• Home
  • Riau Raya
  • Harus ditutup, Alfamart dan Indomaret Dinilai Pengaruhi Eksistensi UMKM di Inhu
Senin, 18 November 2019 16:48:00

Harus ditutup, Alfamart dan Indomaret Dinilai Pengaruhi Eksistensi UMKM di Inhu

ketua fraksi PKS DPRD Inhu Muhammad Syafaat

RIAUONE, Inhu - Ada beberapa catatan penting terhadap kegiatan pemerintah daerah tahun 2020 mendatang di Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) Riau, diantaranya keberadaan pasar moderen Alfamart dan Indomaret dinilai mempengaruhi eksistensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Inhu, dengan demikian seluruh kegiatan oprasional Alfamart dan Indomaret harus di tutup.

Demikian disampaikan fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Inhu Muhammad Syafaat, Jumat (15/11/2019) kemarin menyikapi pengantar nota keuangan pemerintah daerah tahun 2020. "Kita merekomendasikan seluruh izin dan kegiatan oprasional pasar moderen atas nama Alfamart dan Indomaret di tinjau ulang," kata juru bicara fraksi FKS DPRD Inhu, Muhammad Syafaat kepada wartawan usai mengikuti rapat paripurna.

Menurut politisi PKS Inhu itu, pedagang kecil/eceran/kakilima yang ada di Kabupaten Inhu sangat mempengaruhi jumlah serapan pendapatan per-kapita dan jumlah pengangguran. "Pedagang eceran merugi, bahkan banyak warung-warung kecil yang gulung tikar dengan hadirnya pasar moderen alfamart dan Indomart di Inhu," kata Syafaat yang akrab dipanggil Bang Ustad ini.

Kehadiran pasar moderen Alfamart dan Indomaret di Inhu, memperlihatkan bahwa kapitalis sudah menjajah di Inhu, sebab berbanding terbalik dengan sistim perekonomian masyarakat Indonesia yang cendrung menganut pancasila dan perkoperasian berazaskan kekeluargaan. "Pasar moderen alfamart dan Indomaret adalah kapitalisme bisa dibuktikan dari keuntungan hanya didapat oleh pemilik modal," ujar Ustad yang aktif memfosting kegiatan di akun facebook miliknya atas nama Muhammad Syafaat ini.

Dedagang kecil di Inhu tidak akan mampu bersaing dengan Alfamart dan Indomaret, dengan kondisi tersebut kata Muhammmad Syafaat, fraksi PKS DPRD Inhu menilai, sudah terjadi persaingan bebas pemilik modal besar dengan pedagang kecil di Inhu terhadap hadirinya Alfamart dan Indomart. "Pedagang kecil tidak mampu bersaing dengan alfamart dan indomaret, pedagang kecil banyak yang gulung tikar, bahkan bangkrut," jelasnya. (Ydh)

Share
Loading...
Berita Terkait
  • 4 jam lalu

    Serma Muhar Babinsa Koramil 13/Rkn Turutserta Evakuasi Jenazah Korban Hanyut Di Sungai Rokan

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Serma Muhar Babinsa Koramil 13/Rkn Kodim 0313/Kpr turut serta dalam evakuasi penemuan korban hanyut di sungai Rokan pada hari Jumat (6/12/2019) sekitar

  • 4 jam lalu

    Jenazah Najwan Ditemukan Tak Jauh Dari Tempat Kejadian Hanyut di Sungai Rokan

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Dihari Ke 3 jenazah Najwan (3) korban hanyut di Sungai Rokan akhirnya ditemukan oleh Team pencarian korban gabungan TNI, POLRI, BPBD Rokan Hulu (Rohul)

  • 6 jam lalu

    Danramil 13/Rkn Kodim 0313/Kpr Turun Langsung Melakukan Evakuasi Korban Longsor Di Desa Koto Ruang

  • 7 jam lalu

    Siaga Natal dan Tahun Baru 2020, PLN Tembilahan Gelar Pasukan dan Peralatan

    RIAUONE.COM, TEMBILAHAN- Dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Managemen PT. PLN (Persero) ULP Tembilahan beserta MB Jar. UP3 Rengat melaksanakan Gelar Pasu

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.