• Home
  • Riau Raya
  • Dinas Perkebunan Meranti Tampilkan Beras Analog Dari Olahan Sagu di Meranti Expo 2014
Minggu, 07 Desember 2014 23:27:00

Dinas Perkebunan Meranti Tampilkan Beras Analog Dari Olahan Sagu di Meranti Expo 2014

Bupati Meranti dan presiden RI Jokowi meninjau sagu di Sungai Tohor Meranti. (ist)
riauonecom, Selatpanjang, Meranti, roc - Berbagai Produk Potensial Daerah di tampilkan pada Meranti Expo tahun 2014 ini. Salah satunya Beras Analog yang diolahkan dengan bahan baku dari sagu, yang ditampilkan Dinas Perkebunan kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Biasanya beras dihasilkan dari tanaman padi. Akan tetapi, beras analog kali ini dihasilkan dari sagu. Dan ini merupakan penampilan yang sangat berbeda yang ditamplkan Dinas Perkebunan Kepulauan Meranti dari Meranti Exspo sebelumnya.
 
Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Nasir MSi, mengatakan bahwa Beras Analog dengan bahan baku sagu itu kedepan akan dikembangkan Pemkab Meranti menjadi salah satu komoditas pangan. 
 
"Kedepannya teknologi ini akan dikembangkan di Kabupaten Meranti, selain potensial sebagai sumber karbohidrat, beras yang dibuat dari sagu ini kaya akan serat, sehingga sangat bagus untuk kesehatan," kata H Irwan.
 
Beras Analog terbuat dari bahan baku dari sagu ini diproses menggunakan teknologi mesin Ekstrunder dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Pusat. 
 
Tidak hanya Beras Analog, melalui teknologi ini juga bisa menghasilkan berbagai jenis makanan lainnya seperti,  Mie, Makaroni, sehingga kedepannya pengembangan teknologi ini mampu menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat Meranti. (mas)
Share
Loading...
Berita Terkait
  • 9 jam lalu

    Ternyata Ini Sosok Pelapor Istri Kolonel Hendi hingga Jabatanya Dicopot dari Dandim Kendari

    NASIONAL, - Kolonel Hendi Suhendi yang menjabat sebagai Komandan Kodim (Dandim) Kendari menjadi sorotan. 

    Pasalnya, Kolonel yang baru menjabat sebagai Dandim Kendari

  • kemarin

    Kadisdikbud Meranti Buka Acara Bulan Bahasa

    RIAUONE, Meranti - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kepulauan Meranti, Drs H Nuriman Khair MH menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara bulan bahasa ya

  • 4 hari lalu

    Picu Penyakit Kanker, RSUD Bintan tarik obat ranitidin

    KEPRI, Bintan - RSUD Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, telah menarik semua peredaran obat lambung ranitidin yang dianggap dapat memicu penyakit kanker.

    “Obat yang

  • 4 hari lalu

    Terkait Dak dan DR, Inspektorat Tertutup Karena Perintah Bupati

    RIAUONE, Meranti - Terkait pengembalian Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Reboisasi (DR) tahun 2016, Inspektorat Meranti yang sejatinya sangat mengetahui persis jalur dan prose

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.