• Home
  • Riau Raya
  • Bupati Rezita Akan Bantu Promosi Produksi Aren KTH Binaan Balai TNBT
Selasa, 14 September 2021 07:34:00

Bupati Rezita Akan Bantu Promosi Produksi Aren KTH Binaan Balai TNBT

INHU - Usai membuka dan meninjau kegiatan sunat massal di Kantor Camat Batang Gansal, Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Rezita Meylani Yopi beserta rombongan melanjutkan kegiatan Pembukaan Pelatihan Pengolahan Produksi Aren bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) Bina Lestari Aren binaan Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh di Halaman Kantor Resort Talang Lakat, Rabu (8/9/2021).

Dalam laporan Kepala Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh yang disampaikan oleh Kasubag TU, Azmardi dijelaskan tujuan kegiatan ini yaitu membantu meningkatkan pendapatan masyarakat dengan mengoptimalkan hasil hutan bukan kayu, melestarikan hasil hutan bukan kayu di kawasan TNBT dengan mengoptimalkan peran masyarakat sekitar TNBT dan menciptakan produk unggulan yang berasal dari masyarakat.

Yang menjadi narasumber pada pelatihan pengolahan produksi aren kali ini yakni Ahli Aren di Provinsi Riau, Muhamadun dan Musa Nasution, praktisi sekaligus pengusaha Kopi Nira dari Pelalawan sebagai pembanding dan inspirasi pengolahan Aren.

Pelatihan diikuti oleh 25 orang Warga Desa Talang Lakat yang tergabung dalam KTH Bina Lestari Aren, dengan harapan tercipta produk Nira yang dapat menjadi unggulan Desa Talang Lakat dan menjadi kebanggaan Inhu. Oleh karena itu, Azmardi meminta peran Pemkab Inhu membina dan mendampingi memberdayakan anggota KTH sekitar TNBT.

Dalam sambutannya, Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi atas nama Pemkab Inhu, mengapresiasi inisiatif Balai TNBT yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan tersebut, dan sangat mendukung kegiatan pelatihan ini karena dapat memajukan perekomian masyarakat, mengingat di masa pandemi ini bidang perekonomian masyarakat sangat berdampak.

Selain melakukan pelatihan, Pemkab Inhu juga akan berusaha semaksimal mungkin membantu UMKM seperti olahan Aren ini mulai dari pengolahan, pengemasan dan promosi di rumah produksi yang nantinya akan menjadi pusat oleh-oleh khas Inhu melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Inhu.

Terakhir, Rezita mengajak pihak Balai TNBT dan masyarakat sekitar mempersiapkan destinasi wisata alam untuk menarik wisatawan, karena Kabupaten Indragiri Hulu khususnya sekitar TNBT akan menjadi perlintasan Tol Jambi - Rengat. (HMS/YDH).

Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.