Minggu, 12 April 2015 21:38:00

Pasien Komplin Fasilitas RSUD Selatpanjang

pasien RSUD Selatpanjang. (mas).
MERANTI, RIAUONE.COM  - Semua orang tahu bahwa Rumah Sakit itu merupakan tempat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, keamanan dan kenyaman tentunya menjadi hal yang paling diutamakan.
 
Apalagi jika Rumah Sakit Besar yang mempunyai Ruang Rawat Inap (Ranap) bagi pasiennya, pasti akan dilengkapi semua kebutuhan yang bisa membuat para pasien itu merasa aman dan nyaman selagi masih berada di Rumah Sakit tersebut. Tetapi, tidak dengan layanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti. Betapa tidaknya, akhir-akhir ini layanan RSUD itu banyak dikeluhkan warga dikarenakan untuk mendapat udara dingin di ruang Ranap pun terpaksa harus membawa Kipas Angin dari rumah masing-masing.
 
Hal ini tentunya sangat memberatkan bagi keluarga para pasien, karena terpaksa harus mengangkut kipas angin dari rumah ke RSUD Selatpanjang ketika ada keluarganya yang dirawat di RSUD tersebut. Tetapi apakan daya, di RSUD Selatpanjang itu tidak dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan, baik itu AC ataupun hanya sekedar kipas angin.
 
Akibatnya, jika keluarga pasien tidak membawa kipas angin dari rumah, maka pasien terpaksa harus menahan hawa panas di ruangan tersebut.
 
"Iya, kalau dilihat AC nya memang ada, tetapi tidak berfungsi. Jadi harus bawa kipas angin sendiri dari rumah, kalau tidak, bisa mati kepanasan," ungkap Syafi’i, salah satu pembesuk di ruang Zaal Kandungan RSUD Selatpanjang, Mingu (12/4/2015) siang.
 
Kata Syafi’i, awalnya Ia mengaku heran saat pertama kali menemani Istrinya yang sedang menjalani rawat inap pendarahan pasca keguguran. Ia tidak mengira bangunan mewah RSUD berlantai 3 itu tidak dilengkapi dengan AC. Karena menurutnya, Rumah Sakit semegah itu pasti mempunyai kelengkapan yang optimal. Namun apa yang didalam pikirannya malah berbeda dengan kenyataan yang diterimanya.
 
"Tidak disangka saja, masa Rumah Sakit sebesar ini tidak ada AC nya," keluhnya.
 
Disamping itu, Mila (29) warga Rangsang Barat, juga turut menyayangkan terbatasnya fasilitas pendingin ruangan di RSUD Selatpanjang itu. Menurutnya pula, fasilitas pendingin ruangan tak seharusnya disepelekan karena terkait dengan kenyamanan bahkan kesehatan pasien.
 
"Saya merasa sangat kasihan ketika melihat para pengunjung yang kebetulan tidak membawa kipas angin, mereka pasti sangat kepanasan. Gimana mau cepat sembuh, kenyamanan saja tidak didapatkan," sebut Mila.
 
Dari pantauan, memang hampir semua ruangan Ranap dan ruangan lainnya di RSUD Selatpanjang itu dilengkapi masing-masing 2 unit AC, hanya saja tidak berfungsi dengan baik, sehingga tidak membawa efek udara dingin. Kondisi ini pula yang memaksa para pasien dan pengunjung terpaksa membawa kipas angin sendiri, serta membuka ventilasi ruangan selebar mungkin agar sikulasi udara lebih lancar.
 
Direktur RSUD Selatpanjang, Drg Ruswita, ketika dikonfirmasi membenarkan jika adanya keluhan yang diterima dari para pasien. Ia secara lugas juga mengakui bahwa fasilitas pendingin AC di RSUD yang dia pimpinnnya itu sudah tidak berfungsi maksimal sejak setahun terakhir. Hal ini kata Ruswita, disebabkan banyak AC yang rusak dan
tidak memiliki remote control.
 
"Memang sejak setahun terakhir, sejak saya menjabat di RSUD ini, AC nya sudah banyak yang tidak berfungsi dan banyak yang tidak memiliki remote control. Dan jika mau digunakan harus dipanjat kalau mau menghidupkannya. Namun, terkadang perawatnya malas memanjat dikarenakan terlalu tinggi," beber Ruswita.
 
Ketika ditanya kendala perbaikan terhadap banyaknya AC yang rusak, Dokter gigi itu langsung memerintahkan pegawainya untuk segera mengecek kondisi ruangan tersebut. "Nanti saya perintahkan petugas untuk mengecek, namun untuk saat ini kondisi kesehatan saya sedang sakit. Atau kalau mau lebih jelas lagi bisa langsung ditanyakan ke PPTK dan bagian Pembantu Umum," terangnya. (mas)
Share
Berita Terkait
  • 8 bulan lalu

    Parah Pelayanan Puskesmas di Perawang Siak, Ibu Ini Berobat di Suruh Pulang

    RIAUONE.COM,SIAK- Seorang ibu bernama Noviatun (47), warga Perawang Kabupaten Siak kecewa dengan pelayanan Puskesmas di Tualang. Pasalnya, anak ke

  • 9 bulan lalu

    RSUD Siak Terapkan Pendaftaran Online, Benny: Masyarakat Silakan Akses WA berikut

    RIAUONE.COM,SIAK- RSUD Tengku Rafi'an Siak kini telah menerapkan pendaftaran online untuk pasien rawat jalan. Semoga diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi pasien rawat

  • 10 bulan lalu

    Imigrasi Selatpanjang Mengaku Tidak Pernah Menolak Permohonan dari Masyarakat

    RIAUONE, Meranti - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang pastikan Surat Keterangan (Suket) bisa digunakan untuk pengurusan paspor. Pihak Imigrasi juga mengaku tidak pernah m

  • 10 bulan lalu

    RSUD Bintan Terus Tingkatkan Pengobatan Gratis Menggunakan KTP Bintan

    KEPRI, BINTAN, - Bupati Bintan memberi sambutan dalam kegiatan evaluasi pelayanan pengobatan gratis di RSUD Bintan.

    Terhitung Januari hingga Agustus 2019, angka kunjungan

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.