• Home
  • Riau Raya
  • Pemkab Rohil Minta Status Jalan Ujung Tanjung-Bagansiapiapi Dialihkan
Jumat, 10 April 2015 11:01:00

Pemkab Rohil Minta Status Jalan Ujung Tanjung-Bagansiapiapi Dialihkan

Suyatno Irup
RIAUONE.COM, BAGANSIAPIAPI, ROHIL, - Bupati Rohil Suyatno mewarning Pemprov Riau, jika jalan Ujung Tanjung-Bagansiapiapi tak kunjung diperbaiki, status jalan provinsi tersebut dialihkan saja. Pengalihan bisa menjadi jalan kabupaten atau nasional. 
 
Keinginan tersebut dikatakan Bupati Rohil Suyatno, kemarin Kamis dalam sambutannya saat pelantikan pengurus Pergantian Antar Waktu (PAW) Kwarcab 0410 dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Rokan Hilir periode 2013-2018 di gedung serbaguna Bagansiapiapi, yang dihadiri Ketua Kwarda Riau, Azali Johan. 
 
“Jalan masuk Ujung Tanjung ke Bagan. Selalu saja keluhan-keluhan yang terjadi, para tetamu-tetamu kita yang masuk, itu memang kita akui. Karena itu aset Provinsi Riau, jalan provinsi itu Pak (Azali Johan, red). Kita sudah menyurati Pemda Provinsi, supaya itu dikembalikan ajalah jadi jalan kabupaten, biar kami yang memeliharannya,” ujar Suyatno kesal. 
 
Kekesalan itu, anggaran yan gelontorkan Pemprov Riau sangat minim, kadang hanya Rp3 miliar, Rp6 miliar, tidak signifikan. “Padahal jalan Ujung Tanjung-Bagan, urat nadi, semua masuk kesitu,” katanya. 
 
Kepada tokoh masyarakat tersebut, Suyatno juga menyebut, sebelumnya Pemkab Rohil sempat direpotkan akibat longsornya abutment Jembatan Jumrah, namun lambat ditanggapi Pemprov Riau. 
 
“Kemaren Pak Azali Johan, kalau tidak kita ributkan, Jembatan Jumrah, ini satu-satu urat nadi jembatan penghubung, kalau ambruk, hancur ini, lewat mana kita. Kita repot kesana kemari menghadap Pak Gubernur, akhirnya dapat lebih kurang, itu mulai turun itu semua. Dikepung itu, dibeton semua,” kisahnya. 
 
Oleh karena itu, untuk ruas Ujung Tanjung-Bagansiapiapi, telah diusulkan Pemkab Rohil menjadi jalan nasional, dengan harapan perbaikan menggunakan dana APBN. 
 
“Jadi orang pusat, Kementerian Pekerjaan Umum kemaren sudah datang kemari, dia sudah usulkan jalan itu. Mudah-mudahan, kalau ini nanti terkabulkan, terpenuhi oleh pemerintah pusat, kita mintak sistem rigid, yang 20 – 30 tahun kekuatannya, ya Alhamdulillah,” katanya. 
 
Kemudian dari pada itu, Suyatno juga menyebutkan, pihaknya akan melanjutkan pembangunan jalan lintas pesisir Panipahan-Tanjung Balai Asahan, kalau ini terbuka, Rokan Hilir diyakininya tidak lagi dipojok. 
 
Selanjutnya, ruas Dumai-Sinaboi, hari itu katanya pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia ke Rokan Hilir membicarakan permasalahan-permasalahan hutan. 
 
“Kalau nanti Dumai-Sinaboi ini diizinkan Menteri Kehutanan untuk dibangun jalan, saya pikir Dumai yang menjadi kawasan daerah Industri, daerah yang penyangganya itu kan ada salah satunya Rokan Hilir,” ujarnya. 
 
Saat ini jika masyarakat Bagansiapiapi mau ke Dumai, membutuhkan waktu 2,5 jam, tapi kalau ruas Dumai-Sinaboi terealisasi, hanya ditempuh dalam waktu satu jam. (rtc/*).
Share
Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Sambut HUT Bhayangkara Ke 74 Polsek Ujungbatu Goro Di Masjid Al Muhajirin Desa Pematang Tebih

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Kapolsek Ujungbatu Polres Rokan Hulu AKP. Amru Hutauruk SH pimpin langsung kegiatan Bhakti Sosial dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayang

  • 2 bulan lalu

    HUT Bhayangkara Ke 74, Polsek Ujungbatu Gotong Royong Pembangunan Masjid Al Muhajirin Desa Pematang Tebih

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke 74, Kapolsek Ujungbatu AKP. Amru Hutauruk SH Berencana pada hari Jumat 12 Juni 2020 k

  • 2 bulan lalu

    Sambut HUT Bayangkhara Ke 74 Polsek Ujungbatu Melakukan Kegiatan Bhakti Sosial Goro Dan Menimbun Jalan Berlobang

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - Bhakti sosial Polsek Ujungbatu dalam rangka menyambut pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bayangkhara Ke 74 y

  • 3 bulan lalu

    PLN peduli, PLN ULP Ujungbatu Salurkan Bantuan 110 Paket Sembako Kepada Kaum Duafa Dan Yatim Piatu

    ROKAN HULU, RIAUONE.COM - PLN Peduli, melaksanakan kegiatan pemberian Bantuan ketahanan pangan dalam rangka menyambut hari Raya Iedul

  • Komentar

    Copyright © 2012 - 2020 riauone.com | Berita Nusantara Terkini. All Rights Reserved.