• Home
  • Riau Raya
  • Hitungan Jam Pasca Pelantikan, Ninik Mamak Keluarkan Warkah Pendamping Catur
Rabu, 13 Februari 2019 01:38:00

Hitungan Jam Pasca Pelantikan, Ninik Mamak Keluarkan Warkah Pendamping Catur

KAMPA -  Hitungan Jam Pasca Pelantikan Catur Sugeng Sebagai Bupati Kampar Oleh Gubernur Riau Wan Tanrim Hasim di Gedung Balai Serindit Jalan Dipenegoro Pekanbaru., 12/02/19.

Acara ini dihadiri Forkompinda dan sejumlah Pejabat Kampar dan Riau . Serta tamu undangan lainnya. Namun ada yang menarik pasca pelantikan 

Ninik Mamak Kenegerian kampa mengeluarkan Warka ( himbauan ) secara tertulis dan khusus ditanda tangani lima ninik mamak kepada Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto

Dengan alasan telah  kehilangannya putera terbaik kenegerian kampa Almarhum H.Azis Zaenal,SH.MM yang juga Bupati Kampar yang berpasangan dengan Catur Sugeng Susanto,SH pada masa Bakti 2017-2022.

Kenegerian kampa merupakan suatu negeri memiliki Ninik Mamak yang terdiri dari 6 suku dan 8 datuk, dimana Kampa memiliki kerajaan kesultanan yang eksis mulai dari abad VX yang disebut Sultan Kampa (Sultan Kampa Khalifatullah Mahmudsyah Akhirul Zaman) berdiri sampai 1928 Masehi yabg bernama Buyung Adli Sultan ke XIII.

Setelah Sultan ke XIII terjadi kekosongan kekuasaan dari tahun 1928 Masehi hingga 2017 Masehi, di tahun 2017 Ninik Mamak Kenegerian Kampa naik balai adat menabalkan Almarhum H.Azis Zaenal,SH.MM sebagai Sultan Kampa ke XIV yang juga merangkap Bupati Kampar periode 2017-2022. Namun Allah berkehendak lain dengan wafatnya beliau Sultan Kampa XIV pada 27/12/2018.

Mercermati situasi perpolitikan dikabupaten Kampar kekinian yang dipimpin oleh Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto,SH dengan kekosongan kursi Wakil Bupati Kampar masa bakti periode 2017-2022, Ninik Mamak Kenegerian Kampa membuat Warkah untuk mengusulkan putera-putera terbaik kenegerian kampa untuk dipertimbangkan oleh partai pengusung Azis-Catur 2017 lalu dan Bupati Kampar Catur Sugeng yaitu Partai Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, PPP, PKS.

Berikut Nama-nama yang di usulkan sebagai Wakil Bupati Kampar untuk pendamping  Catur.

1. H. Afrizal Hidayat,B.Coom.MBA (Kader PPP / anak almarhum Azis zaenal)
2. Dr.H.Nurhamin.S.pt.MH (ketua KPU Provinsi Riau / Datuok Amanah Kampa)
3. H.Yuyun Hidayat,ST,Msc (Kader PPP / anak almarhum Azis zaenal)
4. Letkol (inf) Aidil Amin,S.IP,M.IPOL (DANDIM 0313/KPR / Datuok Palo Panglimo Kampa)
5. H.Syahrul Aidi,Lc.MA (Anggota DPRD Kampar/PKS)
6. Suharmi Hasan,SH (Anggota DPRD Kampar)
7. Drs. H. Aprizal,DS (Datuok Paduko Tuan Kampa/PPP)

Warkah Ninik Mamak Kenegerian Kampa lansung ditanda tangani oleh Datuok Bosau Bahar Pasukuan Piliang, datuok Tiawan Auzar Persukuan Melayu, Datuok Paduko Tuan Kampa Drs.H.Aprizal,DS Persukuan Kampai, Datuok Majo Bosau Efendi Pasukuan Pitopang, Datuok Bijoanso H.Mahyudin Pasukuan Domo diBalai Adat Kenegerian Kampa (11/02/2019).

Sampai berita ini diturunkan nama-nama yang diusulkan masih dalam tahap komfirmasi. (mizy)
Share
Komentar

Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.