• Home
  • Riau Raya
  • Idul Adha 1442 Hijriyah, Polres Meranti Gelar Beragam Giat
Rabu, 21 Juli 2021 22:14:00

Idul Adha 1442 Hijriyah, Polres Meranti Gelar Beragam Giat

MERANTI, Riau - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, menggelar serangkaian kegiatan saat perayaan Idul Adha 1442 Hijriyah. 

Giat di mulai dari partoli aparat gabungan TNI-Polri dan Satpol PP pada Senin (19/7/2021) malam. Berlanjut dengan pengamanan salat Ied Adha dan bagi-bagi sembako, hingga penyembelihan hewan kurban.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK mengatakan, kegiatan yang dilakukan itu sebagai bentuk tugas dan tanggungjawab, serta kepedulian sosial polisi terhadap masyarakat. Seluruh kegiatan, sebutnya, tetap mengedepankan disiplin protokol kesehatan (prokes).

Seperti halnya dalam patroli, para petugas memberikan imbauan penerapan prokes 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas) kepada masyarakat.

Tentunya ini bertujuan untuk mengawasi mobilitas masyarakat agar disiplin prokes. Sebab, ramainya aktivitas masyarakat menyambut lebaran, salah satunya di pusat perbelanjaan, berpotensi menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

"Kami ingatkan disiplin prokes di tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Seperti di kedai kopi, hingga membubarkan sekelompok pemuda yang berkumpul di jalan, untuk mengantisipasi adanya balap liar," ungkap Eko.

Dalam pelaksanaan tugas di lapangan, sebitnya, personel ditekankan agar mengedepankan sopan santun, humanis namun tegas.

"Patroli bersama ini juga merupakan wujud sinergitas TNI-Polri bersama instansi terkait untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Kepulauan Meranti," ucapnya.

Pada Selasa (20/7/2021) pagi, Polres Kepulauan Meranti juga mengerahkan puluhan personel untuk mengamankan salat Ied Adha di masjid, mushala, dan tanah lapang.

Pengamanan ini dilakukan agar pelaksanaan salat Ied berlangsung aman, lancar dan tetap mematuhi prokes Covid-19.

"Personel dari Polres berjumlah 21 orang. Kemudian juga dibantu personel dari Koramil 02 Tebingtinggi dan Satpol PP. Sementara untuk kecamatan-kecamatan pengamanan dilakukan Polsek," tutur Eko.

Bahkan, pengaman juga dilakukan di halaman kantor Bupati Kepulauan Meranti di Selatpanjang, yang Kabag Ops Kompol Joni Wardi SH bersama Wakapolsek Tebingtinggi Iptu Herry Juana Putra dan personel lainnya. 

Sebelum masuk ke lokasi, terhadap semua jemaah dilakukan pengecekan suhu tubuh, diarahkan mencuci tangan, dan memakai masker.

"Alhamdulillah, selama pelaksanaan pengamanan tidak ditemukan gangguan yang dapat mempengaruhi stabilitas sitkamtibmas, dan pelaksanaan salat Id juga mengikuti standar protokol kesehatan," kata Kompol Joni Wardi.

Selanjutnya, bersama jajarannya Polres Kepulauan Meranti membagikan puluhan paket sembako kepada masyarakat dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1442 Hijriah. 

Paket sembako itu diantar langsung ke rumah warga yang paling terdampak dari pandemi Covid-19. Tiap paket berisikan beras, telor, gula, minyak goreng, tepung, dan mie instan.

"Mudah-mudahan bantuan yang diberikan dapat meringankan beban mereka dalam menghadapi pandemi saat ini," kata AKBP Eko lagi.

Kesempatan menyerahkan sembako juga dimanfaatkan polisi untuk menyampaikan imbauan tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pada giat berikutnya, Polres Kepulauan Meranti, melaksanakan prosesi penyembelihan hewan kurban. Sebanyak 6 ekor sapi dan 7 kambing yang mereka kurban pada Idul Adha 1442 Hijriah ini.

Penyembelihan berlangsung di halaman Mako Polres, Jalan Lintas Desa Gogok Darussalam.

Ratusan bungkus daging kurban yang sudah dipotong, dibagikan kepada masyarakat di sekitarnya dan para personel Polres yang sudah berkeluarga. 

Kapolres AKBP Eko menyampaikan bahwa keseluruhannya merupakan hasil kurban dari seluruh jajaran Polres Kepulauan Meranti.

"Ini merupakan bentuk perhatian Polres Kepulauan Meranti terhadap umat Islam agar bisa merayakan Idul Adha dengan suka cita," ujarnya.

Ia berharap, moment Idul Adha dapat mempererat tali silaturahmi antara Polres Kepulauan Meranti dengan masyarakat.

"Semoga daging kurban yang dibagikan bermanfaat bagi umat muslim yang merayakannya," ujarnya.

Giat pemotongan hewan kurban turut dihadiri Wakapolres Kompol Nipwin Bonar Hutabarat, Kabag Ops Kompol Joni Wardi, Kabag Sumda Kompol Eddy Renhar, sejumlah Kasat dan personel Polres Kepulauan Meranti. (uzi)

Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.