• Home
  • Riau Raya
  • Loka Pengawas Obat dan Makanan di Kabupaten Inhil menggelar kegiatan Edukasi Workshop
Minggu, 13 Juni 2021 07:21:00

Loka Pengawas Obat dan Makanan di Kabupaten Inhil menggelar kegiatan Edukasi Workshop

INHU - Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi Workshop Integrasi Metode Pengawasan dengan Pendampingan pada Sarana Produksi Pangan Olahan UMKM, bertempat di Aula Hotel Top 5 Tembilahan, Rabu (9/6/2021).

Acara diawali dengan sambutan Kepala Loka POM Inhil, Emi Amalia, S.Farm, Apt., M.Sc. Emi yang juga bertindak sebagai narasumber pada kegiatan ini dalam sambutannya menyampaikan bahwa Badan POM memiliki tugas sebagai pengawas pada dua sisi yaitu pada pre-market dimana produk pangan belum beredar dan post-market dimana produk sudah berada di pasaran.

Lebih lanjut Emi menjelaskan pengawasan produk pangan ini tidak hanya dilakukan oleh Badan POM tetapi juga ada Dinas terkait dan saat ini dukungan Pemerintah Pusat maupun Daerah sangat besar untuk keberlangsungan UMKM dengan tagline "UMKM Bangkit, Ekonomi Pulih".

Jumlah sarana produksi pangan olahan UMKM yang sangat dominan di Kabupaten Inhil dan Inhu mendorong Loka POM Inhil menggelar workshop ini dengan harapan mewujudkan sinergitas dari Dinas terkait dalam pembinaan UMKM.

"Menurut data kami jumlah sarana produksi pangan olahan di daerah Inhil dan Inhu 88% itu UMKM. Jadi kontribusi dalam pemenuhan ketentuannya sangat penting.dengan tujuan melindungi Masyarakat dari pangan berisiko dengan memenuhi ketentuan keamanan. Kami berharap kegiatan ini mengnyinergikan pembinaan yang dilakukan di masing-masing Dinas terkait baik Inhil maupun Inhu kemudian kita bisa bersama bahu-membahu membina UMKM ini menjadi benar-benar memenuhi standar dari segi aspek ketentuan hingga secara ekonomi dapat berkembang. Kita optimis membina UMKM ini hingga nanti memenuhi ketentuan dan standar yang ada," harap Emi.

Selain Emi, Loka POM Inhil menghadirkan Narasumber dari Direktorat Pengawasan Produksi Pangan Olahan Badan POM Republik Indonesia, Permana Adhi Nugroho, APT., M.Sc dan Nur Annisa Rahmah.

Dalam paparannya, Permana menjelaskan bagaimana penerapan Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik (CPPOB). Mulai dari perizinan berbasis risiko, praktek cara produksi pangan yang baik, serta ketentuan izin edar pangan.  

Selanjutnya, Annisa membahas mengenai kebijakan dan pelaksanaan pengawasan sarana Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) dan Industri Pangan Olahan Siap Saji (IPOSS). Annisa menjelaskan berbagai hal mengenai keamanan pangan, dua sisi pengawasan baik pada perlindungan kesehatan maupun keadilan perdagangan.

Peserta workshop ini berasal dari dua kabupaten yang merupakan wilayah kerja Loka POM Inhil yaitu Kabupaten Inhil dan Kabupaten Inhu, terdiri dari Dinas Kesehatan Inhil-Inhu, Dinas Koperasi dan UMKM Inhil-Inhu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Inhil-Inhu,

Dinas Komunikasi dan Informatika Inhil-Inhu, Dinas Ketahanan Pangan Inhil, Puskesmas Gajah Mada, Puskesmas Tembilahan Hulu, Puskesmas Tembilahan Kota, Puskesmas Sungai Salak, Puskesmas Kempas, Puskesmas Sungai Piring, Puskesmas Teluk Pinang, Puskesmas Enok, Puskesmas Pengalihan Enok, Puskesmas Sipayung, Puskesmas Pangkalan Kasai, Puskesmas Pekan Heran, Puskesmas Sei Lala, dan Puskesmas Peranap. (inh/ydh/*).

Share
Komentar
Copyright © 2012 - 2021 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.