Rabu, 03 Desember 2014 17:22:00

Indragiri Hulu Gelar Senandung Budaya

Asisten III Agus Rianto serahkan hadiah .(hms)
Loading...
riauonecom, rengat, roc - Asisten Administrasi Umum Setdakab Inhu H. Agus Rianto, SH hadir sekaligus membuka secara resmi pembukaan Senandung Festival dan Pagelaran Seni Budaya Indragiri Hulu tahun 2014. Kegiatan berlangsung  Selasa (02/12/2014) yang bertempat di Gedung Kesenian Rengat.
 
Dalam kegiatan yang ditaja oleh Dewan Kesenian Indragiri (DKI) tersebut, turut hadir pula Dandim 0302 Kab. Inhu Letkol Inf. Albert Panjaitan, Staf Ahli, sejumlah Kadis, Camat, sejumlah pimpinan BUMN/BUMD, Forum Lintas Etnis (FORLET), Tokoh Seni, Tokoh masyarakat, Organisasi Kepemudaan serta para guru dan pelajar yang datang menyaksikan pembukaan acara senandung festival pada tahun ini.
 
Ketua Panitia Pelaksana yang juga menjabat sebagai Ketua Harian DKI H. Mailiswin menyampaikan bahwa kegiatan senandung festival tahun ini merupakan kegiatan kali kedua yang diselenggarakan dan menjadi salah satu program kegiatan rutin dari Dewan Kesenian Indragiri.
 
 Dikatakan, dari jumlah total peserta, dibandingkan tahun pertamanya yang diikuti sekitar lima ratusan peserta, untuk tahun ini jumlah peserta yang ikut dalam senandung festival dan pagelaran seni budaya kali ini semakin meningkat yaitu sekitar tujuh ratusan lebih peserta.
 
 Hal ini menunjukkan bahwa antusias masyarakat Kabupaten Inhu terhadap dunia seni begitu luar biasa. Dalam kegiatan festival yang rencananya akan berlangsung selama lima hari ini, berbagai macam perlombaan seni diantaranya baca nandung, baca puisi, seni rupa, cipta sastra (citra menulis puisi) serta paduan suara diperlombakan. “Dengan total hadiah uang tunai sebesar Rp50 juta rupiah, piala dan piagam penghargaan,”ucap Mailiswin.
 
 Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada festival tahun ini juga memperlombakan peragaan busana dan tari persembahan untuk tingkat Taman Kanak-Kanak/PAUD  yang dari keseluruhan perlombaannya dilaksanakan di tiga tempat berbeda yaitu Gedung Kesenian Rengat, Dermaga Jembatan Trio Amanah Indragiri dan Pendopo Junjung Buih Rengat.
 
Diakhir laporannya, tidak lupa beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Inhu, FORLET dan PGRI Kab. Inhu serta pihak swasta yang telah bekerja sama dan memberi dukungan baik moril maupun materil sehingga kegiatan senandung festival dan pagelaran seni budaya tahun ini dapat terselenggara.
 
Dalam arahan singkatnya, Bupati Inhu H. Yopi Arianto, SE, yang dalam kesempatan itu diwakili oleh Asisten Administrasi Umum H. Agus Rianto, SH, berharap dengan kegiatan senandung festival kali ini bakat-bakat seni para remaja yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu dapat muncul, sehingga nanti seni dan budaya Indragiri dapat terus terpelihara dan lebih dikenal luas.
 
 Beliau juga berharap pada pihak-pihak terkait dalam hal ini Dewan Kesenian Indragiri dan Disporabudsata kedepannya dapat mengagendakan kegiatan festival seni budaya ini secara rutin dan terjadwal dengan membuat dan mencantumkannya dalam kalender tahunan.
 
 Setelah menutup penyampaian arahannya, dengan didampingi Dandim serta pejabat lainnya Asisten III H. Agus Rianto, SH membuka secara resmi Pembukaan Senandung Festival dan Pagelaran Seni Budaya Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2014 dengan ditandai pemukulan gong. (hms/ari)
Share
Berita Terkait
  • 6 bulan lalu

    Syarwan Hamid akan Kembalikan Gelar Adat ke LAM Riau

    RIAU, - PEKANBARU - Tokoh Melayu Riau yang juga mantan Menteri Dalam Negeri, Letjend TNI Purn Syarwan Hamid akan dikawal ratusan orang saat men
  • 6 bulan lalu

    Mahasiswa Riau di Jakarta Akan Demo Tolak Gelar Adat Jokowi?

    PEKANBARU - Menjelang hari pemberian gelar adat 'Datu Seri Setia Amanah' kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu (15/12), penolakan-penolakan dari berbagai pih

  • tahun lalu

    Geger! Harimau Sumatera Menampakkan Diri di Inhu

    RIAUONE.COM, RENGAT - Setelah warga Kabupaten Inhil (Indragiri Hilir), kini giliran warga Kabupaten Inhu (Indragiri Hulu), Riau yang digegerkan oleh pen

  • 2 tahun lalu

    Diduga ‘Siluman’, Pendapatan Bapenda Inhu Mendadak Naik Rp 199 Miliar 

    RIAUONE.COM , RENGAT- Di tengah pembahasan rencana kerja anggaran (RKA) rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (R-APBD) tahun 2018, organisasi perangkat daerah (O
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.