• Home
  • Riau Raya
  • Menteri LHK, Panglima TNI serta Kapolri Tinjau Lokasi Karhutla di Pelalawan Riau
Rabu, 14 Agustus 2019 09:29:00

Menteri LHK, Panglima TNI serta Kapolri Tinjau Lokasi Karhutla di Pelalawan Riau

Menteri LHK, Panglima TNI, Kapolri serta Kepala BNPB saat meninjau lokasi Karlahut di Jalan Koridor Langgam Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, Selasa (23/08).
Loading...

Pelalawan - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau mendapat perhatian serius Pemerintah Pusat. Setelah mengeluarkan acaman pencopotan jabatan bagi jajaran TNI dan Polri yang tidak bisa menangani Karhutla, kini empat pejabat negara yang terkait dengan penanganan Karhutla meninjau langsung penanganan Karhutla di Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, Selasa (13/08).

Keempat pejabat negara tersebut yaitu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo.

Menggunakan dua helikopter Super Puma, Menteri LHK bersama rombongan terbang dari Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Kota Pekanbaru memantau lokasi-lokasi Karhutla di Riau. Rombongan juga mengelilingi Pelalawan serta mengitari Taman Nasional Tesso Nilo yang hingga kini masih babak belur dihajar Karhutla.

Rombongan mendarat di kawasan Tekno Park Pelalawan Kecamatan Langgam dan disambut Bupati Pelalawan HM Harris, Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan serta seluruh pimpinan perusahaan pemilik HGU/HTI di Pelalawan. Kemudian rombongan dengan menggunakan kendaraan berangkat ke titik lokasi Karhutla di Jalan Koridor Langgam  KM 23 yang tidak jauh dari kawasan Tekno Park yang terbakar sejak dua hari lalu.

Setiba dilokasi, setelah berkeliling melihat langsung penanganan Karhutla, Menteri LHK, Panglima TNI dan Kapolri bersama petugas penanganan Karhutla yang sudah beberapa hari berada dilokasi turut membantu menyemprotkan air ke titik api yang masih menyala agar tidak membesar. 

Panglima TNI mengapresiasi para petugas penanganan Karhutla yang sudah beberapa hari berjuang memadamkan kobaran api dengan memberikan baju seragam serta perlengkapan seperti sepatu dan masker kepada anak buahnya.

Kepada awak media dilokasi Karhutla, Menteri LHK mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi bukan akibat ketidaksengajaan. Ada oknum atau kelompok tertentu yang sengaja melakukannya. Terutama kebakaran yang terjadi di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN). Dia mengatakan pemerintah bersama Polri akan mengedepankan tindakan hukum dalam mengatasi masalah di TNTN.

Setelah meninjau langsung kawasan yang terbakar, rombongan kembali ke Pekanbaru. Pertemuan para pimpinan perusahaan pemilik HGU/HTI dengan Menteri LHK, Panglima TNI, Kapolri membahas penanganan Karhutla yang sudah dijadwalkan sebelumnya gagal dilaksanakan dikarenakan keterbatasan waktu dan padatnya agenda pejabat negara tersebut. (tons).

Share
Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Panglima TNI Siapkan Pesawat Hercules untuk Antisipasi Karhutla di Riau

    RIAU, Pelalawan - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Provinsi Riau dalam beberapa bulan terakhir masih dalam katagori belum mengkhawatirkan. Hal tersebut dik

  • 3 minggu lalu

    BMKG Akui asap Karhutla Riau belum sampai ke Singapura dan Malaysia

    RIAU, - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan bahwa sampai saat ini asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hanya meliputi sebagian dari wilayah Prov

  • 3 minggu lalu

    Dahsyat-nya Dampak Kebakaran Lahan, Beberapa Pelajar Sampai Pingsan Hirup Asap Karhutla

    NUSANTARA, ACEHBARAT, - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang belum kunjung tertangani di sejumlah daerah mulai menimbulkan kabut asap yang mengganggu masyarakat. Sejumlah p

  • tahun lalu

    Sepekan ini Bunyi Helikopter Hilir Mudik, Kemarin di Atas Atap Rumah

    RIAU, - Anak-anak di komplek perumahan di Dumai Riau ini tiba-tiba riuh, Sepuluhan lebih anak seusia taman kanak-kanak (TK) berlarian keluar rumah, berhamburan bersama tema
  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.