• Home
  • Riau Raya
  • Pemkab Meranti Gandeng PT Batik Keris Untuk Menciptakan Batik khas Daerah
Senin, 08 Desember 2014 15:31:00

Pemkab Meranti Gandeng PT Batik Keris Untuk Menciptakan Batik khas Daerah

batik. ilustrasi
riauonecom, Selatpanjang, Meranti, roc - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menggandeng PT Barik Keris Jogja-Solo untuk mendesain batik khas Daerah Meranti. Hasil desain yang dihasilkan nantinya diharapkan dapat menggambarkan keciri khasan daerah dan memberikan rasa bangga kepada masyarakat yang memakai.
 
Sebelum batik khas Meranti tersebut ditetapkan, Pemkab Meranti dalam hal ini Bupati yang diwakili Asisten III Sekdakab, T Akhyar memimpin rapat bersama SKPD terkait dengan pihak PT. Batik Keris.
 
Hadir dalam penetapan desain batik Kabupaten Meranti, Ketua LAM Meranti H. Ridwan, Kabag Humas Meranti Drs. Ery Suhairi, Budayawan Mizwar, Dedi dari PT. Barik Keris dan pihak Dekranasda, Badan Pemberdayaan Perempuan serta lainnya.
 
Setelah menerima masukan dari berbagai pihak yang berlangsung cukup alot, PT. Batik Keris diminta untuk mendesain batik yang memiliki filosofi Kabupaten Kepulauan Meranti. Diantaranya memiliki desain yang sederhana, memiliki warna yang cerah (hijau, kunyit, biru).
 
"Jadi, ketika dipakai bisa diketahui bahwa itu merupakan batik Melayu khas Meranti," kata T. Akhyar.
 
Selain itu juga, batik tersebut memiliki corak flora dan fauna Meranti, seperti pohon sagu salah satu potensi perkebunan Meranti, buah pinang merah kehijauan, daun sirih berwarna hijau, buah brembang, perahu layar, juga menggambarkan potensi ikan Meranti, gelombang laut, dan tidak meninggalkan historis Meranti, bernuangsa Islami yang identik dengan melayu.
 
"Kita juga harus menampilkan selembayung berbentuk segi tiga, selain khas melayu juga nuansa islami," ujar Ketua LAM H. Ridwan.
 
Kabag Humas Sekda Meranti Drs. Ery Suhairi, juga mengusulkan agar batik Meranti dibuat dalam berbagai model mulai dari model kemeja sampai kaos khas Meranti, sebagai oleh- oleh bagi wisatawan yang datang ke meranti.
 
"Ini dapat menjadi potensi investasi Meranti," kata Ery.
 
Sedangkan dari pihak batik Keris sendiri berencana akan mendesain batik khas meranti dalam tiga corak pilihan sebagai alternatif. Tiga corak yang dibuat dapat mewakili seluruh aspek yang menggambarkan Kabupaten Kepulauan Meranti, mulai dari historis, budaya, ekonomi dan bernuansa islami. (mas)
Share
Loading...
Berita Terkait
  • kemarin

    Kadisdikbud Meranti Buka Acara Bulan Bahasa

    RIAUONE, Meranti - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kepulauan Meranti, Drs H Nuriman Khair MH menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara bulan bahasa ya

  • 4 hari lalu

    Terkait Dak dan DR, Inspektorat Tertutup Karena Perintah Bupati

    RIAUONE, Meranti - Terkait pengembalian Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Reboisasi (DR) tahun 2016, Inspektorat Meranti yang sejatinya sangat mengetahui persis jalur dan prose

  • 7 hari lalu

    Korban Unjukrasa 25 September, Tragedi pilu Akbar sejak diamankan hingga dimakamkan

    NASIONAL, - Akbar Alamsyah sejak pertama kali diamankan aparat usai bentrokan 25 September di Kompleks Parlemen Senayan.

    Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Y

  • satu minggu lalu

    Akbar Alamsyah Peserta Demo 25 September Meninggal Dunia

    NASIONAL, - Remaja bernama Akbar Alamsyah yang sempat mengalami luka parah saat kericuhan di sekitar Gedung MPR/DPR RI pada 25 September 2019 meninggal dunia di RSPAD, Jakarta.<

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.