• Home
  • Riau Raya
  • Bupati Rohil Serahkan Bantuan 60 Alat Pertanian dan Hewan Ternak
Minggu, 20 September 2020 06:10:00

Bupati Rohil Serahkan Bantuan 60 Alat Pertanian dan Hewan Ternak

Bupati Panen padi

ROHIL, - Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno menyerahkan bantuan alat mesin pertanian dan sarana produksi dari pemerintah pusat melalui aspirasi anggota DPR RI terdiri dari 60 item diantaranya motor, mesin air, hand traktor, pupuk dan lain-lain kepada 90 kelompok penerima.  

Kemudian bantuan dari APBD Rohil berupa ternak kambing kepada dua kelompok masing-masing menerima tiga ekor. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Suyatno kepada perwakilan masing-masing ketua kelompok. 

Turut mendampingi Bupati, anggota DPRD Rohil Krismanto, Asisten III H Ali Asfar dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Rohil H Rusli Syarif S.Sos.

Dalam arahannya, Bupati Suyatno menyampaikan bahwa pemerintah pusat maupun daerah selalu berusaha memberikan bantuan kepada para petani setiap tahunnya. 

Bantuan pusat yang diberikan juga tidak mudah didapatkan tanpa perjuangan serius dari pemerintah daerah serta doa dari masyarakat Rohil. "Ini berkat kerjasama dan kerja keras kita bersama selama ini dengan anggota DPR RI Fraksi PDIP," kata Suyatno. 

Bantuan ini, sebut dia, dalam rangka mendongkrak ekonomi masyarakat dibidang pertanian dan peternakan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat. Bantuan yang diberikan diharapkan dapat digunakan, dijaga dan dipelihara dengan baik agar dapat bertahan lama.

"Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah pusat yang telah peduli kepada Kabupaten Rokan Hilir. Bantuan ini berdasarkan usulan proposal yang masuk dan ditindaklanjuti sampai ke pusat tidak serta merta mengharapkan dana APBD saja," tegasnya. 

Bupati juga mempersilahkan masyarakat untuk menggarap lahan tidur di daerahnya untuk dijadikan lahan pertanian. "Silahkan garap sekalian bekerjasama dengan TNI-Polri," ujar Bupati.  

Sementara itu, Kepala DKPP Rohil H Rusli Syarif, S.Sos mengatakan kegiatan penyerahan bantuan tersebut juga sekaligus dilakukan pencanangan Hari Rabies Nasional yang jatuh pada tanggal 29 September. Namun pelaksanaanya sudah dilakukan mulai dari tanggal 7 September sampai batas waktu 29 September. 

"Bagi bapak/ibu yang mempunyai hewan peliharaan seperti kucing, kambing dan lain sebagainya yang perlu di rabies bisa diberi tahu kami dan akan kami layani door to door," ungkapnya. 

Mulai dari tanggal 7-29 September ini, sebut Rusli, tim DKPP Rohil sudah berada di 18 kecamatan untuk melaksanakan pekerjaan. 

Selanjutnya, anggota DPRD Rohil Krismanto mengatakan bagi masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan silahkan mengajukan proposal ke BPL Dinas Pertanian Rohil dengan syarat harus benar-benar petani dan mempunyai kelompok. Selain itu, para petani juga bisa berkomunikasi dengan pihak manapun untuk mendapatkan bantuan. 

"Petani yang layak mendapatkan bantuan akan dilakukan survei ke lapangan. Proposal bantuan juga boleh diserahkan ke anggota DPRD Rohil Fraksi PDIP agar dapat kami sampaikan ke pusat," sebut Krismanto anggota DPRD Rohil Fraksi PDIP. (*)
Rilis oleh: Diskominfotiks Rokan Hilir

Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.