• Home
  • Riau Raya
  • Karantina Bengkalis Musnahkan 36,4 Ton Bawang Ilegal di Bantan Tua
Rabu, 26 November 2014 17:55:00

Karantina Bengkalis Musnahkan 36,4 Ton Bawang Ilegal di Bantan Tua

bawang merah tercecer milik Indah Kargo di bengkalis. (ist)
riauonecom, Bengkalis, - Balai Karantina Bengkalis musnahkan sekitar 36,4 ton bawang merah ilegal selundupan hasil penegahan Bea Cukai Patroli Kanwil Pekanbaru pada Ahad (9/11/14) lalu yang dititipkan pihak Bea Cukai Pratama Bengkalis, Selasa (26/11/14).
 
Menghindari bawang-bawang tanpa dokumen resmi itu kembali dikonsumsi warga, pemusnahan bawang dilakukan dengan cara digiling dan kemudian dibakar diperkirakan memerlukan waktu selama dua hari di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Jalan Poros Taman Sari, Desa Bantan Tua.
 
"Karena cukup banyak yang harus dimusnahkan, bawang merah itu akan dimusnahkan memakan waktu sekitar dua hari karena harus terlebih dahulu digiling menggunakan mesin, kemudian disiapkan lobang dan kemudian dibakar untuk menghindari penyakit," ungkap Kepala Balai Karantina Pertanian Bengkalis Farida, Rabu (26/11/14).
 
Farida menjelaskan pemusnahan bawang merah dilakukan menyusul setelah masa tenggang selama 14 hari, pemilik bawang tidak melakukan pengambilan sejak pengamanan oleh pihak bea dan cukai.
 
Sebelumnya, bawang merah tanpa dokumen yang sah itu disita aparat BC Kanwil Pekanbaru dipimpin Muhammad Amaludin ketika menggelar operasi Ahad (9/11/14) sekitar pukul 16.30 WIB di Peraian Selat Bengkalis-Melaka. 
 
Bawang-bawang merah itu direncanakan akan diangkut menuju daerah Kecamatan Bukitbatu. Selanjutnya barang bukti bawang dititipkan ke BC Bengkalis dan kemudian dilimpahkan ke karantina.
 
Dari upaya penegahan itu, selain menyita puluhan ton bawang ilegal, petugas juga mengamankan dua kapal motor (KM) Cahaya Berkah dan KM Maju Bersama, 2 nahkoda dan 5 ABK. (rhc/roc)
 
#riauhedline
 
Share
Berita Terkait
  • kemarin

    Aktivis TRC PPA Dan Srikandi Masuri Akan Bantu Terdakwa Pencuri 3 Tandan Buah Sawit Di Rohul

    RIAU, RIAUONE.COM - Beredar berita mengenai Seorang Ibu Rumah Tangga beranak 3 yang didakwa mencuri 3 Tandan Buah Sawit Segar di Areal Lokasi Perkebunan milik BUMN PTPN V Sei Ro

  • 2 hari lalu

    Dimarahi Karena Sering Pulang Pagi, Bocah Ini Nekad Gantung Diri

    ROKAN HULU,RIAUONE.COM - Entah setan apa yang telah merasuki anak ini, sehingga nekad melakukan bunuh diri dengan cara gantung diri di kusen pintu dapur, Rabu, 3 Juni 2020 di pe

  • satu minggu lalu

    Peran Media dalam Menguatkan Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

    Bangsa yang kehilangan bahasa adalah bangsa yang kehilangan identitas.
    Agustinus Wibowo
    Penulis Perjalanan dari Indonesia 

    Oleh: Yon Rizal Solihin

  • 3 minggu lalu

    Harga Bensin di Malaysia Naik, Seliter Jadi Rp4.450, di Indonesia Rp6.450

    LUARNEGERI, - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dijual di Malaysia mengalami kenaikan tipis. Pemerintah Malaysia sebelumnya beberapa kali menurunkan harga BBM pasca-anjloknya

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.