Minggu, 13 Januari 2019 16:11:00

Ngelapak Bareng Pegiat Literasi Rokan Hulu

SURYA PATRIANTO
Loading...

ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Forum Lingkar Pena (FLP) Rokan hulu bersama-sama menggelar Ngelapak baca buku gratis untuk masyarakat, sekaligus diskusi literasi serta belajar membuat puisi pada hari Minggu pagi (13/1/2019) dimulai dari pukul 7.00 WIB hingga Pukul 10.00 WIB, yang digelar di Taman Kota Pasir Pengaraian, disambut sangat Antusias oleh Masyarakat.


Kegiatan ini dilaksanakan untuk memotivasi masyarakat untuk cinta baca dan gemar berliterasi, Para Penggerak Literasi Rokan Hulu yang turut hadir FLP Rokan Hulu, Rumah Baca Nugroho, Rumah baca Nina, dan forum Kepenulisan SMP Negeri 1 Rambah, Remaja berkarya.


Sekda Rokan Hulu H. Abdul Haris, S.Sos,. M.Si yang didampingi oleh Kasi Ketenagaan SD Hamsanah menyempatkan diri menghampiri kegiatan yang diselenggarakan oleh FLP Rohul setelah melakukan senam bersama di Taman kota. Sekda sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, menanggapi Sangat positif atas diselenggarakannya kegiatan tersebut dan memotivasi untuk kegiatan ini.


"Kegiatan ini bagus, saya juga suka membaca dan menulis, kalau bisa kegiatan seperti ini setiap minggu diadakan" Papar H. Abdul Haris.


Buku-buku yang dibawa pada lapak literasi yang dibaca masyarakat adalah buku-buku dari rumah baca Nugroho dan rumah baca NiNa serta buku karya para pegiat literasi antara lain:

Antara Matana dan Hujan, Umroh Inspiratif, I found you, Titip Pesan Pada Tuhan karya Arnita Adam. Juga karya pengarang lainnya  seperti novelet Rauf karya Pamula  Trisna Suri,  buku syair siar Anak Bangsa,  Goresan Jiwa  karya Suyatri Yatri serta buku Mengemas Perih dalam Senandung Kasih karya Nirma Herlina Ghanie. 


Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan diskusi sastra yang menjadi narasumber adalah Suyatri Yatri dengan mengangkat tema Syair Syiar genre Abad 21 dan bersama-sama mempraktikkan menulis Syair Syiar.


Menurut Pamula Trisna Suri dari Rumah Baca Nugroho." ini amanah dari suami untuk menggerakkan literasi, karena buku di rumah cukup banyak, jadi kegiatan ini menjadi salah satu promosi bagi anak-anak yang mau membaca buku dan menggali ilmu."


"Kegiatan ini sudah lama direncanakan namun bisa terealisasi sekarang, bekerja sama dengan  para pegiat literasi yang ada. Menunggu pembaca datang ke rumah baca NiNa, tidak datang-datang, akhirnya bukunya yang datang ke tengah-tengah pembaca. Mudah - mudahan bisa menggerakkan literasi di Rokan Hulu. Harapan saya,  anak-anak muda di sini terutama para mahasiswa atau yang tergabung dalam komunitas mau terlibat dalam kegiatan lapak baca gratis ini,  bersama-sama kita membudayakan minat baca di masyarakat." papar Nirma Herlina Ghanie dari Rumah baca Nina.


"Kondisi anak yang sangat minim minat baca menggunakan alasan tidak ada tempat untuk membaca, jadi kegiatan ini dihadirkan untuk meningkatkan minat baca sehingga terbentuk karakter diri generasi cerdas dan peka terhadap lingkungan dan sosial," ungkap Suyatri Yatri sebagai pembina komunitas Remaja Berkarya SMP Negeri 1 Rambah.


"Pekan depan kegiatan ini masih tetap dilaksanakan. Bagi para penggiat literasi, kami silakan untuk bergabung. Kegiatan ini juga sudah mendapat izin dan dukungan dari lurah Rambah Bapak Mukhlis.  Beliau juga menyampaikan permintaan maaf tidak bisa hadir," jelas Nirma Helina penulis dan pendiri Rumah Baca Nina.***(SUR)


Share
Loading...
Berita Terkait
Komentar

Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.