Kamis, 06 November 2014 14:01:00

Pemkab Kuansing Rancang Perda Tanah Ulayat

ilustrasi
riauonecom,Telukkuantan, Kuansing,  - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Kehutanan (Dishut) Kuansing melaksanakan kegiatan Loka Karya Tanah Ulayat. Kegiatan digelar di Gedung Narosa Teluk Kuantan, Rabu (5/11/2014).
 
Loka Karya Tanah Ulayat ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kuansing H Sukarmis yang diwakili Asisten I Setda Drs H Erlianto MM. Kemudian, hadir pula mendampinginya para pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Kuansing, diantaranya Kepala Dinas Kehutanan Kuansing Dr Agusmandar MSi.
 
Adapun yang menjadi peserta pada acara loka karya tersebut adalah para pemuka adat dan pemuka masyarakat di setiap kenegerian yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi.
 
Dalam sambutannya, Bupati H Sukarmis melalui Asisten I Setda H Erlianto menyampaikan, bahwa tanah bagi kehidupan manusia mempunyai nilai kedudukan yang sangat penting.
 
Bagi masyarakat hukum adat, tanah itu mempunyai kedudukan yang sangat penting, karena merupakan satu-satuya benda kekayaan yang bersifat tetap dalam keadaannya bahkan lebih menguntungkan. "Masyarakat hukum adat dapat menggunakan tanah ulayat untuk kesejahteraan dari seluruh masyarakat hukum adat," kata Erlianto.
 
Tanah ulayat merupakan kepunyaan bersama yang diyakini sebagai peninggalan nenek moyang kepada kelompok yang merupakan masyarakat hukum adat sebagai unsur pendukung utama bagi kehidupan dan penghidupan kelompok tersebut.
 
Di Kabupaten Kuantan Singingi, kata Erlianto, keberadaan tanah ulayat pada tingkat masyarakat masing-masing kenegerian sudah ada, namun pemerintah daerah belum mengakui secara hukum atau belum ada terhadap hak ulayat.Kuansingterkini.com. (ktc/ari)
 
Share
Berita Terkait
  • 6 bulan lalu

    Bupati Rohul Salurkan Bantuan 100 Juta Untuk Pembangunan Masjid Al Ghufron Ujungbatu

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Pembangunan Masjid Al Ghufron yang berlokasi tidak jauh dari Stadion M. Djamin Kelurahan Ujungbatu, dibangun

  • 3 bulan lalu

    Update: Rohul Total PDP 27 orang, 3 Orang Meningal, 13 Dirawat, 11 Orang Telah Sembuh

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Perkembangan data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Rokan Hulu pada hari ini bertambah 9 Orang, pada tanggal 25 April total PDP tercatan 18 Or

  • 4 bulan lalu

    Kabar Gembira..!! Satu Satunya Pasien Positif Covid-19 Di Rohul Dinyatakan Sudah Sembuh

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Kasus satu satunya orang Pasien positif terpapar virus corona atau Covid-19 diwilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Agus Sutjiono alias AS umur 56 tahun

  • 4 bulan lalu

    Beredar Kabar Penutupan Pabrik Kelapa Sawit, Bupati Rohul Membuat Surat Edaran Untuk Tetap Buka.

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Mencermati beredarnya isu yang berkembang ditengah masyarakat dan berita dibeberapa media online tentang akan adanya penutupan pabrik minyak kelapa saw

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.