan dan kemitraan yang lebih baik. Sehingga Program KB, Kesehatan serta 10 Program Pokok PKK ke depan dapat memberikan sumbangsih yang nyata dalam membangun sumber daya manusia berkualitas di daerah ini.
 
“Mari jadikan Hari Kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes Tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2014 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat dan motivasi dalam mengabdi untuk menyukseskan Program KB sebagai salah satu upaya untuk mempercepat keberhasilan pembangunan SDM yang berkualitas di daerah ini”, ajaknya.
 
Selain mencanangkan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB Kes, pada kesempatan itu Herliyan juga menyerahkan penghargaan dan hadiah kepada pemenang lomba yang diselenggarakan BPPKB. Adapun lomba tersebut diantara lomba Keluarga Balita Ideal dan Lomba Keluarga Harmonis tingkat Kabupaten Bengkalis 2014.
 
Untuk lomba Keluarga Balita Ideal kategori 6 s/d 23 bulan dimenangkan Alfirmansyah (putra pasangan Alfero Yuldan dan Yulia Fitri) dari Kecamatan Bukit Batu sebagai juara pertama. Sedangkan pemenang II dan III diraih Aldi Fahreza (Heriyanto dan Rundewi) dari Kecamatan Pinggir dan Nursalsabila (Antoni dan Yusni) dari Kecamatan Bengkalis.
 
Sedangkan untuk lomba Keluarga Balita Ideal  kategori 24 s/d 60 bulan, pemenang pertama diraih Mustika Sarah  (Ari Mustika dan Zefri Triana) dari Kecamatan Mandau. Sementara pemenang II dan III diraih Nurhardilla (Kaharudin dan Ratna Dewi) dari Kecamatan Rupat Utara, serta Azkia Ayatul Husna (Irmaldi dan Surya Martini) dari Kecamatan Pinggir.
 
Sementara untuk lomba Keluarga Harmonis pasangan Kusni dan Satini dari Desa Resam Lapis, Kecamatan Bantan, terpilih sebagai pemenang pertama. Sedangkan pemenang II diraih pasangan Tukijo dan Sugi dari  Pematang Pudu, Kecamatan Mandau. Adapun pemenang III diraih pasangan Syamsuddin dan Fatimah dari Kelurahan Batu Panjang, Kecamatan Rupat. (zar/hms)
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    DPR RI : Dalam RKA ada Insesntif Direksi Rp32 M untuk 8 Direksi

    Humas BPJS Bantah Direksi Terima Insentif Rp 342 Juta/Bulan

    NASIONAL, - Komisi IX DPR mempertanyakan perihal dana operasional BPJS Kesehatan yang dipergunakan tidak efisie

  • 2 hari lalu

    BPJS Naik Menkes tak Berdaya karena Kendali dibawah Presiden

    Menkes Terawan Kecewa karena Iuran BPJS Kesehatan Naik

    NASIONAL, - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengaku tidak bisa memegang kendali atas kenaikan tarif iuran BP

  • 4 hari lalu

    Lutfi Disiksa untuk Akui Lempar Batu, Si Pembawa Bendera Mengaku Disetrum dan Dipukul

    "Saya disuruh duduk, terus disetrum, ada setengah jam lah. Saya disuruh ngaku kalau lempar batu ke petugas, padahal saya tidak melempar," ujar Lutfi di hadapan hakim

    NASIO

  • 4 hari lalu

    Iuran BPJS Naik, Dewan Soroti Insentif Rp4, M lebih untuk Direksi BPJS Kesehatan

    NASIONAL, - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyoroti besaran insentif yang dikantongi direksi BPJS Kesehatan di tengah kenaikan iuran peserta yang mulai diberlakukan pada awal ta

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.