Sabtu, 01 Februari 2014 11:24:00

Kabupaten Bengkalis Terbakar Lagi

kebakaran lahan-riau. (ant)
riauone.com, Bengkalis, Riau -  Kebakaran lahan yang berlangsung sepekan ini di Kabupaten Bengkalis, Riau, terus meluas hingga menghanguskan ratusan hektare kawasan lahan hutan dan perkebunan.
         
"Kondisinya semakin parah karena hujan tidak pernah turun sejak satu pekan ini," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bengkalis, Mohammad Jalal kepada wartawan lewat telekomunikasi, akhir pekan kemarin.
         
Ia menjelaskan, pihaknya telah mengirimkan sejumlah petugas pemadam kebakaran ke sejumlah titik kebakaran lahan di Bengkalis.
         
Beberapa diantaranya kata dia, telah berhasil dipadamkan dengan menggunakan fasilitas pendukung lewat jalur alternatif darat.
         
"Namun sebagian titik lagi sampai sekarang dilaporkan masih terus meluas karena cuaca yang tidak mendukung. Selain itu juga karena lokasinya yang jauh hingga tidak dapat ditempuh petugas dengan mobil operasional," kata dia.
         
Ia mengatakan, hingga saat ini BPBD Bengkalis masih mengupayakan untuk mencari solusi terbaik dalam mengatasi peristiwa kebakaran lahan tersebut.
         
Salah satunya, kata dia, yakni dengan menggalang bantuan sukarelawan dari masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat pecinta lingkungan.
         
"Kami bekerja tak mengenal waktu, siang malam," katanya.
         
Kondisi cuaca dengan minim hujan saat ini, menurut dia, membuat pertumbuhan titik api begitu subur hingga terus bermunculan "hotspot" baru di lokasi terpisah bahkan terisolasi.
         
"Seperti tadi, ada warga yang melaporkan bahwa muncul satu titik api di Dusun Kelebuk, Desa Temeran. Nah ini lokasinya sangat jauh, sementara petugas masih berusaha memadamkan titik api lainnya. Kami berharap masyarakat di sekitar lokasi itu dapat membantu," katanya.(ant/roc)
Share
Loading...
Komentar

Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.