• Home
  • Riau Raya
  • Jumlah Penderita AIDS di Kabupaten Inhu Mencapai 35 Orang
Rabu, 03 Desember 2014 06:32:00

Jumlah Penderita AIDS di Kabupaten Inhu Mencapai 35 Orang

ilustrasi
Loading...
riauonecom, Rengat, Inhu, - Jumlah penderita AIDS di Kabupaten Inhu terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Inhu, hingga September 2014, penderita AIDS sudah mencapai 35 orang. Padahal tahun 2013 lalu, penderita AIDS di Kabupaten Inhu sebanyak 27 orang.
 
“Jika dibanding tahun lalu, terjadi peningkatan jumlah penderita AIDS di Kabupaten Inhu sebanyak 8 orang atau 20 persen. Jumlah tersebut merupakan penderita yang sadar untuk memeriksakan kesehatannya kepada rumah sakit atau dokter,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Inhu H Suhardi, Rabu  (3/12).
 
Menurut Suhardi, dengan kondisi tersebut, bisa saja jumlah penderita AIDS di Kabupaten Inhu lebih banyak dari yang telah terdata. Sebab penderita yang belum terdata dan belum melakukan pemeriksaan kesehatan dapat berinteraksi dengan warga lain dan menularkan HIV.
 
“Adanya penderita AIDS di Kabupaten Inhu diketahui setelah mereka melakukan pemeriksaan kesehatan di Pekanbaru. Dari hasil pemeriksaan tersebut akan disampaikan kepada Dinas Kesehatan asal pasien atau penderita tersebut,” ucapnya.
 
Ditambahkan Suhardi, RSUD Indrasari Rengat sampai saat ini belum bisa memberikan pelayanan pemeriksaan bagi penderita AIDS. “Sehingga kita tidak mengetahui keberadaan pasien dan latar belakang pekerjaannya. Namun secara umum, penderita AIDS tertinggi berlatar belakang pekerja seks, tenaga non profesional, wiraswasta, tidak bekerja kemudian baru para ibu rumah tangga,” terangnya.
 
Karena itu diperlukan upaya pencegahan dan kesadaran masyarakat agar penularan HIV/AIDS tidak semakin meluas di Kabupaten Inhu. Selain itu juga dibutuhkan kepedulian sesama warga lain dengan tidak mengucilkan penderita serta tidak di berlaku diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS. Bahkan peran keluarga sangat penting memberikan dukungan untuk bisa berobat dan memberi semangat terhadap penderita.
 
Sebagai bentuk kepedulian terhadap AIDS, pada peringatan Hari AIDS se dunia yang jatuh pada 1 Desember, Dinas Kesehatan Inhu telah membagikan lebih dari seribuah pita. Melalui pita peduli AIDS ini, diharapkan mampu mengurangi penderita AIDS di Kabupaten Inhu.
 
Sasaran pemberian pita penduli AIDS diantaranya para PNS dilingkungan Pemkab Inhu saat pelaksanaan upacara HUT Korpri yang digabung dengan upacara HUT PGRI dan Hari Guru Nasional. “Selain PNS, pita peduli AIDS juga dibagikan kepada masyarakat saat melintas di jalan raya seperti di Jalan Lintas Timur Kelurahan Pematang Reba dan di sejumlah jalan dalam Kota Rengat,” sebutnya. (isc/roc)
Share
Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Panglima TNI Siapkan Pesawat Hercules untuk Antisipasi Karhutla di Riau

    RIAU, Pelalawan - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Provinsi Riau dalam beberapa bulan terakhir masih dalam katagori belum mengkhawatirkan. Hal tersebut dik

  • 7 hari lalu

    Team Dosen UPP Melalui PKM Tingkatkan Pemanfaatan Softwear Geogerba Bagi Guru Matematika Di Rokan Hulu

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Team dosen Universitas Pasir Pangaraian (UPP), Melaksanakan kerjasama dengan kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP Wilayah I Ka

  • satu minggu lalu

    China Display Optoelectronics Technology Holdings Limited Announces 2019 Interim Results

    Revenue Increased by 178.3% YOY to RMB3.52 billion; Expanding the annual production capacity of Wuhan CDOT to 120mn units in 2020

    HONG KONG, -  12 August 2019 - Chin

  • satu minggu lalu

    Menteri Susi : Gading Marten Bukan Pacar Anak Saya

    ENTERTAIN, - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menanggapi kabar kedekatan putrinya, Nadine Kaiser dengan aktor Gading Marten.

    Hal itu diungkap Susi saat disi

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.