• Home
  • Riau Raya
  • Di Kabupaten Rohil, Kepenghuluan Multi Jaya Raih Trophy Proklim Utama Tingkat Nasional
Sabtu, 31 Oktober 2020 07:02:00

Di Kabupaten Rohil, Kepenghuluan Multi Jaya Raih Trophy Proklim Utama Tingkat Nasional

ROHIL, - Kepenghuluan Mukti Jaya kecamatan Rimba Melintang kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dahulunya tahun 1981 merupakan daerah transmigrasi N4. Kini telah banyak prestasi yang telah diraih mulai tingkat Kabupaten hingga tingkat Nasional.

Penghulu Mukti Jaya Yuhono dan Istri menerima penghargaan Proklim Lestari dari Menteri LHK yang diwakili oleh Sekjen Kemen LHK didampingi oleh Dirjen Pengendalian perubahan Iklim di Auditorium Manggala wanabakti Jakarta pada, Jumat (23/10/2020) kemaren. Demikian hal ini ditegaskan oleh Praktisi Proklim Riau Alkahfi Sutikno,Spd,Mpd baru-baru ini.

“Pada tahun 2012 di bidang Lingkungan meraih Trophy Proklim Utama tingkat nasional. Kepenghuluan Mukti Jaya satu-satunya di luar Jawa dan Bali dan hanya 7 trophy se Indonesia,”jelasnya.

Praktisi Proklim Riau, Alkahfi Sutikno Spd,Mpd yang berada di Mukti Jaya terus melaksanakan pembinaan-pembinaan Proklim sejak tahun 2012 ke seluruh Kabupaten yang ada di Riau, khususnya seluruh Kecamatan yang ada di Rokan Hilir. 

Pembinaan tersebut akhirnya membuahkan hasil. Pada tahun 2019 Kabupaten Rokan Hilir adalah termasuk Kabupaten terbanyak peraih Trophy Proklim Utama se Sumatera yaitu sebanyak 8 trophy.

Hasil pembinaan tersebut pada tahun 2020 Mukti Jaya mendaftarkan diri untuk penilaian Proklim Lestari dengan syarat telah melaksanakan pembinaan atau mereplikasi proklim minimal 10 Proklim. Setelah diverifikasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), akhirnya Kelurahan Mukti Jaya berhasil meraih Proklim Lestari  2020 yang hanya 6 daerah se Indonesia.

“Masyarakat di kepenghuluan Mukti Jaya telah melaksanakan aksi adaptasi dan mitigasi Perubahan iklim secara menyeluruh untuk kehidupan sehari-hari,”tutur Alkahfi. 

Hal ini, lanjut ia, telah diakui KLHK RI. Bahkan banyak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) daerah lain, sehingga banyak kelompok masyarakat yang studi banding ke Mukti Jaya.

“Prestasi ini tentunya membawa nama baik Kabupaten Rokan Hilir dan Provinsi Riau. Terima kasih dukungan yang diberikan DLH Riau khususnya dan OPD lain yang telah berpartisipasi, terlebih Masyarakat Mukti Jaya,”pungkas Alkahfi Sutikno. (*)
diskominfo rohil


 

Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.