• Home
  • Riau Raya
  • Kementerian Tunggu Usulan 1.000 Ha Hutan di Merbau Jadi APL
Minggu, 12 April 2015 12:49:00

Kementerian Tunggu Usulan 1.000 Ha Hutan di Merbau Jadi APL

mangrove
RIAUONE.COM, MERBAU, MERANTI, ROC, - Direktur Pengendalian Hutan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH), Ir Rafles Pandjaitan MSc meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti segera memasukkan usulan seluas 1.000 hektare lahan hutan di Desa Lukit untuk diajukan menjadi Area Peruntukan Lain (APL).
 
"Yang pasti kita akan proses setelah ada usulan secara tertulis dari Pemkab Meranti," ungkapnya, kemarin.
 
Rafles menjelaskan semua itu sangat memungkinkan, sebab menyangkut kepentingan umum. Yang jelas bagaimana nantinya sesuai tahapan bisa diikuti oleh Pemkab Meranti dalam mengubah status 1000 hektar lahan hutan di Desa Lukit menjadi APL.
 
"Manusia bertambah, tentunya tapak untuk rumah juga akan bertambah. Inilah yang akan kita lakukan review-review. Apalagi pemerintahan kali ini berpihak kepada masyarakat. Jadi, peluang itu tetap terbuka. Yang penting kami terima dulu usulannya," terangnya.
 
Sebelumnya, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSI meneruskan harapan masyarakat yang disampaikan Kepala Desa Lukit Kecamatan Merbau, Edi Gunawan yang mengharapkan kepada Pemerintah Pusat agar dapat mengubah status 1000 hektar hutan menjadi APL. Sehingga nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
 
"Kita akan segera mengusulkan seperti permintaan Direktur. Supaya proses bisa dilakukan secepatnya," ujarnya.
 
Dengan lahan tersebut, kata Irwan, akan berguna bagi pengembangan dan kemajuan masyarakat di Pulau Padang, khususnya Desa Lukit Kecamatan Merbau. Karena, bagaimanapun masyarakat membutuhkan lahan untuk tempat tinggal.
 
Kepala Desa Lukit Edi Gunawan menambahkan bahwa hutan 1.000 hektare tersebut ditargetkan bisa dimanfaatkan untuk hutan desa. Sebab, saat ini terjadi keterbatasan kayu untuk kebutuhan membuat rumah.
 
"Harapan kami status hutan 1.000 hektar menjadi hutan kemasyarakatan, karena kami butuh kayu untuk membangun rumah," pintanya. (knc/roc/*)
Share
Berita Terkait
  • satu menit lalu

    Pimpinan DPRD Inhu Suwardi Ritonga Peduli Bantu Korban Kebakaran di Desa Sungai Akar

    RIAUONE, Inhu - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), H. Suwardi Ritonga SE  mengunjungi warga yang mendapat musibah kebakaran rum

  • 4 hari lalu

    Hari raya Idul Adha Setwan Bengkalis Qurban 4 Ekor Sapi

    BENGKALIS, PARLEMEN,  - Hari raya Idul Adha 1441 H menjadi momentum istimewa setiap umat muslim untuk dapat saling berbagi dengan melakukan ibadah kurban.

    Untuk itu

  • satu minggu lalu

    Berita Uang, 6 Pecahan Rupiah Ini Tak Bisa Ditukar Lagi Tahun Depan

    NASIONAL, - Bank Indonesia (BI) menetapkan uang rupiah yang dicabut dan ditarik dari peredaran serta tak bisa digunakan pada 2021 mendatang. Berdasarkan situs resmi bi.go.id ada

  • 2 minggu lalu

    Sulit-nya Membayar Pajak PBB di Negeri-ku

    DUMAI, - Adalah Heni (29), salah satu rakyat jelata yang ikut antrian bayar pajak bumi dan bangunan (PBB) di Bank Riau Kepri Dumai, lama menunggu Heni pun bertanya ke petugas. "

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.