• Home
  • Riau Raya
  • Pemkab Meranti Gandeng PT Batik Keris Untuk Menciptakan Batik khas Daerah
Senin, 08 Desember 2014 15:31:00

Pemkab Meranti Gandeng PT Batik Keris Untuk Menciptakan Batik khas Daerah

batik. ilustrasi
Loading...
riauonecom, Selatpanjang, Meranti, roc - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menggandeng PT Barik Keris Jogja-Solo untuk mendesain batik khas Daerah Meranti. Hasil desain yang dihasilkan nantinya diharapkan dapat menggambarkan keciri khasan daerah dan memberikan rasa bangga kepada masyarakat yang memakai.
 
Sebelum batik khas Meranti tersebut ditetapkan, Pemkab Meranti dalam hal ini Bupati yang diwakili Asisten III Sekdakab, T Akhyar memimpin rapat bersama SKPD terkait dengan pihak PT. Batik Keris.
 
Hadir dalam penetapan desain batik Kabupaten Meranti, Ketua LAM Meranti H. Ridwan, Kabag Humas Meranti Drs. Ery Suhairi, Budayawan Mizwar, Dedi dari PT. Barik Keris dan pihak Dekranasda, Badan Pemberdayaan Perempuan serta lainnya.
 
Setelah menerima masukan dari berbagai pihak yang berlangsung cukup alot, PT. Batik Keris diminta untuk mendesain batik yang memiliki filosofi Kabupaten Kepulauan Meranti. Diantaranya memiliki desain yang sederhana, memiliki warna yang cerah (hijau, kunyit, biru).
 
"Jadi, ketika dipakai bisa diketahui bahwa itu merupakan batik Melayu khas Meranti," kata T. Akhyar.
 
Selain itu juga, batik tersebut memiliki corak flora dan fauna Meranti, seperti pohon sagu salah satu potensi perkebunan Meranti, buah pinang merah kehijauan, daun sirih berwarna hijau, buah brembang, perahu layar, juga menggambarkan potensi ikan Meranti, gelombang laut, dan tidak meninggalkan historis Meranti, bernuangsa Islami yang identik dengan melayu.
 
"Kita juga harus menampilkan selembayung berbentuk segi tiga, selain khas melayu juga nuansa islami," ujar Ketua LAM H. Ridwan.
 
Kabag Humas Sekda Meranti Drs. Ery Suhairi, juga mengusulkan agar batik Meranti dibuat dalam berbagai model mulai dari model kemeja sampai kaos khas Meranti, sebagai oleh- oleh bagi wisatawan yang datang ke meranti.
 
"Ini dapat menjadi potensi investasi Meranti," kata Ery.
 
Sedangkan dari pihak batik Keris sendiri berencana akan mendesain batik khas meranti dalam tiga corak pilihan sebagai alternatif. Tiga corak yang dibuat dapat mewakili seluruh aspek yang menggambarkan Kabupaten Kepulauan Meranti, mulai dari historis, budaya, ekonomi dan bernuansa islami. (mas)
Share
Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    SP-KMPT, Pertamina RU II Dumai : Pertahankan Bisnis LNG 100 Persen untuk Negara

    RIAU, DUMAI, - Serikat Pekerja Kilang Minyak Puteri Tujuh (SP-KMPT), PT Pertamina (Persero) RU II Dumai, Riau, menyampaikan keberatan sebagai respon atas rencana pengalihan peng

  • satu bulan lalu

    Pemerintah Kabupaten Bintan Siap Bayar Insentif 1.000 Guru Ngaji Rp4,2M

     KEPRI, - Tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, Provinsi Kepri, menyiapkan anggaran Rp 4,2 miliar untuk membayar insentif 1.000 guru ngaji di daerah itu.

  • 2 bulan lalu

    Kemenag Bintan Sudah Punya PTSP. Semua Urusan Agama Langsung Saja ke Kantor Kemenag

    KEPRI, BINTAN - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bintan telah menyelesaikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Kemenag Kabupaten Bintan.

    Peresmian PTSP ini

  • 2 bulan lalu

    PT Agritasari Prima Berikan Bingkisan Lebaran kepada Karyawan dan Anak Yatim serta Kaum Dhuafa

    RIAU, PELALAWAN, - Menyambut Iedul Fitri atau Hari Raya, biasanya masyarakat muslim di dunia akan menyambutnya dengan suka cita, tak terkecuali di Indonesia. Karena it

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2019 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.